Kenapa Wifi Menolak Akses dan Cara Mengatasinya

Kenapa Wifi Menolak Akses – Saat ini, wifi telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, seperti menyelesaikan pekerjaan, melakukan streaming film, belajar online, mendownload aplikasi, dan lain-lain. Banyak orang membutuhkan wifi karena keunggulannya, yaitu kecepatan yang stabil dan harga yang lebih murah daripada kuota internet.

Akan tetapi seringkali terjadi masalah pada beberapa perangkat elektronik seperti smartphone android atau laptop yang mengalami masalah seperti menolak akses wifi saat di gunakan. Pada kesempatan ini, saya akan membahas cara mudah mengatasi masalah menolak akses wifi pada perangkat elektronik modern seperti laptop, smartphone Android, komputer, dan perangkat pintar lainnya. Lihat pembahasannya di bawah ini untuk lebih jelas.

Kenapa Wifi Menolak Akses?

Setiap masalah memiliki penyebabnya, seperti halnya kesalahan wifi yang tidak bisa terhubung atau menolak akses, yang biasanya di sertai dengan pesan tambahan seperti “tidak ada akses internet”. Namun, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan kesalahan wifi menolak akses, di antaranya:

Masalah dengan perangkat router, masalah dengan penyedia internet wifi, dan masalah lainnya

Akan tetapi, faktor-faktor tersebut hanyalah kemungkinan dan mungkin tidak benar, jadi Anda tidak perlu terburu-buru untuk mengatasinya agar tidak menambah kerusakan dan memperparah masalah tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, lihat panduan di bawah ini.

Mengatasi Wifi Menolak Akses

Bukan berarti masalah ini tidak dapat di perbaiki, meskipun ada beberapa penyebab yang mungkin benar. Untuk membuat perangkat smartphone atau laptop Anda dapat terhubung kembali seperti sebelumnya, Anda dapat menggunakan beberapa metode yang telah saya rangkum dari berbagai sumber di bawah ini untuk mengatasi masalah wifi yang menolak akses.

1. Restart android

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah wifi menolak akses adalah menghidupkan kembali perangkat Anda, baik itu komputer atau Android. Ini karena saat perangkat elektronik seperti Android di hidupkan kembali, beberapa masalah sistem dapat terjadi secara normal.

Tentu saja hal ini juga di sebabkan oleh fakta bahwa berbagai data yang mengalami crash akan segera dimuat ulang, sehingga sistem yang ada di dalamnya menjadi lebih optimal dan di harapkan akan mengurangi jumlah error sistem yang telah terjadi sebelumnya.

Mematikan smartphone juga dapat di gunakan. Tunggu beberapa saat, sekitar lima menit, lalu hidupkan kembali perangkat.

2. Aktifkan mode pesawat sementara

Mengaktifkan mode pesawat secara sementara adalah trik selanjutnya yang banyak di gunakan oleh banyak orang untuk mengatasi internet yang tidak stabil. Ketika mode pesawat aktif, setiap koneksi data atau wifi yang terhubung ke internet akan secara paksa di putuskan.

Jika Anda mengalami masalah dengan wifi yang sulit terhubung dan menolak akses, langkah ini pasti harus di coba. Seringkali, ketika mode pesawat ini di aktifkan, koneksi yang mengalami masalah akan kembali normal. Jika Anda masih bingung, coba lihat instruksi berikut.

Pertama, coba restart perangkat anda dan hubungkan ke jaringan WiFi. Setelah itu, nyalakan mode pesawat selama beberapa menit dan matikan kembali. Terakhir, hubungkan kembali ke jaringan WiFi.

3. Restart perangkat router/modem

Restart perangkat router atau modem adalah langkah pertama. Matikan perangkat terlebih dahulu dan tunggu beberapa menit (atau lima menitan), lalu hidupkan kembali. Ini di anggap cukup efektif dalam memecahkan masalah wifi yang menolak Android dan perangkat elektronik lainnya seperti laptop, notebook, komputer, dan lainnya.

Karena langkah ini sepenuhnya dapat di lakukan dengan aman dan tanpa resiko, Anda dapat menerapkannya secara langsung dari rumah tanpa memanggil teknisi wifi. Tips ini dapat di gunakan ketika wifi menolak akses, yang sering terjadi pada pengguna wifi saat ini.

4. Mengganti alamat ip wifi

Mengubah alamat IP jaringan wifi di pengaturan android adalah metode pengatasi wifi menolak akses yang kedua. Karena alamat IP perangkat android Anda identik dengan perangkat android lain yang terhubung ke jaringan wifi, metode ini di anggap cukup efektif dalam mengatasi masalah tersebut.

Untuk mengubah alamat ip, Anda harus pergi ke pengaturan WiFi, pilih Preferensi WI-FI, dan klik Alamat IP. Kemudian, ganti alamat ip Anda dengan yang lain, seperti 192.168.1.16, sehingga wifi yang sebelumnya sulit terhubung atau menolak akses dapat terhubung dengan mudah. Perlu diingat bahwa metode ini dapat berbeda untuk setiap smartphone.

5. Periksa ulang jaringan wifi

Provider, juga dikenal sebagai penyedia layanan internet, bertanggung jawab secara signifikan atas stabilitas sinyal dan kemudahan akses internet di jaringan WiFi, dan salah satu masalah yang paling sering dialami oleh pengguna WiFi adalah gangguan dari penyedia.

Sangat mungkin bagi Anda untuk mengalami berbagai gangguan alam pada kondisi cuaca tertentu. Ini termasuk hujan lebat, hujan es, dan turun salju, antara lain. Ini pasti akan berdampak pada koneksi jaringan Wi-Fi tersebut, menyebabkan Wi-Fi menolak akses karena faktor alam.

Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda dapat mengubah provider wifi Anda, seperti indihome, bisnet, myrepublik, First Media, dan lainnya. Anda juga dapat menunggu beberapa waktu sampai jaringan Anda yang mengalami masalah tersebut kembali normal. Pengguna router atau kabel internet dapat langsung menghubungi call center provider yang bersangkutan jika terjadi gangguan selama berhari-hari.

Baca Juga :

***