Penyebab dan Cara Mengatasi Wifi Tidak Ada Internet

Penyebab WIfi tidak ada Internet – Meskipun perangkat yang digunakan sudah terhubung ke jaringan WiFi, banyak orang yang mengalami masalah tidak dapat mengakses internet. Kenapa wifi tidak dapat mengakses internet? Jika Anda juga mengalami masalah seperti ini, jangan khawatir karena bisa diatasi dengan mudah. Biasanya, penyebab tidak dapat mengakses internet adalah masalah pada perangkat router, jaringan, atau sinyal provider, atau maintenance yang dilakukan oleh provider.

Penyebab Wifi Tidak Ada Internet

Semakin murahnya harga WiFi membuatnya lebih mudah untuk mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Beberapa provider bahkan menawarkan harga murah untuk membuat pelanggan memilih WiFi daripada paket data internet. Ini juga bagus untuk staf yang bergantung pada koneksi internet untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. Namun, WiFi memiliki kekurangan; salah satunya adalah tidak dapat mengakses internet meskipun WiFi telah terhubung. Sebelum mengambil tindakan, Anda harus mengenali berbagai penyebab gangguan, seperti:

1. Masalah pada router

Dua hal yang menyebabkan masalah pada router adalah umurnya yang sudah tua dan kerusakan pada komponennya. Akibatnya, jaringan WiFi laptop atau smartphone juga mengalami masalah.

2. Sinyal lemah

Ini mungkin akibat dari area yang belum terhubung ke jaringan terbaru atau halangan seperti tembok besar. Cuaca ekstrim seperti hujan dan petir juga sering merusak jaringan WiFi.

3. Gangguan provider

Masa pemeliharaan atau perbaikan jaringan kadang-kadang menyebabkan penurunan kualitas jaringan, bahkan sampai penyedia menghentikannya untuk sementara waktu sampai perbaikan selesai.

Cara Mengatasi Wifi Terhubung tapi tidak ada internet

Untuk mengatasi masalah WiFi tidak dapat terhubung, Anda harus mengetahui penyebabnya. Jika Anda melakukan perbaikan, Anda akan merasa bingung untuk memperbaikinya sendiri jika Anda tidak mengetahui penyebabnya. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Ini adalah cara efektifnya:

1. Restart Router

Cara pertama yang dapat di lakukan untuk mengatasi masalah seperti ini adalah merestart router. Sebagian besar pengguna modem melakukan ini segera ketika mereka mengalami masalah dengan akses internet karena metode ini cukup mudah di lakukan.

2. Perbarui Driver Adaptor WiFi

Jika gangguan tidak berasal dari router, pastikan untuk memeriksa driver adaptor WiFi pada laptop Anda. Mungkin driver adaptor WiFi sudah kadaluwarsa, dan Anda perlu mengupdatenya. Karena ciri WiFi tampak seperti perangkat komputer yang salah, tetapi tetap dapat terhubung ke internet dengan alat lain. Untuk mengupdate driver adaptor WiFi, ikuti langkah-langkah berikut:

3. Cari menu My Computer. Klik Opsi Properti.

Setelah itu, opsi Adapter Jaringan akan muncul. Klik kanan pada driver adaptor WiFi untuk melanjutkan dan pilih Update Driver Software. Tunggu beberapa saat hingga proses update driver software berhasil, lalu klik “ya”. Jika Anda sudah melakukannya, coba periksa apakah komputer Anda sudah dapat terhubung ke internet.

4. Mode Pesawat

Mode pesawat adalah metode selanjutnya yang cukup efektif untuk mengatasi masalah wifi tidak ada internet. Cobalah menyalakan mode pesawat selama beberapa saat, jika tidak lebih dari satu menit.

Anda dapat kemudian nyalakan kembali ke mode normal. Metode ini dapat dilakukan melalui komputer atau smartphone. Banyak orang yang mencoba metode ini untuk mengetahui apakah akses internet dapat kembali normal.

Jika gangguan yang terjadi hanyalah gangguan kecil, biasanya hanya dengan mengaktifkan mode pesawat akan mendapatkan akses internet yang lebih baik.

5. Masukkan ulang password WiFi

Kesalahan kecil, seperti salah memasukkan password, dapat menyebabkan perangkat kehilangan koneksi internet. Orang-orang yang tidak mengaktifkan opsi auto-connected sering mengalami hal ini. Namun, kadang-kadang, karena alasan tertentu, penyedia WiFi meminta password Anda dimasukkan kembali sebelum dapat menghubungkan perangkat ke internet. Selain itu, pada laptop atau smartphone Anda, Anda dapat memilih opsi Forget WiFi. Kemudian, hubungkan lagi dengan memasukkan password yang sudah Anda gunakan atau yang baru.

Baca Juga :

***