Cara Mudah Cek Saldo E Toll, Bisa Lewat HP !

Cara Mudah Cek Saldo E Toll – Jika Anda sering melewati jalan tol, kartu e-toll adalah barang yang harus Anda miliki. Mereka membantu Anda membayar biaya tol di berbagai wilayah Indonesia.

Pembayaran nontunai di pintu tol dapat dilakukan dengan beberapa cara, termasuk menggunakan kartu e-toll dan berbagai jenis kartu e-money bank. Untuk mengetahui cara mengecek saldo kartu e-toll, ikuti langkah-langkah berikut:

Cara Cek Saldo E Toll

Untuk melihat saldo Anda, Anda dapat mengakses aplikasi Livin dari Bank Mandiri dengan cara ini:

  • Lihat apakah HP Anda sudah memiliki fitur NFC (Near Field Communication) yang diaktifkan.
  • Kemudian, buka aplikasi Livin milik Mandiri dan masuk dengan akun Anda.
  • Setelah masuk, pilih menu e-money dan pilih menu “Lihat Saldo”. Tempelkan kartu di belakang HP Anda dan tunggu beberapa saat sampai saldo e-toll Anda muncul di layar.

1. Menggunakan MBanking

Jika Anda mengalami kesulitan menemukan ATM dengan layana e-money, Anda juga dapat menggunakan M-banking untuk mengecek saldo ATM. Untuk melakukan cara ini, Anda harus memiliki akun M-banking terlebih dahulu. Langkah-langkah untuk melakukan pengecekan saldo ATM melalui M-banking adalah:

  • Untuk berbagai transaksi, buka aplikasi M-banking yang biasa Anda gunakan.
  • Pastikan akun yang Anda gunakan masih aktif.
  • Setelah Anda menemukan menu “Uang Elektronik”, pilih “Informasi Saldo”. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor 16 digit yang terlihat pada bagian depan kartu e-toll.
  • Masukkan nomor tersebut dengan benar agar tidak ada angka yang keliru.
  • Terakhir, layar akan muncul dengan informasi saldo e-toll Anda setelah Anda mengklik tombol “Kirim”.

2. Melalui ATM

Jika ponsel Anda belum mendukung fitur NFC, Anda dapat mengecek saldo e toll melalui ATM yang memiliki logo e-money khusus. Cara mengeceknya adalah sebagai berikut:

  • Temui ATM dengan logo e-money. Klik tombol hijau dan cari menu “e-money”.
  • Pilih “Cek Saldo” dan tempelkan kartu ATM.
  • Kemudian, klik menu “Informasi Saldo” dan tunggu beberapa saat hingga ATM menampilkan informasi saldo e-toll.

3. Melalui Minimarket

Minimarket seperti Indomaret dan Alfamart biasanya menyediakan mesin EDC untuk mengecek saldo kartu. Ini adalah cara selanjutnya untuk mengecek saldo e toll. Karena banyaknya minimarket di sekitar rumah, metode ini mungkin yang paling mudah.

Anda hanya perlu memberi tahu petugas kasir di minimarket bahwa mereka akan mengecek saldo e-toll; setelah itu, mereka akan membantu Anda mengecek saldo kartu Anda. Anda juga dapat mengisi saldo e-toll secara terpisah di toko. Ada perbedaan antara Rp1.000 dan Rp2.000 untuk biaya administrasi.

4. Melalui Bank Penerbit

Bank penerbit kartu terdekat adalah cara lain untuk mengetahui saldo e-toll Anda. Untuk mengetahui cara mengecek saldo e-toll bank Anda, mintalah bantuan staf layanan pelanggan.

Pengecekan di minimarket dengan metode ini hampir sama, tetapi Anda harus menunggu agak lama di bank. Jika Anda ingin lebih cepat, ada metode alternatif.

Baca Juga :

***