Penyebab dan Cara Mengatasi Set Top Box (STB) Tidak Ada Sinyal

Epic99.com – Set Top Box (STB) tidak ada sinyal. STB merupakan singkatan dari Set Top Box yang tidak lain adalah perangkat untuk bisa beralih ke TV digital. Seperti yang selalu di beritakan belakangan ini, Kominfo akan menarik TV analog di Indonesia untuk beralih dengan siaran yang lebih canggih.

Namun permasalahan yang terjadi pada pengguna STB adalah tidak adanya sinyal untuk menangkap siaran TV. Terlebih lagi penggunaan STB sendiri terbilang masih baru sehingga cukup awam untuk mengatasinya.

Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai cara mengatasi masalah STB yang tidak bisa menangkap sinyal. Namun sebelum itu untuk kamu ketahui bahwa setiap STB TV digital biasanya sudah mendukung antena outdoor dan indoor. Hal tersebut bertujuan untuk bisa menjangkau sinyal TV digital terdekat.

Cara mengatasi Set Top Box tidak ada sinyal

Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi permasalahan STB tidak ada sinyal. Di mana kamu bisa menggunakan cara yang mana saja sesuai dengan keinginan. Simak beberapa ulasan berikut :

1. Pastikan kamu berada di daerah yang sudah terjangkau sinyal TV Digital

Saat ini belum semua daerah di Indonesia bisa menjangkau sinyal TV digital. Baru ada beberapa daerah saja dan terbilang berada di tengah kota untuk bisa menikmati layanannya. Untuk itu sebagai syarat utama agar bisia menikmati layanan TV digital, maka kamu harus berada di daerah yang sudah terjangkau sinyalnya.

Selain itu kamu bisa mendownload aplikasi Sinyal TV Digital untuk bisa mengecek daerah mana saja yang sudah menjangkau sinyal TV digital. Tidak hanya itu saja, dengan aplikasi Sinyal TV Digital, maka kamu bisa mengetahui jarak pemancar sinyal terdekat.

2. Periksa bagian kabel

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan STB tidak bisa menangkap sinyal adalah permasalahan pada kabel. Kamu bisa memeriksa kabel yang di gunakan apakah jenis HDMI atau RCA. Hal ini di karenakan dalam beberapa kasus, ada STB yang awalnya menggunakan RCA namun saat di ubah menjadi HDMI bisa menangkap sinyal lebih baik.

Selain itu pastikan juga kabel sudah terhubung dengan benar ke port yang ada pada STB dan TV. Di sarankan untuk di lakukan pembersihan sebelum memasangnya.

3. Gunakan antena outdoor

Agar bisa menangkap sinyal TV digital secara maksimal, pengguna di sarankan untuk menggunakan antena outdoor. Namun jika pemancar sinyal berada di daerah tedekat dengan lokasimu, maka bisa saja di gunakan antena outdoor.

Hal tersebut di karenakan antena indoor hanya di rancang untuk menangkap sinyal dengan pemancar terdekat saja. Sehingga jika pemancar berada pada titik yang jauh, maka sinyal akan sulit untuk didapatkan.

4. Lakukan update pada software STB

Masalah sinyal yang susah di tangkap STB bisa jadi di sebabkan karena tidak di lakukan pembaruan software. Terlebih pembaruan ini terbilang cukup penting karena memungkinkan pengguna untuk mendapatkan fitur baru sekaligus untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada versi sebelumnya.

Oleh karena itu sebaiknya untuk sering melakukan pemeriksaan update software sebelum menghubungkan STB ke internet maupun TV.

5. Periksa kondisi antena

Jika beberapa cara di atas sudah di lakukan namun sinyal TV digital masih susah di dapatkan, maka cara selanjutnya adalah dengan memeriksa kondisi antena. Bisa jadi permasalahan ada pada kabelnya yang berkarat sehingga kualitasnya menurun.

Terlebih saat antena berada di luar ruangan dalam kurun waktu lama, maka hal tersebut akan berpengaruh pada performa antena yang di gunakan.

6. Reset Set Top Box

Cara terakhir yang bisa di lakukan jika terjadi permasalahan STB tidak bisa menangkap sinyal adalah dengan melakukan reset. Namun yang harus di ketahui oleh pengguna adalah melakukan reset pada STB artinya akan membawa pada pengaturan pabrik.

Nah itulah beberapa cara mudah mengatasi permasalahan Set Top Box yang tidak ada sinyal. Pastikan untuk melakukan beberapa langkah diatas dengan seksama agar semua permasalahan bisa teratasi dengan cepat.

Baca Juga :

***