Pengertian, Fungsi, dan Cara Pasang MCB

Cara Pasang MCB – MCB adalah piranti elektronik yang sering digunakan untuk menjaga instalasi listrik aman. Mereka juga dapat membagi beban daya. Seberapa penting penggunaan MCB ini dalam lingkungan rumah? Contohnya adalah dalam kasus lonjakan listrik. Memasang MCB tambahan adalah cara terbaik untuk membagi beban daya jika pemakaian daya cenderung berlebihan.

Bagaimana cara memasang MCB tambahan dan apa itu MCB? Artikel berikut akan memberikan ulasan lebih lanjut tentang informasi ini.

Definisi MCB

Miniatur Circuit Breaker (MCB) adalah bagian elektronika yang berfungsi untuk memutus arus listrik dalam situasi tertentu, seperti ketika ada korsleting atau tegangan arus yang berlebihan.

Pemasangan MCB akan menghentikan arus listrik secara otomatis. Oleh karena itu, masalah ini dapat diatasi segera jika ada masalah dengan instalasi listrik. seperti lonjakan daya, korsleting, dan masalah kelistrikan lainnya. Alat ini sangat membantu mengurangi kerusakan arus listrik pada penghuni rumah. Pasti ada cara untuk mengurangi risiko kebakaran akibat korsleting secepat mungkin.

Fungsi dari MCB

MCB biasanya disebut sebagai alat yang berfungsi sebagai pengaman instalasi listrik. Namun, apa lagi fungsi MCB?

Tiga fungsi MCB yang paling umum adalah sebagai berikut.

  • MCB menghentikan arus listrik apabila terjadi lonjakan arus atau korsleting.
  • Mengidentifikasi kondisi sistem listrik jika terjadi beban berlebihan atau overload.
  • Ini juga melindungi dari hubungan arus pendek dan masalah lainnya.

Cara MCB Berfungsi

Memahami cara kerja MCB sebenarnya cukup mudah. MCB dapat dioperasikan secara manual. Anda hanya perlu menekan toggle switch ke bagian bawah untuk mematikan, tetapi untuk menghidupkannya, Anda hanya perlu menekannya ke bagian atas.

Selain memiliki kemampuan untuk bekerja secara manual, MCB juga dapat bekerja secara otomatis jika terjadi masalah pada instalasi listrik, seperti korsleting, kelebihan beban, atau masalah lainnya.

Setelah itu, MCB akan secara otomatis melakukan tripping panas, yang berarti pemutusan arus listrik karena reaksi panas. Selain itu, alat tersebut memiliki kemampuan untuk melakukan tripping magnetik, yang berarti mengalihkan arus listrik karena gaya magnet.

Bagaimana Cara Pasang MCB?

1. Cara Pasang MCB Ganda

Pertama-tama, siapkan MCB dua buah. Kemudian, siapkan kabel tiga fasa dengan ukuran 2,5 mm. Selanjutnya, siapkan kotak atau wadah MCB. Pasang MCB secara berdekatan di dalam kotak atau wadah yang sudah di siapkan sebelumnya. Pasang kabel di bagian input dan output MCB. Potong koneksi antara grup 1 dan grup 2. Pada bagian input, hubungkan secara langsung dengan kWh meter Anda. Di sisi lain, pada bagian output, hubungkan secara langsung pada beban. Anda dapat mempraktekkan pemasangan MCB 2 pole sendiri di rumah dengan menggunakan instruksi ini.

2. Cara Pasang MCB Sebagai Pengganti Sekring

Untuk memulai, lepaskan aliran arus listrik dari pusat utama. Kemudian, buka kotak sekring lama dan lepaskan semua koneksi dari sekring. Setelah itu, siapkan MCB. Untuk melakukan ini, masukkan kabel hitam ke dalam MCB dan sambungkan tiga kabel bersama-sama. Untuk menjaga keamanan, tutup semua kabel dengan solasi khusus. Coba tes MCB dengan tespen untuk memastikan aliran listrik lancar.

Baca Juga :

***