Cara Setting dan Pasang CCTV Mini Tanpa Kabel

CCTV Mini Tanpa Kabel – Sangat bermanfaat untuk mengetahui cara memasang CCTV tanpa kabel. Kamera pengintai CCTV adalah alat yang dapat mencegah perampokan dan membantu kita mengenali pelakunya. Jenis kamera CCTV sangat beragam tergantung pada tujuan dan fungsinya. Kali ini kita akan membahas cara memasang kamera CCTV tanpa kabel.

Bagaimana cara memasang CCTV tanpa kabel? Baca ulasan lengkap di bawah ini.

Kelebihan CCTV Tanpa Kabel

Kelebihan kamera CCTV nirkabel atau tanpa kabel adalah bahwa Anda dapat melihat rekaman dalam kamera dari rumah atau tempat usaha Anda. Ini lebih praktis daripada memiliki layar monitor CCTV. Beberapa jenis kamera CCTV tanpa kabel dapat terhubung secara langsung ke internet, yang berarti kita dapat mengaksesnya kapan saja kita mau, asalkan kita terhubung ke internet dan memiliki software atau akun untuk memantau online.

Ada kemampuan sistem kamera CCTV untuk memberikan pemberitahuan instan melalui SMS atau email setiap kali kamera CCTV mendeteksi kehadiran atau pergerakan benda atau orang. Keunggulan tambahan dari kamera CCTV nirkabel adalah dapat dipasang di mana saja yang tidak dapat diakses dengan kabel, seperti di sudut rumah atau di lokasi tersembunyi yang tidak dapat diakses dengan kabel.

Kekurangan CCTV Tanpa Kabel

Selain itu, kamera CCTV tanpa kabel juga memiliki kekurangan. Mengatur dan mengkonfigurasi kamera CCTV tanpa kabel sangat sulit dan membutuhkan pengetahuan LAN yang baik. Tidak semua orang dapat melakukan konfigurasi pada kamera CCTV tanpa kabel internet ini. Kualitas gambar dan gerakan objek masih di bawah rata-rata, tetapi untuk kamera CCTV yang terkenal atau lebih mahal, kualitasnya pasti lebih baik bahkan daripada kamera analog.

Salah satu kekurangan kamera CCTV nirkabel ini adalah harganya yang tergolong mahal, meskipun ada beberapa model dengan harga murah tetapi kualitas rendah.

Cara Memasang CCTV Tanpa Kabel Sendiri

Sebenarnya, memasang kamera CCTV tidak memerlukan keahlian khusus. Cara paling mudah untuk melakukannya adalah dengan membaca panduan manual atau mencari di internet. Panduan manual biasanya termasuk dalam kemasan DVR CCTV Anda. Instalasi ini sama dengan membuat instalasi listrik. Kamera CCTV sering digunakan untuk memonitor perumahan seperti cluster selain membantu menjaga keamanan rumah atau bisnis.

Ada berbagai jenis kamera CCTV, beberapa menggunakan kabel, dan lainnya tanpa kabel. Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memasang kamera adalah lokasinya. Selanjutnya:

  1. Hitung jarak antara kamera dan DVR. Ini akan membantu Anda mengetahui ukuran kabel CCTV saat Anda membelinya.
  2. Gunakan tester untuk menguji kabel untuk memastikan bahwa kabel yang Anda beli tidak putus di tengah jalan.
  3. Pilih kamera CCTV dan DVR sesuai kebutuhan Anda.
  4. Siapkan semua peralatan yang diperlukan, termasuk solasi hitam, palu, bor, tang potong dan jepit, tali tis, obeng plus dan min, dan kabel roll.
  5. Bahan yang tidak terduga termasuk kabel Eterna, steker, klem kabel ukuran 12, terminal kuningan 4 lubang, dan dua siku besi.
  6. Pasang hardisk DVR sebagai tempat penyimpanan hasil rekaman; saat Anda membelinya, tanyakan setting DVR.
  7. Sebelum memasang kabel, buat kabel CCTV 50 cm, pasangkan konektor BNC, lalu hubungkan kamera dengan DVR dan monitor. Pastikan gambar muncul.
  8. Pastikan instalasi kabel tampak rapi.
  9. Pasang DVR ke TV atau monitor, lalu nyalakan.

Nah itulah penjelasan tentang cara memasang CCTV Mini tanpa kabel untuk pemula. Lakukan semua tahapan dengan seksama. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***