Aturan Dan Strategi Agar Mudah Memenangkan Permainan Monopoli

Epic99.com – Aturan dan Strategi memenangkan permainan Monopoli. Monopoli merupakan sebuah permainan papan yang sangat populer dan banyak di mainkan. Bahkan permainan ini sudah ada sejak 100 tahun lalu. Selain itu, cara bermain monopoli juga terbilang mudah di mana pemainnya akan menggunakan dadu untuk bisa menggerakkan papan orang yang memiliki peran sebagai investor properti.

Sebagai seorang investor properti, tentunya di butuhkan strategi yang tepat agar bisa memutar modal untuk terus membeli properti yang kemudian akan di sewakan kepada pemain lain. Apabila pemain tidak menggunakan strategi yang tepat, tentu kekalahan akan di dapatkan dan harus membayar sewa apabila melangkah ke properti milik pemain lain.

Aturan dan Strategi memenangkan permainan Monopoli

Nah untuk kamu yang penasaran dengan strategi yang harus di lakukan agar bisa memenangkan permainan Monopoli dengan mudah. Berikut ini beberapa aturan dan strategi permainan Monopoli yang bisa kamu praktekkan.

Aturan permainan Monopoli

Sebelum memainkan permainan Monopoli, tentu kamu harus mengetahui beberapa aturan permainan antara lain :

  • Pemain bisa masuk penjara karena 3 aturan yaitu apabila mendapatkan angka yang sama setiap kali melakukan pelemparan dadu sebanyak 3 kali berturut – turut, saat mendapatkan kartu kesempatan dan dana umum yang mengharuskan pemain untuk masuk penjara.
  • Untuk bisa membangun rumah maupun hotel, pemain harus memiliki setidaknya 1 set kompleks lengkap.
  • Nantinya terdapat 32 rumah dan 12 hotel yang bisa di beli dengan jumlah bangunan yang sama di setiap lokasi.
  • Terdapat 22 lokasi properti yang terbagi menjadi 8 kompleks. Umumnya setiap kompleks terdiri dari 2 hingga 3 negara.
  • Terdapat 4 stasiun yang bisa di beli oleh pemain. Nantinya semakin banyak stasiun yang di miliki oleh pemain, maka akan semakin tinggi pula biaya sewa yang harus di bayarkan oleh pemain lain.
  • Khusus untuk kelompok utility seperti air dan juga listrik, pemain yang sewa harus membayar dengan rincian sebagai berikut :
    • Jika hanya memiliki salah satu antara air atau listrik, maka akan di kenakan biaya sewa sebesar 4 X (jumlah dadu) X (harga sewa).
    • Namun jika memiliki keduanya yakni air dan listrik, maka pemain akan di kenakan biaya sewa sebesar 10 X (jumlah dadu) X (harga sewa)
  • Setiap melewati satu putaran, maka pemain akan mendapatkan uang gaji dari pihak bank yang bisa menjadi tambahan penghasilan untuk pemain.
Baca Juga:  3 Cara Download dan Instal Aplikasi PlayStore di Laptop dengan Mudah

KESEMPATAN dan DANA UMUM

  • Biasanya dalam permainan Monopoli terdapat kartu KESEMPATAN berjumlah 16 kartu yang terdiri dari :
    • 10 kartu untuk perpindahan posisi
    • 2 kartu yang memberikan hadiah berupa uang
    • 2 kartu penalty yang mengharuskan pemain untuk membayar denda
    • 1 kartu yang memungkinkan pemain untuk mengambil uang dari pemilik properti
    • 1 kartu bebas penjara
  • Terdapat juga kartu DANA UMUM yang berjumlah 16 kartu dan berisi seperti di bawah ini :
    • 9 kartu yang memberikan hadiah berupa uang
    • 3 kartu penalty yang mengharuskan pemain untuk membayar
    • 2 kartu perpindahan posisi antara menuju start atau menuju penjara
    • 1 kartu yang memungkinkan pemain untuk mendapatkan uang dari pemilik properti
    • 1 kartu bebas penjara
Aturan permainan Monopoli

Strategi permainan Monopoli

1. Babak awal permainan

Saat permainan baru di mulai. Pastikan kamu menyiapkan strategi dengan baik. Sebaiknya kamu membeli semua properti yang bisa di beli termasuk air, listrik dan juga stasiun. Jangan sering menunda untuk melakukan pembelian properti di awal permainan.

Nantinya jika kamu kekurangan uang untuk membeli properti, maka kamu bisa menggadaikan terlebih dahulu properti yang belum monopoli. Hal tersebut di karenakan tanah yang di gadaikan tidak akan memberikan penghasilan. Sehingga jika kamu menggadaikan properti yang sudah monopoli, maka tentunya kamu akan kkehilangan penghasilan dari biaya sewa yang seharusnya kamu dapatkan.

1. Babak awal permainan monopoli

Pastikan kamu memiliki uang tabungan untuk sewa dan pajak yang sewaktu – waktu harus di bayarkan. Selain itu, jika kamu masuk penjara di awal permainan, maka sebaiknya kamu segera membayar denda. Kartu KESEMPATAN dan DANA UMUM menambah peluang yang bisa kamu dapatkan untuk membeli properti.

Intinya dalam permainan Monopoli di tahap awal permainan ini mengharuskan kamu untuk memiliki properti sebanyak mungkin dengan mengatur modal dengan baik dan medapatkan properti di lokasi yang strategis.

Baca Juga:  Cara Cek Broken Link Website yang Mudah dan Cepat

2. Babak pertengahan permainan

Biasanya di babak pertengahan dalam permainan Monopoli, hampir semua properti sudah habis di beli. Oleh karenanya, langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa mengalahkan lawan adalah dengan melakukan tukar guling terhadap lawan yang sedang mengalami kesulitan uang. Dengan begitu, kamu bisa mengajaknya bekerjasama untuk mengalahkan lawan lainnya.

2. Babak pertengahan permainan monopoli

Jangan terlalu terburu – buru untuk mengganti sejumlah rumah menjadi hotel. Kamu juga harus mengatur modal yang terbatas agar tidak mengalami kesulitan nantinya. Selain itu, sebaiknya kamu membangun rumah pada lokasi di mana sekiranya memiliki biaya sewa yang tinggi.

3. Babak akhir permainan

Biasanya tahap akhir dalam permainan Monopoli di lihat dari kondisi semua properti yang sudah habis, sehingga menyisakan pemain untuk memutar uang dan terus melakukan pembayaran sewa. Pada tahap ini, kamu memiliki kesempatan yang sama antara balik modal atau justu bankrut bergantung dengan jenis properti yang sudah kamu miliki.

3. Babak akhir permainan

Selain itu dalam tahap akhir permainan, masuk penjara adalah suatu hal yang akan membahagiakan. Hal tersebut di karenakan kamu tidak perlu membayar sewa dari properti yang di miliki oleh pemain lain. Dengan begitu kamu juga akan tetap bisa mendapatkan uang sewa dari pemain lain meskipun sedang di penjara.


Itulah aturan dan strategi memenangkan permainan Monopoli yang bisa kamu praktekkan. Kemenangan yang akan kamu dapatkan tentu sangat berpengaruh pada strategi yang kamu terapkan dalam permainan. Di mana kamu harus bisa mendapatkan properti di tempat yang strategis agar penghasilan dari biaya sewa juga semakin tinggi.***

Baca Juga:  Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat