Epic99.com – Menjaga akun Gmail dari serangan Hacker. Perkembangan teknologi hingga kini selalu mengalami kemajuan. Di mana pengguna akan di mudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan. Seperti halnya email, yang saat ini tidak hanya bisa di gunakan untuk berkirim pesan saja, namun juga bisa di jadikan sebagai penghubung ke berbagai aplikasi yang terbilang penting.

Oleh karena itu seringkali email di jadikan sebagai sasaran bagi para hacker untuk mencuri data penting yang ada di dalamnya.

menjaga gmail dari hacker

Hingga kini sudah banya layanan email yang bisa di manfaatkan. Seperti halnya Gmail yang tidak lain merupakan email besutan Google. Kamu bisa menggunakan secara gratis. Namun pastikan kamu mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk bisa melindungi akun dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini ulasanya !

1. Sering lakukan pemeriksaan akun

Merupakan salah satu tips ampuh yang mampu meminimalisir terjadinya pencurian data pada akun Gmail yang kamu miliki. Di mana Gmail sendiri memungkinkan kamu untuk melakukan pemeriksaan akun. Selain itu caranya juga terbilang cukup mudah yakni masuk ke Akun Saya dan pilih Pemeriksaan Akun.

2. Menggunakan verifikasi 2 langkah

Tips lainnya yang bisa kamu praktekkan adalah dengan menambah keamanan dan manggunakan verifikasi 2 langkah. Biasanya verifikasi 2 langkah ini di lakukan dengan mengirimkan kode ke ponsel yang sudah di daftarkan sebelumnya.

menjaga gmail dari hacker Menggunakan verifikasi 2 langkah

3. Memeriksa keberadaan virus

Pastikan untuk selalu mengecek apakah ada virus pada perangkat yang di gunakan. Hal tersebut di karenakan para hacker akan mengambil data pribadi melalui virus yang masuk kedalam perangkat. Selain itu biasanya virus sendiri akan mudah menyusupi tanpa di ketahui oleh penggunannya. Oleh karena itu pastikan untuk selalu menggunakan antivirus yang aman dan terpercaya.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Garis Merah Bergelombang Di Microsoft Word

4. Selalu gunakan OS versi terbaru

Menghindari pencurian data pada akun gmail bisa di lakukan dengan cara mudah yang satu ini. Pastikan untuk kamu selalu menggunakan OS versi terbaru. Tidak hanya itu saja, sebaiknya juga menggunakan browser pencarian yang selalu terupdate.

5. Lakukan backup akun

5. Lakukan backup akun

Sebaiknya untuk selalu melakukan backup data melalui kontak yang bisa di hubungi. Sehingga nantinya saat akun Gmail sedang mengalami masalah, maka pemulihan akun bisa di lakukan menggunakan kontak yang terdaftar. Backup data sendiri umumnya di lakukan menggunakan nomor ponsel untuk itu pastikan kamu menggunakan nomor ponsel yang asli dan tidak gampang berubah.

6. Jangan menggunakan aplikasi bajakan

Jika kamu sering menggunakan aplikasi bajakan, maka hal tersebut mengakibatkan perangkat mudah di masuki oleh virus. Hal itu jugalah yang menyebabkan data pribadi pada gmail di curi oleh hacker. Sebagai alternatif sebaiknya untuk tidak menggunakan aplikasi bajakan.

6. Jangan menggunakan aplikasi bajakan

7. Pastikan password akun selalu terlindungi

Jika kamu ingin data yang ada pada akun gmail menjadi aman, usahakan untuk bisa melindungi password akun dengan baik. Pastikan juga untuk tidak menggunakan password email di alamat situs yang tidak terpercaya. Selain itu jangan pernah memberitahu siapapun mengenai password email yang kamu miliki. Di sarankan juga untuk kamu menggunakan password yang rumit di mana berisikan angka dan huruf serta simbol acak.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk menjaga akun Gmail dari serangan hacker yang bertujuan ingin mengambil data pribadi. Sebaiknya untuk mengikuti beberapa tips tersebut dengan seksama agar semua data yang ada pada Gmail bisa lebih aman dan terjaga dengan baik.***