Cara Mudah Pasang NFC di HP Non NFC

Cara pasang NFC di HP Non NFC – Untuk menyambungkan dua perangkat pada jarak dekat, fitur HP yang di sebut NFC (Near Field Communication) hanya tersedia pada HP kelas atas. Pemilik lain HP yang tidak memiliki fitur ini harus tahu cara menggunakannya.

NFC akan semakin di butuhkan ke depannya untuk mendukung aplikasi pembayaran digital non kontak. Jika perangkat seluler Anda belum memiliki fitur NFC, pemilik akan di beritahu tentang apa yang harus mereka lakukan.

Cara pasang NFC di HP Non NFC

Tidak mungkin untuk menggunakan NFC di HP yang tidak memiliki fitur ini. Namun, pengguna dapat menambahkan NFC ke HP yang tidak memiliki fitur ini sebelumnya. Ini dapat di terapkan pada beberapa merek dan tipe ponsel tertentu.

Pemasangan perangkat keras atau perangkat lunak dapat di gunakan untuk menambah NFC ke ponsel. Namun, sebelum menggunakan metode pasang NFC di HP Non NFC, pastikan ponsel Anda mendukung fitur NFC.

Tidak ada alasan bahwa ponsel tidak mendukung NFC tidak akan memiliki fitur tambahan. Anda dapat memasang NFC pada ponsel non-NFC dengan hardware tambahan. Untuk memasang NFC di HP yang tidak NFC, di perlukan perangkat keras yang di sertakan. Menggunakan adaptor NFC eksternal, Micro SD, dan stiker NFC adalah tiga opsi.

1. Adaptor NFC Eksternal

Karena tidak perlu membongkar bagian dalam ponsel untuk menambahkan fitur NFC, penggunaan adaptor NFC eksternal adalah metode yang paling umum. Jika ponsel tidak menggunakan NFC, pemilik ponsel dapat dengan mudah melepas adaptor dan memasangnya kembali saat di perlukan. Cara menggunakan adaptor NFC eksternal adalah sebagai berikut:

  • Siapkan ponsel dan adaptor NFC eksternal. Ikuti instruksi untuk menyambungkan ponsel ke adaptor.
  • Tunggulah hingga kedua perangkat terhubung. Setelah terhubung, ponsel dapat di gunakan untuk mengirim data melalui NFC.
  • Setelah transaksi selesai, notifikasi akan muncul yang menunjukkan bahwa fungsi NFC telah berhasil di gunakan.

Meskipun metode memasang NFC menggunakan adaptor NFC eksternal sederhana, metode ini memiliki kekurangan: adaptor tersebut mahal.

2. Micro SD

Merek Micro SD yang dapat di pasang NFC berbeda dengan merek biasa. Netcom, Optelio Gemalto, Device Fidelity, Tyfone, dan Credense adalah beberapa merek yang paling umum. Ini adalah cara untuk menggunakannya:

  • Pemilik ponsel dapat memilih salah satu merek yang telah di sebutkan sebelumnya setelah mempersiapkan Micro SD yang di perlukan.
  • Pasang Micro SD untuk NFC ke dalam ponsel; ambil Micro SD yang sudah ada pada ponsel dan ganti dengan yang NFC.
  • Jika ponsel berjenis dual SIM, pasangkan Micro SD NFC ke slot kartu SIM kedua. Setelah Micro SD terpasang, nyalakan ponsel.
  • Dengan demikian, Anda dapat terhubung ke ponsel mana pun dengan fitur NFC yang aktif.

Pengguna dapat menggunakan Micro SD untuk melakukan pembayaran. Sayangnya, Micro SD NFC masih langka di Indonesia.

3. Stiker NFC

Stiker NFC dapat melakukan aktivitas NFC, seperti yang di klaim oleh Samsung, yang dapat membantu pengguna melakukan hal-hal seperti mengirimkan pesan, mengunjungi situs web, membuka aplikasi, dan tugas lainnya. Telkomsel, juga di kenal sebagai T-Cash, menyediakan stiker NFC untuk transaksi di toko dan aplikasi pembayaran Telkomsel.

Baca Juga :

***