Epic99.com – Tips memilih power supply terbaik. Power Supply menjadi salah satu komponen yang penting dalam komputer. Namun banyak yang tidak memperhatikan keberadaannya. Meskipun tidak bisa meningkatkan FPS dalam komputer namun kamu juga harus mengetahui bagaimana tips dalam memilih Power Supply terbaik untuk PC.

Untuk kamu ketahui, sesuai dengan namanya, power supply berfungsi untuk mensupply listrik dengan memberi tenaga terhadap komponen PC seperti CPU, GPU, RAM, dan masih banyak lagi yang lainnya.

memilih power supply terbaik

Selain itu apabila power suppy mengalami kerusakan, maka akan berakibat pada supply listrik yang tidak stabil, PC yang akan mati secara tiba – tiba, atau bahkan hingga lonjakan listrik yang meledak. Untuk itu menentukan power supply menjadi hal yang penting untuk kamu ketahui.

Terutama untuk kamu yang masih pemula, berikut ini beberapa tips dalam memilih power supply untuk PC yang harus kamu perhatikan.


1. Menyesuaikan Watt dengan PC

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat memilih power supply adalah dengan menyesuaikan Watt dengan PC yang akan kamu gunakan. Selain itu kamu bisa mengetahui menghitungnya dengan mudah melalui website Power Supply Calculator seperti Cooler Master.

memilih power supply terbaik Menyesuaikan Watt dengan PC

Pastikan power supply yang ingin kamu gunakan memiliki celah kosong sebesar 50 – 150 watt dari kebutuhan PC dengan kapasitas power supply.

Sebagai contoh apabila pada kalkulator menghasilkan 400 watt, maka sebaiknya kamu membeli power supply dengan kapaitas 550 watt.

2. Sebaiknya menggunakan Brand ternama

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan adalah brand yang ingin kamu gunakan. Sebaiknya kamu memilih power supply yang memiliki brand ternama dan berkualitas. Adapun beberapa produk ternama yang sudah terbukti kualitasnya adalah Corsair, Seasonic, Super Flower, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Sebaiknya menggunakan Brand ternama

Maskipun mungkin harga yang harus kamu bayar sedikit mahal, namun keamanan serta kualitasnya sudah terjamin.

Baca Juga:  4 Cara Praktis Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi

3. Mencari informasi review hardware

Sebelum kamu memilih power supply terbaik untuk perangkat PC yang kamu gunakan, ada baiknya kamu mencari tahu mengenai review yang ada di internet terlebih dahulu.

3. Mencari informasi review hardware

Terlebih saat ini banyak website yang membahas tentang review perangkat PC untuk bisa di jadikan acuan. Selain itu pastikan juga kamu memillih reviewer yang memang berpengalaman dalam menilai suatu barang.

Kamu juga bisa melihat beberapa rekomendasi di berbagai forum khusus hardware. Karena biasanya mereka akan memberikan list rekomendasi hardware PC terbaik yang bisa kamu gunakan.

4. Hindari membeli barang bekas

Sebaiknya kamu membeli power supply dalam keadaan yang masih baru. Hindari untuk memberi hardware PC dalam keadaan bekas. Hal tersebut untuk meminimalisir kerusakan penggunaan yang kamu sendiri tidak tahu.

memilih power supply terbaik Hindari membeli barang bekas

Oleh karenanya kamu bisa menabung terlebih dahulu untuk membeli power supply yang baru di bandingkan harus membeli bekas dalam waktu yang cepat.

5. Hindari membeli dengan harga murah

Perhatikan juga mengenai harga yang tertera. Biasanya semakin mahal harga maka akan semain baik kuallitas yang tersedia. Oleh karena itu sebaiknya kamu tidak membeli hardware yang murahan dan tidak berkualitas.

memilih power supply terbaik Hindari membeli dengan harga murah

Power supply dengan harga yang sedikit lebih mahal biasanya akan bisa bertahan lama dan di jamin keamanannya.

6. Perhatikan jenis kabel

Untuk kamu ketahui, power supply sendiri memiliki 3 jenis yakni Non Modular, Semi Modular, dan Modular. Dimana kamu bisa memilih salah satu diantara ketiga jenis tersebut.

memilih power supply terbaik Perhatikan jenis kabel

Sebanarnya untuk performa sendiri tidak ada bedanya, melainkan kabel management yang membedakan. Dimana non modular memiliki kabel yang di solder ke PSU sehingga nantinya kamu tidak bisa mengganti kabel tersebut.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Tanda Tangan Digital Tanpa Aplikasi Tambahan

Selain itu pada jenis semi modular yakni hanya beberapa kabel saja yang disolder dan biasanya adalah Motherboard dan CPU, oleh karenanya selain itu kamu masih bisa mengganti kabel yang tidak disolder.

Sedangkan untuk jenis modular yakni tidak ada kabel yang di solder ke PSU, sehingga kamu bisa mengganti kabel lebih mudah.

Nah itulah beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum memilih power supply untuk PC yang akan kamu gunakan. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakann power supply yang sesuai dengan kebutuhan.***