7 Situs Belajar Coding Online Gratis Untuk Pemula

Epic99.com – Situs belajar coding online gratis. Perkembangan teknologi yang semakin pesat tentunya beriringan dengan kebutuhan pekerja yang harus memiliki skill di bidang IT. Oleh karenanya mungkin kamu juga menyadari bahwa saat ini lowongan dengan spesifikasi IT memang sangat di butuhkan.

Dengan begitu kamu bisa mengambil jurusan kuliah IT untuk bisa mendapatkan ilmu basic di bidang IT. Sehingga harapannya saat lulus kamu bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Namun untuk kamu yang tidak memiliki latar belakang IT juga tidak perlu khawatir. Karena saat ini sudah banyak situs belajar yang mempelajari coding di dalamnya.

Sehingga kamu bisa memiliki skill IT tanpa harus berkuliah di jurusan IT. Bahkan di beberapa kursus juga kamu bisa mengikuti secara gratis. Berikut ini beberapa rekomendasi situs belajar coding yang bisa kamu ikuti.

1. Coursera

situs belajar coding gratis Coursera

Merupakan salah satu situs belajar online yang bisa kamu akses secara gratis. Selain itu di sana kamu bisa belajar pemrograman layaknya kuliah IT. Di dalamnya terdapat berbagai kelas dengan jadwal yang bisa disesuaikan.

Kemudian nantinya saat kamu sudah menyelesaikan kursus dengan baik, maka kamu akan mendapatkan sertifikat yang bisa menjadi potfolio saat ingin melamar pekerjaan.

Kunjungi Cousera

2. Udemy

situs belajar coding gratis Udemy

Kamu bisa mengikuti kursus online mengenai coding dan pemrograman dengan mudah di Udemy. Kursus yang satu ini sebenarnya berbayar, namun ada beberapa kelas yang bisa kamu ikuti secara gratis.

Selain itu Udemy sendiri memang di rancang untuk para profesional namun bagi kamu yang maasih awam dan pemula tidak perlu khawatir, karena kamu tetap bisa mempelajarinya dari 0 dengan tutorial yang mudah untuk dipraktekkan.

Kunjungi Udemy

Baca Juga:  6 Aplikasi Alternatif Microsoft Visio Terbaik dan Gratis

3. Codecademy

situs belajar coding gratis Codecademy

Menjadi salah satu kursus online yang populer di bidang coding. Sesuai dengan namanya yang sudah menggambarkan tentang ilmu coding. Kamu bisa mengikuti pelajaran di dalamnya secara gratis. Selain itu hingga kini sudah lebih dari 20 juta orang Indonesia yang sudah bergabung Codecademy.

Di sana nantinya kamu bisa belajar berbagai bahasa pemrograman mulai dari javascript, HTML, CSS, PHP, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kunjungi Codecademy

4. Github

situs belajar coding gratis Github

Situs yang satu ini terbilang cukup populer di kalangan orang IT. Bagaimana tidak Github sendiri sudah menjadi buku referensi untuk para programmer.

Nantinya di sana kamu akan bisa berdiskusi mengenai hasil coding yang sudah kamu buat bersamma dengan anggota Github lainnya. Selain itu saat ini sudah banyak perusahaan yang mencari programmer melalui Github.

Kunjungi Github

5. edX

situs belajar coding gratis edX

Kamu bisa menggunakan edX untuk bisa mengikuti kursus online pemrograman. Situs yang di kembangkan pada tahun 2012 ini merupakan milik Harvard dan juga MIT.

Bahkan edX sendiri hingga kini sudah menaungi lebih dari 60 sekolah yang berlatar belakang IT.

Kunjungi edX

6. MIT OpenCourseWare

6. MIT OpenCourseWare

Kursus online yang satu ini bisa kamu akses secara gratis untuk belajar mengenai pemrograman. Selain itu MIT OpenCourseWare juga menjadi salah satu situs yang cukup populer di kalangan programmer.

Nantinya saat mengikuti pelajaran di situs ini, maka kamu akan mendapatkan beberapa task yang harus kamu kerjakan layaknya tugas sekolah.

Kunjungi MIT OpenCourseWare

7. Khan Academy

7. Khan Academy

Rekomendasi situs belajar coding lainnya yanng bisa kamu ikuti adalah Khan Academy. Selain itu situs yang satu ini juga bisa kamu akses secara gratis. Khan Academy sendiri lebih fokus pada perhitungan, algoritma, teknologi, yang saling berhubungan dengan pemrograman.

Baca Juga:  Cara Mudah Instal GCam Apk di Android tanpa Root

Bahkan di dalamnya juga tersedia video tutorial yang lebih memudahkan kamu dalam mempelajari pelajarannya.

Kunjungi Khan Academy

Itulah beberapa situs belajar coding online yang bisa kamu ikuti secara gratis. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah mendapatkan wawasan dan skill di dunia IT.***