Epic99.com – Cara melindungi akun Instagram dari serangan hacker. Instagram hingga kini masih menjadi platform media sosial online yang banyak di gemari. Di mana aplikasi ini memungkinkan kamu untuk berbagi gambar maupun video. Namun aplikasi ini tentunya beresiko terhadap ancaman hacker. Sehingga kamu di haruskan untuk melindungi akun dan mengetahui cara memulihkan akun yang di hack.

melindungi akun instagram dari hacker

Pada artikel kali ini akan di bahas mengenai cara melindungi akun Instagram agar terhindar dari resiko hack. Dengan begitu kamu bisa berselancar dengan bebas di Instagram tanpa khawatir akun akan di ambil allih oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Namun sebelum itu, pastikan kamu mengetahui dan mendeteksi bahwa akun Instagram kamu sudah di hack. Berikut ulasannya !


Cara mengetahui akun Instagram yang dihack

Instagram tidak hanya di gunakan untuk sekedar berbagi video. Melainkan kamu juga bisa menjadikan media sosial yang satu ini sebagai ladang pencarian uang. Oleh karena itu penting untuk kamu menjaga akun yang sekaligus menjadi temmppat bekerja dan berbisnis ini.

Cara mengetahui akun Instagram yang dihack

Berikut ini beberapa hal yang harus kamu ketahui apakah akun kamu mengalami hack dari pihak yang tidak bertanggung jawab :

  • Biasanya follower atau orang terdekat kamu akan menyadari aktivitas mencurigakan dari akun Instagrammu. Oleh karena itu sebaiknya kamu segera melakukan tindakan apabila salah seorang melaporkan mengenai aktivitas mencurigakan tersebut.
  • Postingan yang tiba – tiba hilang ataupun muncul secara misterius.
  • Validasi password yang selalu salah. Seperti contoh jika kamu ingin melakukan login namun selalu salah password, sedangkan kamu sudah memasukkannya dengan benar, bisa jadi akun kamu sudah mengalami hack.

Cara melindungi akun Instagram dari serangan hacker

Agar akun Instagram terlindungi dari serangan hacker. Sebaiknya kamu harus menghindari dengan melakukan beberapa cara. Berikut ini cara ampuh untuk kamu mengamankan akun Instagram.

Cara melindungi akun Instagram dari serangan hacker

1. Gunakan password yang kuat

Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah penggunaan password. Di mana kamu bisa menggunakan password yang kuat dengan gabungan antara abjad, angka, dan juga simbol. Hindari menggunakan password yang bisa di ketahui orang banyak seperti tanggal lahir dan nama orang tua. Untuk menghindari kelupaan, kamu bisa mencatatnya di tempat rahasia.

Baca Juga:  Cara Mudah Download Video TikTok tanpa Watermark

2. Gunakan otentikasi 2 faktor

Sebaiknya untuk selaau menggunakan otentikasi 2 faktor sebagai langkah keamanan tingkat lanjut. Dengan begitu secara tidak langsung kamu sudah melindungi akses yang tidak sah. Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi otentikator untuk melakukannya dengan mudah.

3. Gunakan VPN

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk melindungi akun instagram adalah dengana menggunakan VPN. Untuk kamu yang belum tahu, VPN sendiri merupakan cara ampuh untuk membangun koneksi dengan aman ke jaringan lain. Saat ini sudah banyak aplikasi VPN baik versi mobile maupun PC yang bisa kamu gunakan. Dengan menggunakan VPN, maka nantinya identitas kamu akan tersembunyi saat berselancar di internet.

4. Jangan membuka link yang tidak dikenal

Biasanya hacker menggunakan link untuk menyamar. Oleh karena itu sebaiknnya menghindari dengan tidak klik link yang tidak dikenal. Pastikan terlebih dahulu bahwa link tersebut memang terpercaya sebalum kamu klik.

5. Simpan password di tempat rahasia

Hindari untuk mengyimpan password di sembarang tempat. Selain itu jika kamu melakukan login menggunakan perangkat lain, sebaiknya untuk menolak tawaran menyimpan info saat masuk pertama kali di perangkat lain.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungi akun Instagram dari serangan Hacker. Dengan mengikuti beberapa cara diatas maka nantinya akun yang kamu miliki menjadi lebih aman.***