Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat

Epic99.com – Cara mengetik 10 jari. Mengetik 10 jari saat ini menjadi skill yang harus di miliki oleh semua orang terutama untuk kamu milenial. Bagaimana tidak, banyak perusahaan yang mencari kandidat dengan berbagai kualifikasi yang salah satunya adalah bisa ngetik 10 jari. Selain itu, memiliki kemampuan mengetik 10 jari dapat memudahkan kamu menyelesaikan pekerjaan di bidang komputer dengan lebih cepat.

Namun untuk bisa Ngetik 10 jari, tentunya ada banyak hal yang harus kamu perhatikan. Salah satunya adalah terus berlatih dan menempatkan posisi jari dengan benar. Jika kamu ingin memiliki kemampuan ini, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar mudah mengetik 10 jari menggunakan komputer.


Manfaat mengetik 10 jari

Jika kamu memiliki kemampuan ketik 10 jari, tentunya ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan. Berikut ini beberapa manfaat apabila kamu memiliki kemampuan ngetik 10 jari :

cara mengetik 10 jari
  • Kecepatan, di mana kamu bisa menyelesaikan pekerjaan menjadi lebih cepat.
  • Efisien, memungkinkan kamu untuk bisa fokus pada teks yang ingin kamu ketik.
  • Ergonomi, secara tidak sadar akan membuat kamu mengetik dengan postur tubuh yanag tepat dan tegak.

Tips mengetik 10 jari

Untuk bisa ketik 10 jari, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Berikut ini beberapa tips mudah agar bisa ngetik 10 jari :

1. Menempatkan posisi jari dengan benar diatas keyboard

Sebelum kamu memulai untuk mengetik dengan menggunakan 10 jari, pastikan kamu sudah menempatkan posisi jari dengan benar di atas keyboard. Selain itu dengan menempatkan posisi jari dengan benar, tentunya akan meminimalisir gerak tangan. Dengan begitu kamu bisa menjadi lebih mudah untuk mengatik dengan cepat.

Baca Juga:  Cara Mudah Download Sorotan Instagram tanpa Aplikasi
Posisi tangan kiriPosisi tangan kanan
1. Jempol : tombol Space dan Alt
2. Jari telunjuk: tombol R, F, T, V, G, B, Y, 4, 5, 6
3. Jari tengah : tombol E, D, C, 3
4. Jari manis : tombol W, S, X, 2
5. Jari kelingking : tombol A, Q, Z, 1, Shift, Tab, Capslock
1. Jempol : tombol Space dan Alt
2. Jari telunjuk : tombol Y, U, H, J, B, N, M, 6, 7
3. Jari tengah : tombol I, K, tanda koma, 8
4. Jari manis : tombol L, O, tanda titik, 9
5. Jari kelingking : tombol P, tanda titik koma, tanda miring

2. Berlatih dengan mengetik kata – kata asing

Selajutnya kamu bisa terus berlatih untuk mengetik beberapa kalimat yang sekiranya asing atau rumit. Selain itu kamu juga bisa berlatih dengan mengetik beberapa kata dengan penggunaan huruf kapital dan juga campuran angka. Dengan begitu secara tidak langsung kamu juga menguji akurasi jari pada keyboard.

cara mengetik 10 jari

3. Usahakan mengetik tanpa melihat keyboard

Agar kamu bisa lebih cepat untuk bisa ngetik 10 jari, tips selanjutnya yang bisa kamu praktekkan adalah dengan mengetik tanpa melihat. Tips yang satu ini secara tidak langsung akan membuatmu menjadi hafal mengenai letak setiap tombol huruf yang ada di keyboard. Pastikan untuk terus berlatih dengan rajin dan konsisten.

4. Manfaatkan penggunaan Shortcuts

Penggunaan shortcuts pada keyboard bisa kamu manfaatkan untuk bisa melatih kemampuan mengetik 10 jari. Oleh karenanya, kamu bisa mulai untuk menghafal beberapa shortcut yang sering digunakan saat mengetik.

4. Manfaatkan penggunaan Shortcuts

5. Manfaatkan game

Tips lainnya yang terbukti ampuh untuk melatih kemampuan ngetik 10 jari adalah dengan bermain game. Seperti contoh game Air Typer yang memungkinkan kamu untuk bisa dengan cepat menguasai keyboard melalui permainan didalamnya.

Baca Juga:  Cara Ganti Font di Bio dan Story Instagram, Jadi Keren !

Kesimpulan

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk bisa me-ngetik dengan menggunakan 10 jari. Dengan terus berlatih dan mengikuti beberapa tips diatas, nantinya kamu bisa lebih mudah untuk melatih kemampuan ketik 10 jari.***