Cara Menonaktifkan Mode Aman atau Safe Mode HP Samsung

Cara menonaktifkan mode aman – Kehadiran smartphone saat ini sudah banyak di miliki oleh masyarakat. Terlepas dari fungsinya yang menunjang produktivitas, nyatanya tidak sedikit smartphone di jual dengan harga terjangkau. Namun tahukah kamu, layaknya PC dan laptop, smartphone juga menyediakan fitur safe mode atau mode aman. Terutama pada hp Samsung, fungsi mode aman terbilang cukup banyak memiliki manfaat.

Saat mode aman HP Samsung di aktifkan, maka secara otomatis sistem akan melakukan integrasi dan mencari perangkat lunak yang sedang mengalami bug atau error. Tidak hanya itu saja, fitur tersebut juga berfungsi untuk mendeteksi aplikasi berbahaya dan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. Sebagai informasi tambahan, jika mode aman HP samsung sedang aktif, maka aplikasi yang bisa beroperasi hanya berasal dari bawaan HP Samsung saja. Sedangkan aplikasi lain seperti WhatsApp tidak bisa di gunakan.

Oleh karena itu banyak pengguna yang kebingungan bagaimana cara menonaktifkan mode aman HP Samsung.

Nah pada artikel kali ini akan di bahas tentang cara menonaktifkan mode aman khusus HP Samsung. Simak ulasan berikut hingga akhir !

Mode aman HP Samsung bisa saja tiba-tiba aktif

Jangan heran jika hp Samsung yang di gunakan tiba-tiba aktif mode amannya. Hal ini di karenakan meskipun kamu tidak merasa mengaktifkan, namun indikasinya adalah sebagai berikut :

  • Tidak sengaja menggeser toggle fitur mode aman.
  • Terdapat aplikasi yang mencurigakan sehingga menyebabkan kegagalan pada sistem.
  • Terdapat bagian error atau rusak pada komponen.
  • Mengizinkan akses untuk software yang bisa mengubah sistem bawaan dari Samsung.

Cara menonaktifkan mode aman HP Samsung

Langsung saja pada pembahasan utama, ada beberapa cara yang bisa di praktekkan untuk menonaktifkan mode aman HP Samsung. Dengan begitu kau bisa menggunakan cara mana saja sesuai keinginan.

1. Restart ulang HP

Kamu bisa melakukan restart ulang pada HP untuk menonaktifkan mode aman HP Samsung. Terlebih cara yang bisa di praktekkan terbilang cukup mudah yakni hanya dengan menekan tombol power hingga muncul menu restart. Kemudian klik Restart dan tunggu beberapa saat. Setelah proses restart selesai, biasanya bagian program yang error akan kembali normal.

2. Restart paksa HP

Jika cara pertama yang di lakukan masih tidak bisa menonaktifkan mode aman HP Samsung, maka kamu bisa menggunakan alternatif lainnya. Gunakan kombinasi antara tombol power + volume bagian bawah. Kemudian tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan lalu tahan hingga setidaknya 5 detik.

3. Melalui notifikasi

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk menonaktifkan mode aman HP Samsung adalah melalui notifikasi. Di mana saat HP Samsung sedang dalam aktif mode aman, maka biasanya akan muncul notifikasi di panel yang muncul. Klik pada notifikasi tersebut, kemudian setelah muncul pop up, maka kamu bisa klik matikan.

4. Reset pabrik

Cara terakhir yang bisa di lakukan untuk menonaktifkan safe mode HP Samsung adalah dengan reset pabrik. Memungkinkan semua pengaturan HP kembali seperti awal saat membelinya. Namun yang perlu di ketahui adalah reset pabrik memungkinkan semua data terhapus. Sehingga pastikan kamu sudah melakukan pencadangan atau backup terlebih dahulu.

Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan mode aman HP Samsung. Jika semua cara sudah dilakukan namun tidak ada perubahan, maka ada baiknya agar kamu membawa ke Service Center. Biasanya pihak Service Center akan mengetahui permasalahan apa yang terjadi.

Baca Juga :

***