Cara Pasang Kabel LAN untuk Pemula, Step by Step !

Cara Pasang Kabel LAN – Berbagai inovasi dalam teknologi informasi dan komunikasi menunjukkan kemajuan teknologi modern, terutama dalam bidang komunikasi. Kehadiran Internet adalah salah satu hasilnya. Banyak orang menggunakan WiFi sebagai alternatif untuk mengakses internet di rumah atau perkantoran mereka. Banyak orang juga menggunakan kabel LAN sebagai alternatif.

Kabel yang di gunakan untuk menghubungkan lebih dari satu perangkat ke jaringan lokal (LAN) di kenal sebagai kabel area lokal. Selain itu, kabel LAN dapat di gunakan untuk menghubungkan PC atau laptop dengan perangkat tambahan, seperti TV, router, dan printer. Karena kabel LAN tidak sama dengan kabel yang di hubungkan ke printer, pemasangannya harus di lakukan dengan hati-hati.

Cara Pasang Kabel LAN

Langkah 1, Pahami Urutan Warna Kabel LAN

Sebelum Anda mulai memasang kabel, pastikan urutan warna kabel LAN benar. Jika tidak, kabel tidak akan berfungsi dengan baik.

1. Kabel Straight

Jenis kabel straight ini biasanya di gunakan untuk menghubungkan PC atau laptop dengan router internet. Jika Anda menggunakan layanan pemasangan jaringan LAN, pastikan bahwa mereka menggunakan kabel straight, karena kedua konektornya memiliki urutan warna yang sama: Putih-Orange, Orange, Putih-Hijau, Biru, Putih-Biru, Hijau, Putih-Cokelat, Cokelat

2. Kabel Cross

Namun, jenis kabel LAN yang biasa di gunakan untuk menghubungkan router adalah kabel cross-over, dan urutan warnanya adalah :

Konektor 1 : Putih-Orange, Orange, Putih-Hijau, Biru, Putih-Biru, Hijau, Putih-Cokelat, Cokelat.
Konektor 2 : Putih-Orange, Hijau, Putih-Hijau, Biru, Putih-Biru, Orange, Putih-Cokelat, Cokelat.

3. Kabel Roll Over

Selanjutnya, kabel roll-over, yang biasanya di gunakan untuk menghubungkan jaringan ke perangkat eksternal, ada di sana. Misalnya, ketika Anda menghubungkan printer atau proyektor ke switch. Urutan warnanya adalah sebagai berikut:

Konektor 1 : Putih-Orange, Orange, Putih-Hijau, Biru, Putih-Biru, Hijau, Putih-Cokelat, Cokelat.
Konektor 2 : Cokelat, Putih-Cokelat, Hijau, Putih-Biru, Biru, Putih-Hijau, Orange, Putih-Orange.

Langkah 2, Siapkan Konektor

Pemasangan kabel LAN juga membutuhkan dua konektor untuk setiap perangkat yang di sambungkan. Dua jenis konektor yang biasa di gunakan adalah RJ-45 dan RJ-11. Sementara konektor RJ-11 biasanya di gunakan untuk kabel modem, ADSL, telepon rumah, dan lainnya, konektor LAN RJ-45 biasanya di gunakan untuk jaringan komputer karena memiliki 6 pin, yang menunjukkan jumlah kabel inti pada kabel LAN.

Anda dapat menggunakan konektor LAN RJ-45 di lokasi ini karena jenis kabel ini telah menjadi standar Universal Service Ordering Code (USOC). Ini berarti bahwa semua perangkat, termasuk laptop, PC, router, dan perangkat networking lainnya, memiliki port ethernet yang distandarkan dengan konektor RJ-45.

Langkah 3, Pemasangan Kabel

Setelah mengetahui urutan warna kabel dan memastikan bahwa semuanya benar, ikuti prosedur pemasangan kabel LAN yang tepat di bawah ini:

  • Dengan menggunakan tang crimping, kupas selubung kabel dan lihat susunan warna-warna di dalamnya.
  • Atur susunan warna kabel sesuai dengan fungsinya.
  • Masukkan kabel ke konektor RJ-45 dan kepalanya ke tang crimping. Pastikan kabel berada di jalur yang benar. Setelah Anda melakukannya, tekan tuas tang dengan kuat sampai Anda mendengar bunyi “klik”.
  • Untuk memastikan bahwa pemasangan kabel LAN sudah tepat, gunakan alat tester kabel LAN.

Langkah 4, Lakukan Konfigurasi

Setelah kabel LAN terpasang, hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah memastikan bahwa kabel berfungsi dengan baik. Jika Anda memasang kabel LAN untuk menghubungkan perangkat PC atau laptop ke internet, Anda dapat mengatur konfigurasinya seperti berikut:

  • Pastikan PC atau laptop Anda dan router memiliki konektor terpasang.
  • Setelah menyalakan komputer atau laptop Anda, buka menu Konfigurasi Jaringan dan Internet.
  • Cari opsi “Jaringan dan Internet”, klik kanan pada “Ethernet” dan pilih “Properties”.
  • Pilih “Internet Protocol Version 4” dan klik “Obtain an IP address automatically”.
  • Setelah itu, klik “OK”.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda akan dapat membuka program browser yang biasa Anda gunakan di PC atau laptop. Setelah itu, Anda dapat mencoba melakukan pencarian melalui web browser, seperti Google. Jika koneksi internet Anda stabil, itu menunjukkan bahwa kabel LAN Anda berfungsi dengan baik dan Anda telah terhubung ke jaringan internet.

Baca Juga :

***