Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan dan Cara Mengatasinya !

Pernahkah Anda melihat pesan “tidak ada layanan” saat Anda memasukkan kartu SIM ke HP Bahkan di provider dan merk HP yang berbeda, saya sendiri pernah mengalami masalah ini beberapa kali. Saya bukan satu-satunya orang yang mengalami masalah serupa.

Menyebabkan tidak dapat terhubung ke jaringan internet, melakukan panggilan, atau mengirim pesan karena pesan ini. Kita mungkin berpura-pura bahwa kartu SIM tidak dapat di baca. Namun, ini tidak benar karena SIM masih dapat di baca. Apa sebabnya? Bagaimana mengatasinya? Kita akan membahasnya lebih lanjut dalam diskusi ini.

Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Pesan “tidak ada layanan” muncul di kolom sinyal saat HP di gunakan. Ini menunjukkan bahwa kartu SIM tidak dapat menangkap jaringan dengan benar.

Faktor-faktor berikut dapat menyebabkan kartu SIM tidak dapat menyediakan layanan:

  • masalah sistem HP.
  • Kartu SIM yang rusak, seperti yang tergores, atau yang telah di gunakan untuk waktu yang lama,
  • Jaringan Anda mengalami masalah.
  • Ada komponen HP yang rusak, yang tidak biasa.

Semua HP, Xiaomi, OPPO, Samsung, Lenovo, Vivo, ASUS, Huawei, dan lain-lain mungkin mengalami masalah ini. Selain itu, masalah ini juga dapat terjadi di semua provider, seperti Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Three / Tri, dan lain-lain.

Mengatasi Kartu SIM yang Tidak Ada Layanan

Bagaimana mengatasi hal tersebut akan menjadi topik utama artikel ini. Di sini, saya ingin membahas beberapa metode untuk menyelesaikan masalah kartu SIM yang menghasilkan pesan layanan tidak tersedia. Saya berharap apa yang saya bagikan di sini akan membantu Anda, terutama mereka yang mengalami masalah ini. Singkatnya, ini adalah diskusinya:

1. Restart HP Terlebih Dahulu

Dalam pandangan pertama, pendekatan ini mungkin terlihat tidak signifikan. Meskipun demikian, opsi restart HP kadang-kadang berguna, terutama ketika HP Anda sudah lama tidak di hidupkan kembali. Saya biasanya menggunakan metode ini untuk mengatasi masalah HP pertama kali sebelum mencari solusi lain. Jika muncul masalah dengan layanan, metode restart sering kali menyelesaikannya dengan baik.

Anda dapat mematikan HP dan melepas baterainya kemudian tunggu beberapa saat; jika di rasa cukup, nyalakan kembali HP.

2. Lepas Pasang Kartu SIM

Masalah ini dapat di sebabkan oleh pemasangan kartu SIM yang tidak sesuai, misalnya. Alasannya adalah berbeda: beberapa sumber menyatakan bahwa ini berpengaruh, sedangkan sumber lain menyatakan bahwa itu tidak. Untuk melakukannya, lepaskan kartu SIM dari HP Anda dan pasang kembali, pastikan semuanya terpasang dengan benar.

3. Pastikan Pengaturan APN Sudah Benar

Jika Anda mendapati pesan layanan tidak tersedia ketika Anda ingin menyambungkan HP ke jaringan internet, Anda mungkin ingin memeriksa pengaturan APN. APN adalah singkatan dari nama point akses, dan itu berfungsi untuk mengatur jaringan agar orang dapat terhubung ke internet dengan benar melalui layanan provider.

Yang menjadi masalah berikutnya adalah jika pengaturan APN HP Anda salah. Ini akan menyebabkan masalah jaringan dan SIM tidak dapat menerima layanan, jadi Anda dapat mengubahnya lagi. Pengaturannya berbeda-beda tergantung dari provider yang digunakan, tetapi untuk mengaturnya secara umum, Anda bisa pergi ke Setelan > Kartu SIM > Jaringan Seluler > APN.

Di sana, silakan buat APN baru atau edit APN lama. Anda juga dapat mengembalikan pengaturan APN ke bawaan.

4. Mode Airplane

Anda juga dapat mencoba menyalakan mode pesawat sebagai solusi tambahan. Fungsinya sederhana: me-refresh jaringan yang salah agar kembali normal. Ketika sinyal hilang, pesan tidak ada layanan muncul. Biasanya, sinyal akan muncul lagi setelah mode pesawat dinyalakan dan dimatikan kembali. Ini karena HP akan “memaksa” mencari sinyal kembali setelah keluar dari mode pesawat. Layanan provider yang sebelumnya tidak terdeteksi biasanya akan dapat terdeteksi lagi setelah itu.

Baca Juga :

***