2 Cara Mematikan Talkback di Android untuk Pemula

Cara mematikan Talkback – Pernahkah Anda menyentuh ponsel Anda dan tiba-tiba mengeluarkan suara? Membosankan pasti, nama panggilan yang membosankan banget, geng. Artinya fitur Google TalkBack di ponsel Android Anda telah aktif secara tidak sengaja. Fitur ini biasanya terpasang secara otomatis pada ponsel Android yang Anda beli.

Yang paling menyebalkan adalah terkadang membuat kita panik karena sulit menggunakan ponsel. Karena setiap kita menyentuh layarnya selalu mengeluarkan suara. Tentu saja ada cara untuk menonaktifkan TalkBack di Android Anda. Mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 

Apa Itu Google TalkBack?

Google TalkBack alias Android Accessibility Kit merupakan fitur di Android yang bekerja dengan memutar suara saat pengguna menyentuh layar dan berinteraksi dengan ponselnya. Fitur ini dapat di gunakan untuk membantu pengguna tunanetra mengakses berbagai fitur di ponsel cerdasnya.

Saat fitur ini di aktifkan, seluruh fungsi ponsel cerdas di terjemahkan menjadi umpan balik berupa suara dan getaran. Alhasil, para penyandang tunanetra bisa mengetahui lokasi, jenis, dan cara mengaktifkan fitur-fitur di ponsel pintarnya.

Ketika fitur ini di aktifkan, segala sesuatu yang di sentuh, di pilih, dan di aktifkan pengguna akan di rinci dalam bentuk kata atau suara. Untuk melanjutkan perintah, pengguna harus mengetuk layar dua kali. Pengguna biasa akan mendapatkan pengalaman berbeda saat TalkBack aktif.

Bagi pengguna non-disabilitas, fitur ini mungkin tidak terlalu sering di gunakan. Dan jika Anda menyalakannya, mungkin tidak terlalu familiar hingga sedikit membosankan. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menonaktifkan TalkBack di Android. 

Cara Mematikan Fitur TalkBack di Android

Fitur TalkBack di Android dapat mengeluarkan suara saat pengguna menyentuh layar atau ponselnya saat di aktifkan. Fitur ini memudahkan pengguna penyandang disabilitas seperti tunanetra untuk menggunakannya.

Anda dapat memilih untuk menggunakan fitur ini atau tidak. Jika tidak di gunakan, sebaiknya matikan saja agar tidak panik saat ponsel tidak bisa di gunakan. Setidaknya ada 2 cara yang bisa di lakukan untuk menonaktifkan TalkBack yakni melalui tombol fisik atau menggunakan menu Settings. Berikut adalah beberapa penjelasannya !

1. Menggunakan Tombol Fisik

  • Pastikan terlebih dahulu ponsel dalam keadaan menyala.
  • Kemudian tekan kedua tombol yakni volume up dan down secara bersamaan.
  • Tahan kedua tombol tersebut setidaknya selama 3 detik.
  • Tunggu sampai muncul pemberitahuan atau notifikasi bahwa talkback telah di nonaktifkan.

2. Menggunakan menu Settings

Jika cara di atas tidak berhasil, maka sebagai opsional kamu bisa menggunakan menu Settings. Simak beberapa langkahnya di bawah ini :

  • Langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan masuk ke menu Settings.
  • Cari menu Accessibility.
  • Pilih Accrssibility kemudian klik opsi Talkback.
  • Geser untuk menonaktifkan Talkback

Nah itulah beberapa cara mudah untuk menonaktifkan Talkback diandroid. Kamu bebas menggunakan cara mana saja sesuai dengan keinginan.

Baca Juga :

***