Cara Mudah Menghapus URL Website dari Google Search

Epic99.com – Cara menghapus URL website. Mengelola website bukanlah suatu hal yang simple untuk dilakukan. Meskipun beberapa cara yang harus di lakukan terbilang mudah, namun kamu berbagai tahapan di dalamnya harus kamu lewati dengan teliti.

Saat kamu menghubungkan sebuah website ke mesin pencari, maka seluruh halaman website akan di indeks oleh Google untuk bisa di akses pengunjung.

Namun dalam beberapa hal, mungkin kamu inging menghapus URL yang sebelumnya sudah terindeks oleh Google. Untuk itu kamu harus melakukan beberapa cara ini agar URL website bisa terhapus dari pencarian Google.

Berikut ulasannya !


1. Menghapus URL Website menggunakan Google Search Console Remove URLs

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengahpus URL website adalah dengan menggunakan Google Search Console. Selain itu cara yang harus kamu lakukan juga mudah seperti di bawah ini :

1. Menghapus URL Website menggunakan Google Search Console Remove URLs
  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan login ke akun Google Search Console yang sudah terdaftar website.
  • Selanjutnya pilih menu Properti > Google Index.
  • Kemudian klik Penghapusan.
  • Lalu klik tombol Temporary Hide dan masukkan URL yang kamu inginkan.
  • Nantinya kamu bisa menghapus URL sementara ataupun membersihkan URL dari cache.
  • Terakhir klik Submit Request dan tunggulah hingga beberapa hari.

2. Menghapus URL Website menggunakan Google Remove Outdated Content

Kamu bisa menghapus URL website dengan mudah menggunakan Google Remove Outdated Content. Hanya saja cara ini di gunakan untuk halaman maupun gambar yang sudah di ubah atau di hapus dari halaman. Berikut ini beberapa langkahnya :

2. Menghapus URL Website menggunakan Google Remove Outdated Content
  • Pada Google Search Console, kamu bisa klik Remove Outdated Content.
  • Kemudian masukkan URL yang kamu inginkana.
  • Selanjutnya klik tombol Request Removal.
  • Tunggulah prosesnya hingga beberapa hari.
Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Low Value Content Pada Google Adsense

3. Menggunakan Plugin Yoast SEO

Jika kamu pengguna CMS WordPress, cara ini bisa kamu lakukan dengan mudah untuk menghapus URL Website yang kamu inginkan agar tidak muncul di pencarian. Hanya saja kamu di haruskan untuk menggunakan Plugin Yoast SEO. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu praktekkan :

3. Menggunakan Plugin Yoast SEO
  • Langkah pertama yang harus kamu perhatikan adalah pastikan kamu sudah mendownload dan install plugin Yoast SEO pada website.
  • Selanjutnya buka pada salah satu halaman yang ingin kamu hapus.
  • Kemudian paada bagian bawah, terdapat pengaturan editor dan pilih Advanced.
  • Di sana kamu bisa mengatur agar halaman tersebut tidak terindeks oleh Google dengan pilih No pada pernyataan Allow search engines to show this Post in search results? dan Should search engines follow links on this Post?

4. Menggunakan Robots.txt File

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghapus URL website adalah dengan menggunakan Robots.txt. Untuk kamu ketahui, setiap website tentunya memiliki file Robots.txt di mana file tersebut berfungsi sebagai panduan Google dalam melakukan indexing.

4. Menggunakan Robots.txt File

Selain itu nantinya file tersebut akan memberikan instruksi kepada mesin pencari agar mengindeks setiap artikel yang kamu miliki di dalam webbsite.

Oleh karenanya kamu bisa menghapus URL agar tidak muncul di pencarian Google di sana. Cara yang harus kamu lakukan juga cukup mudah, yakni kamu hanya perlu menambahkan script seperti di bawah ini :

User-agent: *Disallow: /URL-halaman-website-kamu/

Dengan mengganti URL halaman website kamu menjadi URL website yang kamu inginkan, maka secara otomatis URL tersebut akan terhapus dari pencarian Google.


Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus URL website dari pencarian Google. Pastikan kamu mengikuti beberapa tahapannya dengan baik. Sehingga URL yang kamu inginkan akan terhapus dengan sempurna.***