Cara Membuat Sitemap XML Website di WordPress

Epic99.com – Cara membuat sitemap XML Website di WordPress. Untuk kamu yang masih pemula dalam membangun website, tentunya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar website kamu lebih cepat untuk dikenal oleh pengunjung. Salah satunya yang harus kamu lakukan adalah optimasi SEO.

Melakukan optimasi SEO atau Search Engine Optimization memungkinkan website yang baru kamu buat mendapatkan lebih banyak pengunjung.

membuat sitemap xml website di wordpress

Langkah yang paling dasar dalam melakukan SEO adalah dengan membuat sitemap XML untuk situs yang kamu miliki. Jika kamu pengguna WordPress, berikut ini penjelasan serta cara membuah sitemap XML dengan mudah.


Apa itu Sitemap WordPress?

Untuk kamu yang belu tahu, sitemap sendiri merupakan daftar URL yang memungkinkan Google untuk bisa memahami struktur website. Selain itu nantinya Google akan bisa mengambil data pada halaman menjadi lebih cepat.

sitemap xml

Jika kamu sudah membuat sitemap, maka selanjutnya sitemap tersebut akan secara otomatis update apabila kamu membuat atau menghapus konten.

Biasanya sitemap juga memiliki informasi mengenai halaman yang akan muncul di Google.


Cara Membuat Sitemap XML di WordPress

Sebenarnya cara membuat sitemap di WordPress terbilang sangat mudah. Selain itu kamu bisa menggunakan beberapa cara yang salah satunya melalui plugin. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu praktekkan.

1. Melalui plugin Yoast SEO

Kamu bisa membuat sitemap XML dengan mudah menggunakan plugin Yoast SEO. Selain itu Yoast SEO sendiri menjadi salah satu plugin yang populer untuk meningkatkan kualitas SEO pada website. Oleh karenanya Yoast juga memiliki fitur yang memungkinkan kamu dalam membuat sitemap XML dengan mudah. Berikut beberapa langkahnya :

yoast seo
  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menginstall serta mengaktifkan plugin Yoast SEO pada situs WordPress.
  • Kemudian jika plugin sudah aktif, maka kamu bisa mencari menu SEO lalu pilih General.
  • Selanjutnya klik tab Features.
  • Langkah selanjutnya kamu bisa klik tombol On yanang ada di bawah menu yang berjudul XML Sitemap.
  • Lallu nantinya kamu akan di arahkan pada sebuah halaman yang berisi daftar URL sitemap untuk website yang kamu miliki.
Baca Juga:  Tutorial Ibis Paint X untuk Pemula : Aplikasi Desain Grafis Mobile

2. Melalui plugin Google XML Sitemap

Selain menggunakan plugin Yoast SEO, kamu bisa membuat sitemap XML menggunakan plugin lainnya yakni Google XML Sitemap. Selain itu cara yang harus kamu lakukan juga terbilang cukup mudah.

Tidak hanya sitemap XML, nantinya kamu akan bisa membuat sitemap untuk semua jenis halaman WordPress dan juga custom URL. Bahkan Google XML juga akan memberikan informasi kepada mesin pencari jika kamu menambahkan atau menghapus konten.

google xml sitemap

Berikut langkah yang bisa kamu praktekkan :

  • Instal dan aktifkan terlebih dahulu plugin Google XML Sitemap pada situs yang kamu miliki.
  • Selanjutnya buka pada pengaturan plugin dan klik menu Setting > XML Sitemap.
  • Kemudian nantinya kamu akan melihat link yang menuju ke halaman berisi URL Sitemap.

Cara mengajukan Sitemap XML ke Google

Nantinya jika kamu sudah berhasil membuat mendapatkan link sitemap XML dari kedua cara diatas, selanjutnya kamu perlu untuk mengajukannya ke Google melalui Google Search Console. Namun sebelum itu pastikan kamu sudah mendaftarkan situs dan melakukan verifikasi disana.

google search console

Berikut ini beberapa langkah menngajukan sitemap XML ke Google Search Console :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan masuk ke situs yang kemu miliki di Google Search Console.
  • Selanjutnya pilih Index lalu klik Sitemap.
  • Kemudian kamu bisa memasukkan URL yang berisi sitemap dimana kamu bisa melihatnya dikedua plugin diatas.
  • Lalu klik Submit maka sitemap sudah mulai terdaftar di Google.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu praktekkan dalam membuat sitemap XML website di WordPress. Dengan begitu kamu akan mudah dalam mendapatkan lebih banyak pengunjung di website yang kamu miliki.***

Baca Juga:  6 Situs Penyedia Blog Gratis Terbaik untuk Pemula