Cara Menghidupkan HP Tanpa Menggunakan Tombol Power

Cara menghidupkan HP tanpa tombol power – Smartphone saat ini biasanya di hidupkan menggunakan tombol power yang berada di sisi samping perangkat. Namun bagaimana jika tombol power tersebut mengalami kerusakan. Apakah bisa tetap menghidupkan hp tanpa menggunakan tombol power? Terlebih jika tombol power sudah rusak, maka kamu akan mengalami kesulitan saat ingin merestart dan menyalakan HP yang memang sudah mati.

Nah membahas tentang tombol power yang rusak, pada artikel kali ini akan di berikan beberapa alternatif yang bisa di lakukan untuk menghidupkan HP tanpa harus menggunakan tombol power. Simak ulasan berikut hingga akhir !

1. Menggunakan benda lainnya

Alternatif pertama yang bisa di lakukan untuk menghidupkan HP tanpa menggunakan tombol power adalah dengan benda lain. Di mana dalam beberapa kasus, tombol power yang rusak atau tidak berfungsi disebabkan oleh bagian cover yang sudah hilang dan hanya menyisakan karet di dalamnya.

Jika hp kamu dalam keadaan demikian, maka kamu bisa memanfaatkan tusuk gigi, sim card ejector, atau yang sejenisnya. Namun lebih di sarankan agar menggunakan benda yang ujungnya sudah tumpul alias tidak lancip seperti jarum.

2. Sambungkan dengan charger atau powerbank

Langkah berikutnya yang bisa di lakukan untuk menghidupkan HP tanpa menggunakan tombol power adalah dengan mengisi daya baik menggunakan charger maupun powerbank. Biasanya jika memang hp sedang dalam keadaan baik atau menyala, maka layar akan otomatis menyala saat di charge. Jka sudah nyala, maka selanjutnya kamu bisa membuka layar kunci.

3. Memanfaatkan tombol lain

Kamu bisa memanfaatkan tombol lain untuk menghidupkan HP. Adapun biasanya tombol HP tidak hanya tombol power saja melainkan juga terdapat tombol volume. Namun cara ini harus memenuhi syarat terlebih dahulu. Adapun syaratnya adalah kamu sudah berhasil menghidupkan sekali saja HP menggunakan cara pertama maupun kedua.

Jika tombol power sudah dalam keadaan rusak namun kamu masih bisa membuka menu hp, maka selanjutnya adalah download dan instal aplikasi Power Button to Volume Button di Playstore.

Bukalah aplikasi dan ketuk enable/disable volume power hingga ikon gear berubah warna. Kemudian aktifkan boot dan screen off dengan tombol volume sebagai pengganti. Terakhir lakukan restart hp.

4. Menggunakan fitur Double Tap

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk mengaktifkan HP tanpa tombol power adalah menggunakan fitur double tap. Di mana mamungkinkan kamu hanya perlu mengetuk layar sebanyak 2 kali dalam keadaan mati. Hanya saja, tidak semua android di bekali oleh fitur tersebut. Jika kamu menggunakan HP terbaru, berikut adalah beberapa langkahnya :

  • Download dan instal aplikasi Double Tap Screen On and Off.
  • Kemudian bukalah aplikasi.
  • Aktifkan opsi Double tap to screen on.
  • Klik ok. dan aktifkan izin device administrator.
  • Kemudian klik screen off untuk mematikan layar.

Demikian beberapa cara mudah yang bisa di praktekkan untuk menghidupkan HP tanpa menggunakan tombol power. Selain itu kamu bebas menggunakan cara mana saja sesuai dengan keinginan. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***