Pengertian, Mode Operasi, Keuntungan Belajar Python

Mode Operasi Python – Karena banyaknya perusahaan di berbagai industri dan bidang lain, Python sekarang menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer. Bahasa ini juga mempercepat pekerjaan praktisi data. Karena mudah di bacanya kode dan memiliki jumlah baris kode yang lebih sedikit daripada bahasa pemrograman lain, Python dianggap sebagai bahasa komputer tingkat tinggi yang di sukai oleh penggemar data.

Kode python berisi berbagai jenis instruksi, di kenal sebagai sintaks dan semantik. Oleh karena itu, sintaks dapat di masukkan ke dalam program komputer dan direspons oleh perubahan sistem atau oleh pemrograman saat ini. Semua ini di lakukan oleh bahasa pemrograman python saat ini. Python juga memiliki mode operasi di dalamnya. Jangan lewatkan artikel berikut karena kami akan membahas semua mode operasi dalam bahasa python ini.

Mode Operasi pada Python

1. Mode Operasi Idle

Integrated Development and Learning Environment adalah kepanjangan dari idle. Secara sederhana, idle adalah teks editor bawaan yang dimiliki oleh python. Saat Anda menginstall python, idle akan terinstall dengan sendirinya tanpa perlu menginstall lagi. Dengan menggunakan idle ini, Anda dapat menjalankan kode python dalam mode interaktif atau dalam mode script.

2. Mode Operasi Script

Mode selanjutnya adalah mode scripting. Dalam mode ini, pengguna dapat menulis program python langsung ke dalam file. Kemudian file tersebut dapat disimpan dan dieksekusi dengan menggunakan Command Prompt. Ini memungkinkan Anda melihat kode kapan saja dan mengeditnya sewaktu-waktu. Menulis potongan kode yang panjang adalah tugas yang ideal dengan mode ini. Selain itu, pengguna hanya dapat membuka IDE (Integrated Development Environment).

3. Mode Operasi Interaktif

Dalam python, mode operasi pertama adalah mode operasi interaktif. Ini adalah fasilitas atau fitur yang ditawarkan oleh python yang burguna untuk menulis kode secara interaktif. Ada banyak nama untuk mode ini, seperti shell, konsol, REPL (Read, Eval, Print, dan Loop). Uji coba dalam suatu fungsi, eksperimen modul tertentu, dan hal-hal lainnya juga dapat dilakukan dengan mode ini. Mode ini juga sangat membantu pemula dalam python karena akan membantu mereka mengevaluasi kode baris demi baris dan memahami eksekusinya.

Keuntungan belajar Python

Python adalah bahasa pemrograman yang harus di pelajari jika Anda ingin mempelajarinya. Mengapa hal ini terjadi? Apa saja keuntungan dari mempelajarinya?

1. Sangat mudah di pahami

Python mudah di gunakan, yang merupakan manfaatnya. Ini tidak hanya mudah di gunakan, tetapi juga mudah di pahami. Sintaksnya di tulis dalam bahasa Inggris, jadi mudah di pahami. Selain itu, ia memiliki kemampuan untuk menangani masalah yang rumit. Selain itu, fiturnya gratis dan open-source.

2. Digunakan dalam berbagai industri

Bahasa pemrograman ini di gunakan oleh banyak industri karena fleksibilitasnya. tidak hanya terbatas pada ilmu data, tetapi juga di bidang ekonomi dan perdagangan; komputasi ilmiah dan matematis; pengembangan website; otomatisasi dan administrasi sistem; grafik komputer; dan pengembangan game dasar.

3. Sangat fleksibel

Python sangat fleksibel dan mudah dipelajari. Dengan lebih dari 125.000 repositori pihak ketiga, Anda dapat menggunakannya untuk pemrosesan website, pembelajaran mesin, bahkan biologi. Selain itu, banyak orang yang suka menggunakan library data yang berfokus pada data seperti pandas, NumPy, dan matplotlib karena memproses, mengubah, dan menampilkan data dengan mudah.

Baca Juga :

***