6 Perbedaan Spesifik Antara VPN Dan Proxy : Serupa Tapi Tak Sama !

Epic99.com – Perbedaan VPN dan Proxy. Biasanya untuk bisa menerobos situs internet positif, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar bisa mengaksesnya. Kamu bisa menggunakan VPN dan Proxy yang bertujuan untuk bisa menyembunyikan alamat IP yang sebenarnya. Selain itu, kamu akan dengan mudah menemukan berbagai layanan proxy melalui internet.

Namun tahukah kamu, meskipun memiliki fungsi yang sama, namun nyatanya antara VPN dan juga Server memiliki perbedaan yang spesifik. Nah berikut ini beberapa perbedaan yang spesifik antara VPN dan juga Proxy untuk kamu ketahui.

Apa itu VPN di bandingkan Proxy?

VPN adalah layanan yang memungkinkan kamu untuk bisa mengakses situs secara pribadi melalui server jaringan lain. Selain itu, VPN sendiri mampu membuat jaringan pribadi yang memiliki fungsi sebagai pusat untuk menunjukkan jaringan antara perangkat dengan server VPN.

vpn

Oleh karenanya saat kamu akan meminta situs web menggunakan VPN, maka klien VPN akan mengenskripsi permintaan dan mengirimkannya ke server VPN.

Dengan begitu kemudian server VPN itu akan meminta informasi dari situs web tersebut dan mengenskripsinya kembali sebelum mengirim ke perangkat yang kamu gunakan. VPN memungkinkan kamu agar selalu aman terutama dari jahatnya para hacker.

Apa itu Server Proxy?

Server proxy merupakan sebuah program komputer yang memiliki fungsi untuk bertindak sebagai komputer lain agar bisa melakukan request terhaadap sebuah situs di internet. Nantinya server proxy sendiri akan mengendalikan aktivitas apapun dari lalu lintas data yang lewat.

proxy

Dengan menggunakan server proxy, maka server dan juga client yang yang kamu gunakan bisa di kendalikan. Selain itu biasanya penggunaan server proxy sendiri sebagai pembuat koneksi. Sehingga dapat menghasilkan koneksi yang lebih cepat dan stabil.

Baca Juga:  Situs Diblokir Kominfo ? Begini Cara Mengatasi Situs Internet Positif !

Perbedaan VPN dan Proxy

1. Akses internet

VPN memungkinkan kamu untuk bisa mengakses semua situs web yang di blokir di internet. Sedangkan proxy tidak memiliki kemampuan untuk bisa membypass firewall.

2. Kecepatan koneksi

VPN memiliki kecepatan internet yang lebih cepat di bandingkan dengan Proxy. Hal tersebut di karenakan proxy yang melakukan perutean lalu lintas secara terus menerus dari perangkat yang kamu gunakan ke server perantara.

3. Lokasi server

VPN memberikan penawaran hingga ratusan alamat server yang bisa kamu pilih sesuka hati. Hal tersebut tentunya sangat berbeda dengan Proxy yang tidak memiliki fungsi dalam pemilihan lokasi secara maksimal.

perbedaan vpn dan proxy

4. Anonimitas

Layanan VPN dapat menyembunyikan alamat IP secara keseluruhan sehingga tidak seorangpun mampu mencuri informasi dan privasi data yang kamu miliki akan tetap aman. Berbeda dengan VPN, Proxy akan bisa mengetahui alamat IP namun hanya mampu memantau aktifitas lalu lintas di situs web HTTP sehingga tidak sepenuhnya anonim.

5. Kompatibilitas Perangkat

Kamu bisa dengan mudah menggunakan VPN di berbagai perangkat mulai dari PC hingga smartphone dan dari berbagai OS. Berbeda dengan proxy yang hanya berfungsi pada web browser.

6. Keamanan dan privasi

Layanan VPN akan melakukan enskripsi semua data dan informasai serta menyembunyikan alamat IP. Dengan begitu semua privasi kamu akan aman dan terlindungi. Sedangkan proxy tidak semua servernya menggunakan koneksi SSL sehingga keberadaan kamu masih bisa di lacak.


Kesimpulan

Pada dasarnya VPN memang di gunakan untuk bisa mengakses internet secara gratis sekaligus melindungi keamanan data. Sedangkan server proxy di gunakan untuk bisa mengakses internet positif namun tidak sepenuhnya. Selain itu, Proxy sendiri terbukti lebih cepat di bandingkan Proxy.***