3 Cara Setting Remote TV Universal Terlengkap Semua Merek

Setting remote TV universal terlengkap. Mengalami kehilangan remote TV tentu menjadi hal yang menyebalkan. Hal di karenakan kamu akan kesulitan jika ingin menyalakan TV sebagai sarana hiburan.

Namun sekarang tidak perlu khawatir saat remote TV tiba-tiba hilang atau rusak. Karena sebagai alternatif, kamu bisa melakukan setting remote televisi universal dengan mudah. Menariknya lagi remote TV universal bisa di gunakan untuk berbagai merek TV.

Lalu bagaimana caranya? Nah pada artikel kali ini akan di jelaskan cara mudah melakukan setting remote televisi universal. Simak ulasan berikut !

Pengertian remote TV Universal

Sebelum masuk pada penjelasan utama tentang setting remote TV universal, pastikan kamu sudah mengetahui lebih dulu apa itu remote televisi universal, Di mana sebenarnya remote TV universal cenderung sama dengan remote TV pada umumnya.

Hanya saja yang membedakan adalah remote TV universal bisa di gunakan untuk berbagai merek dan jenis perangkat TV. Selain itu fungsi lainnya dari remote TV universal adalah sebagai pengganti remote TV original yang mengalami kerusakan atau kehilangan.

Namun untuk menggunakan remote TV universal, ada beberapa settingan yang harus di lakukan terlebih dahulu agar bisa berfungsi dengan baik.

Cara setting remote TV universal

Melakukan setting remote TV universal bisa di lakukan dengan beberapa cara. Dengan begitu kamu bebas menggunakan cara mana saja sesuai dengan keinginan.

1. Setting remote TV universal tanpa kode

  • Langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan menyalakan TV terlebih dahulu.
  • Kemudian klik tombol Set pada remote hingga lampu indikatornya menyala.
  • Selanjutnya klik tombol volume + berulang kali hingga muncul tulisan volume pada layar TV.
  • Jika langkah di atas sudah berhasil, maka terakhir kamu perlu mematikan tombol set dengan cara menekan tombol set yang lama hingga lampu indikator mati.

2. Setting remote TV universal menggunakan kode

Sebenarnya melakukan setting remote TV tanpa kode cukup mudah untuk dilakukan. Namun tidak semua merek TV bisa bekerja dengan baik tanpa kode. Untuk itu sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan kode yang di dapatkan dari buku panduan yang ada di remote saat pertama kali beli.

Berikut ini beberapa langkah setting remote TV universal untuk merek Panasonic :

  • Pastikan terlebih dahulu TV dalam keadaan menyala.
  • Selanjutnya tekan dan tahan tombol set hingga lampu indikator nyala.
  • Kemudian masukkan kode remote sesuai dengan merek TV. Karena di sini prakteknya untuk TV Panasonic, maka kodenya adalah 020, 001, atau 014.
  • Pilih salah satu kode tersebut.
  • Jika kode yang di masukkan berhasil, maka lampu indikator akan mati secara otomatis.

3. Setting remote TV Universal tanpa tombol set

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk setting remote televisi universal adalah tanpa tombol set. Dimana tidak semua remote TV menyediakan tombol Set untuk di lakukan setting. Berikut ini beberapa langkah yang bisa di praktekkan :

  • Setelah TV dalam keadaan nyala, pastikan remote sudah mengarah ke lampu indikator TV.
  • Selanjutnya tombol power dan angka 4 secara bersamaan atau bisa dengan tombol power dan angka 1 (tergantung merek TV yang digunakan.
  • Tunggu beberapa detik kemudian lepaskan.
  • Cek pada tombol remote untuk memastikan apakah remote sudah berfungsi atau belum.

Demikian beberapa cara yang bisa dipraktekkan untuk setting remote televisi universal terlengkap. Kamu bisa menggunakan cara mana saja sesuai dengan keadaan remote yang digunakan. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***