Epic99.com – Cara mempercepat loading pada website. Menjalankan sebuah website bukanlah hal yang mudah. Terutama untuk kamu yang masih pemula, banyak trik yang harus dipelajari agar menghasilkan website yang nyaman untuk dikunjungi. Salah satunya adalah perihal kecepatan loading yang pasti akan menentukan pengunjung untuk menetap atau bahkan pergi ke website lainnya.

Selain itu biasanya website yang lambat akan memberikan pengaruh negatif terhadap perangkingan Google.

Oleh karenanya, kecepatan website juga manjadi salah satu yang menetukan situs kamu untuk bisa menempatkan peringkat atas. Dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengenai cara mudah mempercepat loading website untuk kamu ketahui.


1. Melakukan optimasi database website

1. Melakukan optimasi database website

Melakukan optimasi database pada website bisa kamu lakukan untuk mempercepat loading pada website. Salah satu cara termudah adalah dengan penggunaan plugin yakni WP-Optimize. Selain itu plugin tersebut juga bisa melakukan kompres pada gambar, translate, post revisi dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Melakukan optimasi gambar website

Hal lainnya yang mempengaruhi kecepatan website adalah optimasi penggunaan gambar. Saat melakukan upload gambar, sebaiknya kamu tidak menggunakan gambar dengan ukuran yang besar.

2. Melakukan optimasi gambar website

Sebagai contoh jika kamu melakukan upload gambar dengan ukuran diatas 1MB, hal tersebut sudah bisa dipastikan akan berpengaruh pada kecepatan website. Selain itu kamu juga bisa menggunakan plugin tambahan yang bermanfaat untuk melakukan kompres gambar menjadi lebih kecil separti Smush, Imagify, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Pastikan Gzip Compression dalam keadaan aktif

Mengaktifkan Gzip Compression pada website akan memberikan pengaruh terhadap kecepatan loading pada website. Selain itu ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan Gzip Compression.

cara mempercepat loading website. Pastikan Gzip Compression dalam keadaan aktif

Namun cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan plugin yakni Check and Enable GZIP Compression Plugin. Gzip sendiri berfungsi untuk melakukan kompres pada file.

Baca Juga:  5 Lokasi Terbaik di Map Vikendi

4. Menggunakan plugin Caching

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading pada website adalah penggunaan plugin caching. Dimana plugin tersebut memudahkan kamu sebagai proses penyimpanan data dari suatu website secara sementara.

cara mempercepat loading website Menggunakan plugin Caching

Beberapa plugin cache yang direkomendasikan untuk digunakan pada WordPress adalah W3 Total Cache, WP Rocket, WP Super cache, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Minify File CSS dan Javascript

Mempercepat loading pada website bisa kamu lakukan dengan Minify File CSS dan juga Javascript. Untuk kamu yang belum tahu, Minify sendiri merupakan proses untuk menghilangkan karakter yang tidak di gunakan dalam struktur kode.

cara mempercepat loading website Minify File CSS dan Javascript

Selain itu kamu juga bisa mmenggunakan plugin Autoptimize karena terbilang mudah untuk digunakan.

6. Pilih penyedia hosting terbaik

Hal lainnya yang mungkin berpengaruh pada kecepatan website adalah penggunaan hosting. Ada baiknya jika kamu menggunakan penyedia hosting terbaik. Karena hosting juga bisa mempengaruhi kecepatan website.

7. Hapus plugin yang tidak penting

Untuk meningkatkan kecepatan loading pada website terutama jika kamu pengguna WordPress, sebaiknya untuk tidak menggunakan plugin yang sekiranya tidak penting.

Hal tersebut di karenakan penggunaan plugin juga berpengaruh pada kecepatan website. Dengan begitu, kamu bisa memilih plugin yang tidak banyak memuat script serta query tambahan pada database.


Kesimpulan

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat loading pada website. Dengan begitu kamu akan mendapatkan website yang cepat sehingga memudahkan untuk mendapat perangkingan teratas.

Kamu bisa mengecek kecepatan pada website mmenggunakan Pingdom, Google PageSpeed Insight, GTMetrix atau bisa juga menggunakan WebPageTest.***

Baca Juga:  Cara Menghubungkan CDN Cloudflare Gratis ke Wordpress