6 Alasan Mutlak Kenapa Kamu Harus Menggunakan Linux Manjaro

Epic99.com – Manjaro Linux. Linux merupakan sistem operasi terdistribusi yang berbasis open source. Terutama bagi pegiat IT, penggunaan Linux lebih banyak di pilih di bandingkan sistem operasi lainnya. Selain itu karena sifatnya yang open source, maka kamu bisa melakukan perubahan pada sistem operasi ini sesuai dengan keinginan. Hingga kini sudah banyak distribusi Linux yang beredar dan bisa di gunakan. Namun tentunya semua yang ada memiliki keunggulan masing-masing.

Manjaro Linux

Manjaro menjadi salah satu distribusi linux yang populer dan cukup banyak di gunakan. Di rilis pertama kali pada tahun 2011, Manjaro saat ini berhasil menduduki peringkat 3 sebagai distribusi Linux terbaik. Hal ini tentunya menjadi prestasi bagi Manjaro sendiri dan membuatnya banyak di percaya oleh pengguna Linux.

Jika kamu penasaran, dan ingin mencoba distribusi Linux Manjaro, berikut ini beberapa alasan yang tepat kenapa kamu harus menggunakannya !

1. Berpindah kernel dengan mudah

Saat kamu memilih untuk menggunakan Manjaro, kelebihan yang akan bisa di rasakan adalah di mana kamu bisa menginstal kernel dalam jumlah yang banyak dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu nantinya kamu akan bisa berpindah kernel dengan lebih mudah.

2. Berbasis Arch Linux

Untuk sekedar kamu ketahui, Manjaro merupakan distribusi Linux yang berbasis Arch Linux. Di mana Arch sendiri merupakan distro Linux yang terbilang cukup mutakhir. Selain itu menginstal Manjaro juga lebih mudah jika di bandingkan dengan menginstal Arch.

Manjaro Linux

3. Memiliki gudang Software yang besar

Keunggulan lainnya dari distribusi Linux Manjaro sendiri adalah nantinya pengguna bisa memiliki akses yang mudah ke Arch User repository. Bahkan Manjaro juga terbilang memiliki gudang software yang cukup besar. Nah untuk kamu ketahui Arch User Repository (AUR) merupakan skrip dalam jumlah yang banyak dan di produksi untuk bisa menginstal program. Selain itu biasanya program AUR di ambil langsung dari Github atau terkadang merupakan program yang awalnya di buat untuk Ubuntu.

Baca Juga:  Perbedaan Spesifik Antara Virus, Worm, Dan Juga Trojan

4. Mendukung lingkungan dekstop yang bervariasi

Merupakan OS yang bisa melakukan interaksi setelah proses booting. Sehingga Manjaro di rancang semaksimal mungkin untuk bisa di gunakan dengan mudah. Lebih dari itu bahkan kamu juga bisa menggunakan Cinnamon, DE, GNOME, dan lainnya yang bisa di sesuaikan dengan keinginan. OS yang satu ini juga sekaligus sudah di lengkapi dengan beragam pilihan untuk melakukan personalisasi.

4. Mendukung lingkungan dekstop yang bervariasi

5. Memberikan dukungan terhadap banyak perangkat keras

Mungkin sebagian dari pengguna Manjaro sudah bisa merasakan bahwa keunggulan distribusi Linux yang satu ini memberikan dukungan terhadap banyak perangkat keras. Selain itu Manjaro juga melakukan pengujian sistem di awal untuk kemudian menginstal driver.

6. Hemat waktu

Manjaro terbilang menjadi salah satu distribusi Linux terbaik. Bagaimana tidak, OS yang satu ini selalu memeriksa setiap paket baru untuk meminimalisir terjadinya masalah baru. Selain itu Manjaro sendiri melakukan update paket baru dengan lebih cepat sepeti Fedora dan juga Ubuntu.

Demikian beberapa keunggulan dari OS Manjaro yang bisa menjadi alasan mengapa kamu harus menggunakannya. Berbagai kemudahan juga banyak di rasakan oleh para pengguna Manjaro yang di tulis di komunitas Manjaro. Meskipun masih terbilang baru, namun Manjaro terbukti mampu bersaing dengan distribusi Linux lainnya dan bekerja secara produktif.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  25 Daftar jenis Simbol Flowchart Dasar Beserta Fungsinya