Cara Mudah Cek Versi Python di CMD untuk Pemula

Cek Versi Python di CMD – Apakah Anda seorang pengguna Python yang sering menggunakan terminal atau prompt komando Windows? Jika Anda melakukannya, Anda pasti harus tahu cara mengetahui apakah Python sudah terpasang dan versi Python yang di gunakan pada sistem. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara cek Python di CMD dan versi Python di CMD.

Program utilitas Command Prompt, juga di kenal sebagai CMD, dapat di gunakan untuk memasukkan perintah ke dalam sistem operasi Windows. CMD biasanya di gunakan oleh pengguna untuk mempercepat pekerjaan atau melakukan tugas yang tidak dapat di lakukan dengan antarmuka grafis.

Apa itu Python?

Python adalah bahasa pemrograman multifungsi yang dapat di gunakan pada hampir semua arsitektur sistem, mulai dari pengembangan web hingga pembelajaran mesin. Selain itu, ia dapat di gunakan untuk berbagai aplikasi yang berkaitan dengan berbagai domain. Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer karena keserbagunaan dan kemudahan pembelajarannya.

Keunggulan Bahasa Python

1. Gratis dan Open-Source

Python Software Foundation adalah organisasi nonprofit yang memegang hak kekayaan intelektual atas bahasa open-source tersebut. Bahkan jika di gunakan untuk tujuan komersial, siapa saja dapat menggunakan dan mendistribusikan Python secara gratis, asalkan memiliki komputer dan keinginan untuk belajar.

Untuk mendownload versi terbaru Python, kunjungi website resmi Python, pilih Downloads di navigasi bar, lalu klik tombol “Download Python”. Python tersedia untuk sistem operasi lain, seperti Linux dan macOS.

2. Mudah Dipelajari

Pemula mungkin kesulitan memahami cara kerja bahasa pemrograman secara umum selama proses belajar coding, terutama jika bahasa asli mereka sangat berbeda. Python adalah salah satu bahasa pemrograman termudah untuk dipelajari dengan sintaksis sederhana dengan banyak kata kunci dalam bahasa Inggris. Desain sederhananya membuatnya lebih mudah digunakan dibandingkan dengan bahasa seperti C++ dan Haskell.

Selain kesederhanaan dan konsistensinya, sifat Python sebagai bahasa pemrograman yang di terjemahkan (interpreted), tidak seperti bahasa compiled seperti C atau C++. Ini membuatnya lebih mudah di gunakan.

Cara cek versi Python di CMD

Cara menggunakan CMD untuk mengetahui apakah Python sudah terpasang di sistem anda adalah sebagai berikut:

Untuk membuka CMD, cari “CMD” di kolom pencarian Windows. Klik kanan pada “Command Prompt” yang muncul, lalu pilih “Run as administrator”. Dalam CMD, ketikkan “python” dan tekan enter.

Mengetahui cara untuk mengetahui apakah Python sudah terpasang adalah penting. Anda juga harus tahu cara untuk mengetahui versi Python yang sedang di gunakan pada sistem. Cara berikut untuk mengecek versi Python di CMD:

Untuk membuka CMD, gunakan metode yang sama yang di sebutkan di atas untuk memeriksa Python di CMD. Ketikkan perintah python –version pada CMD dan tekan enter.

Fungsi Python yang Umum digunakan

1. Pengembangan Web

Python biasanya digunakan untuk membuat back-end situs atau aplikasi, yaitu komponen yang tidak dapat di lihat pengguna. Mengirim data ke server, memproses data dan berkomunikasi dengan server, perutean URL, dan menjaga keamanan situs adalah beberapa tugasnya dalam pengembangan web. Selain itu, ada framework pengembangan web seperti Flask dan Django di dalamnya.

2. Data Analisis dan Pengajaran Mesin

Python adalah alat penting dalam ilmu data. Analisis data memungkinkan melakukan perhitungan statistik yang kompleks, membuat visualisasi data, dan membuat algoritma pengajaran mesin. Selain itu, data dapat di manipulasi, dianalisis, dan diselesaikan berbagai tugas lain yang berkaitan dengan data. Selain itu, ia dapat membantu dalam pembuatan berbagai visualisasi data, seperti diagram lingkaran, histogram, garis dan batang grafik, dan sebagainya.

Baca Juga :

***