Begini Cara Agar Kamu Bisa Bermain Games Di STB Android

Epic99.com – Cara Bermain Games Di STB Android. Smart TV saat ini menjadi salah satu hasil dari perubahan teknologi yang berkembang dengan cepat. Berbeda dengan TV pada umumnya, Smart TV di katakan tidak hanya bisa di gunakan untuk menonton tayangan channel TV nasional yang terbatas saja.

Dengan smart tv, kamu akan bisa menonton ratusan channel TV yang tersedia di seluruh dunia hanya menggunakan koneksi internet.

Cara Bermain Games Di STB Android

Selain itu, kamu juga bisa melakukan browsing website, memutar video, bermain game, menginstall aplikasi android, hingga bisa melakukan streaming youtube.

Nah, jika kamu tidak atau belum memiliki smart TV, kamu akan tetap menikmati kecanggihan tersebut dengan televisi yang kamu miliki. Namun untuk hal ini tentunya kamu membutuhkan sebuah alat yaitu Set Top Box (STB).

STB ini bisa di artikan sebagai TV Box yang biasa di banderol dengan harga kisaran 300ribuan. Tentunya ini terbilang murah dengan kualitas yang akan kamu dapatkan.

Set Top Box (STB)

Nantinya kamu akan bisa menikmati fungsi smartphone melalui televisi yang kamu miliki. Lalu bagaimana jika kamu ingin bermain game? Apakah bisa? Tentu saja bisa, karena bisa di bilang STB ini adalah OS Android yang di rancang khusus untuk perangkat TV.

Di sini epic99 akan memberikan tutorial untuk bisa bermain game melalui STB Android yang bisa langsung kamu praktekkan.

Tutorial Bermain Games Di STB Android

Sebelum kamu bisa bermain games di STB Android, ada beberapa tools yang harus kamu siapkan untuk bisa memasang menghubungkan STB dengan televisi yang kamu miliki.

TV Box

Berikut ini adalah beberapa alat yang harus kamu siapkan untuk bisa melakukan pemasangan STB.

  1. Televisi, namun pastikan televisi yang kamu miliki sudah tersedia port HDMI.
  2. Set STB alias Android TV Box lengkap.
  3. Gamepad PlayStation beserta konverter.
  4. Jika ingin menambahkan, kamu bisa menggunakan keyboard USB.
  5. Mouse USB
  6. Dan hal yang terpenting adalah koneksi internet yang stabil.
Baca Juga:  Tips Bermain Game Play Together Untuk Pemula

Note : Jika televisi yang kamu miliki tidak tersedia port HDMI, pastikan TV Box yang kamu miliki support dengan kabel RCA.

Cara Pemasangan Games Di STB Android

Setelah mempersiapkan beberapa alat penting yang di butuhkan. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah proses pemasangan game yang akan kamu mainkan.

Untuk kamu ketahui sebelumnya, tidak semua STB memiliki akses ke google play untuk bisa memasang aplikasi. Jadi pastikan kamu menggunakan apihak ketiga untuk bisa mendownload games yang akan kamu mainkan melalui STB Android.

Octopus

ApkPure dan Aptoide TV bisa menjadi alternatif pihak ketiga untuk mendownload games yang ingin kamu mainkan.

Selain menginstall aplikasi games untuk STB, kamu juga perlu menginstall Octopus untuk mengatur gamepad atau keyboard yang akan kamu gunakan. Selain itu, Octopus juga menyediakan beberapa pengaturan tombol otomatis untuk beberapa game populer.

Cara pemasangan games untuk bisa di mainkan melalui STB Android adalah sebagai berikut :

  1. Pasanglah mouse USB dan game pad menggunakan konverter yang sudah di sediakan. Atau kamu juga bisa melakukan pemasangan pada keyboard jika ingin bermain menggunakan keyboard.
  2. Mulai dan jalankan aplikasi Octopus yang sudah di instal melalui STB Android.
  3. Akan muncul pemberitahuan pada bagian atas layar apabila gamepad, mouse, dan juga keyboard telah sukses terhubung.
  4. Pilih icon game yang sudah kamu download sebelumnya dari Octopus.
  5. Buka game pilihan kamu dan tunggu beberapa saat hingga installasi berjalan otomatis.

Nantinya kamu akan melihat petunjuk tombol gamepad atau keyboard untuk bisa memainkan permainan yanag sudah kamu pilih. Untuk memudahkan, kamu bisa menggunakan mouse saat melakukan pengaturan di lobby. Namun tentunya gamepad akan lebih cocok untuk digunakan saat sudah memasuki permainan.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Flowchart di Word dengan Hasil Maksimal

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengaturan tata letak tombol Octopus secara manual.***