2 Cara Praktis Cek Rekening Penipu secara Online, Data Valid !

Epic99.com – Cara cek rekening penipu secara online. Akan sangat menyebalkan jika kita menjadi korban penipuan online. Terlebih lagi saat ini sudah banyak modus penipuan online yang marak terjadi. Oleh karena itu kamu harus bisa menghindarinya dengan seleksi sebelum melakukan transaksi apapun atau dalam bentuk belanja online.

Salah satu tindakan yang bisa di lakukan untuk mencegah modus penipuan online adalah dengan memeriksa nomor rekening yang di anggap penipu. Selain itu jika sudah terlanjur menjadi korban, maka kamu bisa membuat laporan melalui portal pengaduan online kepada pihak berwenang.

Modus penipuan online

Ada banyak cara yang bisa di lakukan oleh penipu untuk melakukan modus penipuan online. Lebih dari itu bahkan ada yang mengatasnamakan instansi atau perusahaan besar untuk bisa menjerat korbannya.

cara cek rekening penipu

Kecanggihan teknologi memberikan kemudahan sekaligus kekhawatiran bagi pengguna. Terlebih jika pengguna masih awam mengenai update teknologi. Maka akan dengan mudah menjadi korban penipuan.

Adapun ciri-ciri modus penipuan online yakni :

  • Biasanya memberikan hadiah namun harus membayar pajak terlebih dahulu.
  • Jika jual beli online, maka barang yang di jual jauh lebih murah dari harga pasaran.
  • Memberikan banyak iming-iming atau keuntungan yang tidak masuk akal.
  • Memaksa caon korban untuk cepat mentransfer uang.

Cara cek rekening penipu

Ada banyak cara yang bisa di lakukan untuk mengecek rekening penipu. Mudahnya lagi, kamu bisa melakukan secara online. Dengan begitu kamu sudah tidak perlu ribet lagi untuk langsung datang ke bank dan memeriksakan rekening.

Berikut beberapa langkahnya :

1. Melalui situs Cek Rekening

cara cek rekening penipu
  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan buka situs Cek Rekening.
  • Selanjutnya pilih pada bagian Periksa Rekening.
  • Kemudian pilih Bank dan isilah nomor rekening.
  • Klik Cek Sekarang.
  • Di sanalah kamu bisa mengetahui siapa pemilik akun bank tersebut.
Baca Juga:  Cara Membuat Background Halaman Pada Microsoft Word

Situs Cek Rekening ini di kelola oleh Kominfo. Oleh karenanya jika terindikasi akun bank tersebut melakukan penipuan, maka kamu bisa langsung melapor di situs tersebut dengan klik Tambah Laporan. Terakhir isilah kolom yang di perlukan sebagai syarat laporan.

2. Melalui Kredibel

cara cek rekening penipu

Kredibel merupakan salah satu situs resmi yang memudahkan kamu untuk melakukan pengecekan nomor rekening secara online. Sama dengan situs sebelumnya, proses penggunaannya sangat mudah untuk dilakukan. Berikut langkahnya :

  • Masuklah pada situs Kredibel.
  • Kemudian ketik nomor rekening pada kolom pencarian rekening.
  • Nantinya kamu akan mendapatkan informasi mengenai pemilik rekening.

Note : Untuk mendapatkan informasi secara detail, maka kamu bisa melakukan login akun terlebih dahulu atau daftar jika belum memilikinya. Lalu jika terindikasi akun tersebut melakukan penipuan, maka kamu bisa menambahkan laporan di bagian bawah informasi nomor rekening.

Kesimpulan

2 situs di atas memudahkan pengguna untuk melakukan pemeriksaan pada nomor rekening yang di curigai. Kemudahan lainnya yang mungkin akan bisa di rasakan adalah pelaporan jika menjadi korban penipuan online. Melalui situs Lapor.go.id, kamu bisa melaporkan nomor rekening bahkan tanpa harus melakukan login. Namun pastikan kamu membuat laporan yang valid dengan di sertai bukti pendukung.

Demikian beberapa penjelasan mengenai cara cek rekening penipu secara online. Selamat Mencoba !

Baca Juga :

***

Baca Juga:  Tutorial Melakukan Setting Bot Rose Untuk Group Telegram