Syarat, Cara, dan Keuntungan Menjadi Agen Shopee

Cara menjadi Agen Shopee – Shopee adalah situs e-commerce hebat yang menawarkan banyak keuntungan. Anda tidak hanya bisa menjual produk, tetapi juga mendaftar sebagai agen Toko. Menariknya, program yang di tawarkan Shopee juga bisa di jalankan oleh pembeli.

Namun, Anda harus memenuhi berbagai persyaratan untuk menjadi agen. Padahal, lembaga tersebut wajib melakukan proses registrasi dan pelatihan sebelum mulai beroperasi. Lalu apa sebenarnya tugas agen ini dan bagaimana cara mendaftarnya? Simak ulasan berikut ini. 

Apa itu Agen Shopee?

Jika membahas arti kata tersebut, agen di identikkan dengan perusahaan perantara. Dalam hal ini agen bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli di aplikasi Shopee. Dengan demikian, penjual yang memasarkan produknya melalui Shopee dapat mengantarkan barangnya ke agen di tempat tujuan.

Dengan program ini, barang yang di beli tidak langsung dikirim ke alamat pembeli. Namun barang dikirim ke alamat dealer. Dengan demikian, pembeli bisa menerima barang langsung dari agen terdekat dengan alamatnya.

Program reseller Shopee ini memberikan kemudahan bagi pembeli yang sibuk dan tidak ada orang di rumah untuk menerima paketnya dengan mudah. Jadi ketika pulang kerja, Anda bisa langsung mendatangi dealer untuk mengambil barangnya. Dengan begitu, paket akan lebih aman sampai ke tangan pembeli.

Ditambah lagi, ada manfaat yang bisa di dapat darinya. Keuntungan yang bisa diterima Agen Toko antara lain: 

  • Dapatkan komisi atas paket yang dikirim.
  • Memulai bisnis dan menghasilkan keuntungan tanpa modal. Memang yang perlu di siapkan hanyalah dokumen-dokumen persyaratan yang ditentukan oleh pihak Toko.
  • Dapatkan keuntungan ekstra dengan mengundang orang lain untuk menggunakan layanan keagenan saat membeli produk dari Toko. 

Syarat Menjadi Agen Shopee

Agen akan membantu penjual mengatur agar paket dikirim sebelum pembeli menerimanya. Oleh karena itu, banyak kondisi berbeda yang harus di penuhi. Tidak semua pembeli atau penjual yang memiliki akun bisa menjadi agen. Ada proses registrasi yang harus di selesaikan.

Setiap pendaftar akan langsung di pilih oleh tim Shopee untuk menjadi salah satu agennya. Apabila kriteria tersebut tidak terpenuhi, maka tim Shopee berhak menarik kembali perjanjian kerjasama antara ketentuan yang di ajukan, khususnya sebagai berikut:

  • Terdapat ruangan yang dapat di gunakan sebagai ruang penyimpanan. Luas yang di sarankan adalah 12 meter persegi.
  • Berhak menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan paket dan penerimanya.
  • Memiliki akses internet dan memiliki komputer untuk menunjang operasional sehari-hari.
  • Bersedia menerima banner Toko untuk dipasang secara mandiri sebagai salah satu tanda dari instansi. 

Cara Menjadi Agen Shopee

Langkah 1, Proses pendaftaran

Pastikan Anda telah memenuhi semua ketentuan lanjutan Toko. Kemudian selesaikan pendaftaran dengan mengisi dan menyerahkan formulir. Segala proses pendaftaran dan dokumen yang harus di persiapkan bisa langsung Anda cek melalui website resmi Toko.

Singkatnya, proses pendaftaran yang harus di ikuti meliputi:

  • Isi formulir yang telah di siapkan tim Shopee.
  • Kirimkan formulir dan dokumen lain yang di perlukan ke Shopee. Menunggu verifikasi dari tim Shopee mengenai formulir dan dokumen yang di serahkan.
  • Tim Shopee akan mengkonfirmasi kelayakan dokumen yang di serahkan.
  • Konfirmasi akan dilakukan dalam waktu 3 x 24 hari kerja.
  • Jika dikonfirmasi, calon agen akan menandatangani perjanjian kerja antara tim Shopee dan pemilik agen Toko.
  • Proses registrasi selesai dan pemilik dealer dapat memulai pelatihan.

Langkah 2, Proses Pelatihan

Pelatihan akan di mulai beberapa hari setelah kedua pihak menandatangani surat tersebut. Agen kemudian akan di hubungi lagi untuk memulai pelatihan. Namun pelatihan juga bisa langsung di lakukan setelah proses penandatanganan.

Oleh karena itu, pemilik badan harus mempunyai pemahaman yang jelas tentang tugas yang akan di laksanakan. Jalur, alur kerja teknis penerimaan barang harus di kuasai oleh agen pemilik barang. Dalam proses pembentukannya, pemilik agen tidak langsung menerima barang konsumsi.

Pemilik dealer akan menerima dokumen dari tim Shopee, termasuk banner dealer yang perlu dipasang. Pelatihan ini berlangsung secara online. Seluruh teknis pekerjaan dealer akan dipraktikkan langsung melalui pelatihan ini sehingga pemilik dealer dapat bekerja tanpa hambatan.

Langkah 3, Mulai Bekerja

Jika pelatihan berjalan dengan baik dan dealer tidak mengalami masalah, agen akan segera mulai bekerja. Paket pembeli yang terletak di sekitar area dealer akan dikirim ke dealer. Oleh karena itu, pembeli cukup menerima paketnya langsung dari dealer. 

Baca Juga :

***