3 Cara Mudah Mengembalikan HP yang Tidak Sengaja Kereset

Cara mengembalikan HP yang kereset – Dalam beberapa kasus, terkadang kita perlu melakukan reset hp. Namun tidak jarang juga hp kereset secara tidak sengaja yang mengaktibatkan semua data menjadi hilang. Jika hal tersebut, maka ini bisa menjadi masalah tersendiri bagi pengguna HP. Bagaimana tidak, bisa saja di hp tersebut terdapat banyak data penting yang di butuhkan. Nah untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa di praktekkan. Simak artikel berikut ini hingga akhir !

Perbedaan reset dan restart

Sebelum mengembalikan hp yang kereset, ada baiknya untuk kamu mengetahui lebih dulu apa perbedaan antara reset dan restart. Reset sendiri biasanya di gunakan untuk menghapus atau mengembalikan semua data yang add di laptop agar hp dalam keadaan bersih seperti awal membeli. Oleh karena itu saat kamu melakukan reset, maka file secara otomatis akan terhapus dan hanya menyisakan aplikasi bawaan saja.

Berbeda dengan reset, restart adalah cara yang di gunakan untuk memulai kembali sistem pada hp. Di mana caranya kerjanya sendiri akan mematikan sistem HP dan hidup kembali secara otomatis.

Manfaat reset HP

Bukan tanpa alasan, melakukan reset hp tentu ada manfaatnya tersendiri. Berikut adalah beberapa manfaatnya :

  • Menghapus virus atau malware yang ada di HP
  • Memungkinkan performa HP berjalan lebih maksimal
  • Membersihkan file yang tidak berguna
  • Membuat memori penyimpanan menjadi lebih longgar

Cara mengembalikan HP yang kereset

Saat hp tidak sengaja kereset, maka tampilannya akan seperti HP yang baru beli. Sehingga kamu perlu menginstal ulang aplikasi yang di butuhkan. Namun seiring berjalannya waktu, mengembalikan hp yang kereset bisa di lakukan dengan mudah. Simak beberapa langkah di bawah ini :

1. Sinkronkan akun Google

Jika data penting yang di miliki sudah terhapus, maka kamu bisa memanfaatkan akun Google. Namun pastikan terlebih dahulu akun Google sudah di sinkronkan untuk semua data yang ada di hp. Sehingga jika hp kereset secara tidak sengaja, maka kamu bisa mengatur akun Google kembali.

2. Melalui menu Pengaturan

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk mengembalikan HP yang kereset adalah melalui menu Pengaturan. Masuk ke menu Settings kemudian pilih Accounts > Add Account. Selanjutya lakukan login ke akun Google yang sebelumnya di gunakan. Terakhir kamu bisa menyingkronkan akun Google di HP.

3. Menggunakan aplikasi tambahan

Jika cara di atas masih tidak bisa mengembalikan kondisi hp sebelum kereset. Maka langkah berikutnya adalah dengan aplikasi tambahan. Terlebih saat ini sudah ada banyak aplikasi yang bisa di manfaatkan seperti salah satunya adalah Gihosoft Android Recovery. Instal aplikasi tersebut di PC maupun laptop. Kemudian sambungkan hp ke PC dan laptop menggunakan USB. Nantinya aplikasi tersebut akan bekerja mengembalikan file penting yang terhapus.

Download aplikasi Gihisoft Android Recovery

Nah itulah beberapa cara mengembalikan HP yang tidak sengaja kereset. Selain itu sebagai informasi tambahan, sebenarnya tidak ada cara pasti agar HP bisa kembali seperti sebelum di reset. Oleh karena itu pastikan agar kamu lebih berhati-hati sebelum melakukan reset.

Baca Juga :

***