5 Cara Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Disentuh

Mengatasi layar hp yang tidak bisa disentuh. Ada banyak penyebab kenapa layar HP tiba-tiba tidak bisa di sentuh. Jika hal ini sudah terjadi, maka rasanya akan sangat menyebalkan karena mungkin kamu tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Adapun penggunaan HP terutama smartphone sekarang di dominasi oleh layar sentuh. Sehingga jika layar tiba-tiba tidak bisa di sentuh maka secara otomatis kamu tidak bisa menggunakan hp sepenuhnya.

Lalu bagaimana cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh? Nah pada artikel kali ini akan di berikan beberapa penjelasannya untuk dipraktekkan !

Cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh

Sebelum kamu mempraktekkan bagaimana cara mengatasi layar HP yang tidak bisa disentuh, ada baiknya untuk mengetahui lebih dulu apa yang menjadi penyebabnya. Namun secara umum, faktor yang menyebabkan masalah layar hp tidak bisa di sentuh yakni di karenakan perangkat terjatuh, tercebur di air, atau tidak sengaja tertimpa benda berat. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya :

1. Restart HP

Langkah paling dasar yang bisa di lakukan saat layar hp tidak bisa di sentuh adalah dengan merestartnya. Adapun restart HP bisa mengembalikan proses yang berjalan di sistem menjadi kembali seperti sedia kala. Terlebih jika masalah layar HP yang tidak bisa di sentuh karena OS sedang bermasalah.

2. Aktifkan Safe Mode

Safe Mode merupakan salah satu alternatif yang bisa di lakukan untuk mengatasi masalah layar hp tidak bisa di sentuh. Selain itu cara mengaktifkannya juga terbilang cukup mudah yakni hanya dengan menekan tombol power selama beberapa detik. Kemudian pilih opsi mode darurat atau mode aman. Namun jika sudah mengaktifkan Safe Mode namun keadaan layar masih belum bisa di sentuh, kemungkinan penyebabnya di karenakan hal lain seperti pada program maupun aplikasi.

3. Keluarkan kartu SIM dari perangkat

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah layar hp tidak bisa disentuh adalah dengan mengeluarkan kartu SIM dari perangkatnya. Layar hp yang tidak bisa di sentuh bisa saja di karenakan terjadi kerusakan pada kartu SIM.

4. Pastikan HP dalam keadaan kering

Biasanya layar hp yang basah bisa menyebabkan layar tidak responsif bahkan hingga berhenti bekerja. Untuk itu, jika kamu mengalaminya, maka tidak ada cara lain selain memastikan hp dalam keadaan kering secara menyeluruh. Selain itu dalam beberapa kasus juga cara ini bisa membutuhkan waktu hingga beberapa hari.

5. Periksa pengunaan memori

Penggunaan memori yang berlebihan bisa menyebabkan layar sentuh di hp menjadi error. Oleh karenanya pastikan kamu membatasi penggunaan memori dengan menghapus beberapa aplikasi agar memberi ruang pada perangkat untuk bisa menjalankan sistem dengan baik.

Itulah beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi masalah layar hp yang tidak bisa disentuh. Dari beberapa cara di atas, pastikan kamu sudah mempraktekkan semua caranya dengan seksama. Selain itu jika layar hp masih tidak bisa bekerja atau di sentuh, maka kemungkinannya adalah kerusakan pada touchscreen dan butuh untuk di ganti baru di service center.

Baca Juga :

***