7 Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Semua Tipe

Pengguna HP Android sering merasa kesal dengan kemunculan iklan pop-up yang tiba-tiba. Untuk itu anda perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan iklan di hp android.

Iklan merupakan cara utama untuk menarik perhatian calon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Namun kemunculannya di layar ponsel membuat kesal karena mengganggu aktivitas. Terkadang kita tidak sengaja mengklik iklan yang nantinya membawa kita menuju website tertentu yang sebenarnya tidak kita harapkan.

Mulai sekarang tak perlu khawatir lagi. Ternyata ada cara mudah menghilangkan iklan yang muncul.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Tiba-Tiba Muncul

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan ikan di hp android, antara lain:

1. Atur Lewat Menu Pengaturan/Setting

Cara mudah pertama untuk menghilangkan iklan, adalah lewat menu Pengaturan/Setting pada ponsel Android. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka menu ‘Pengaturan/Setting’
  2. Pilih menu ‘Aplikasi & Pemberitahuan’
  3. Selanjutnya tap ‘Lanjutan’
  4. Tap ‘Akses Aplikasi Khusus.’
  5. Tap ‘Tampilan aplikasi lain’ atau ‘Display over other apps’. Di dalamnya akan terlihat daftar aplikasi yang memiliki izin untuk menampilkan iklan pop-up
  6. Cek aplikasi yang tidak ingin anda lihat pemberitahuan pop-upnya
  7. Tap nama aplikasi dan geser tombol Izinkan tampilan di atas aplikasi lain’ ke posisi ‘Nonaktif’.
2. Pakai Fitur Play Protect dari Google Play Store

Cara kedua yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan fitur Play Protect dari Google Play Store. Adapun langkah-langkah menghilangkan iklan adalah sebagai berikut:

  1. Buka Google Play Store pada ponsel Android
  2. Di pojok kanan atas, akan muncul tampilan foto pengguna
  3. Selanjutnya tap ikon profile Anda. Lalu pilih menu Play Protect
  4. Tap opsi Setting di kanan atas layar
  5. Pastikan toggle Scan Apps with Play Protect sudah aktif
3. Fitur AdBlock di Security Setting

Cara ketiga adalah menyalakan fitur adblock. Sejumlah handphone Android sudah menyediakan fitur AdBlock di Security Setting ponselnya. Anda hanya perlu mengaktifkannya agar ikan di hp bisa dihilangkan. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pilih icon berbentuk gear atau menu Pengaturan/Settings pada ponsel
  2. Kemudian scroll sampai muncul pilihan menu Security, lalu klik opsi Privacy
  3. Aktifkan pilihan Jangan Izinkan Penginstallan Aplikasi dari Sumber yang Tak Jelas atau Do Not Allow Installations from Unknown Sources
4. Melalui Browser

Jika anda ingin menghilangkan iklan saat menggunakan browser, anda dapat menyalakan fitur adblock. Sejumlah browser handphone seperti Google Chrome, Opera dan UC Browser menyediakan fitur AdBlock sehingga pemilik ponsel tidak akan terganggu ikan saat membukanya. Adapun cara mengaktifkan fiturnya yaitu dengan:

  1. Buka browser pilihan yang akan kamu gunakan.
  2. Pilih menu setting atau pengaturan browser. Gunakan ikon titik tiga untuk Google Chrome, ikon tiga garis untuk UC Browser, dan logo Opera untuk Opera Browser.
  3. Akses menu Adblock atau Pop-ups and Redirects. Tergantung dari menu yang disediakan browser masing-masing.
  4. Nyalakan toggle Pop-up and Redirects atau AdBlock untuk mengaktifkan pemblokiran secara otomatis oleh browser.
5. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Cara kelima adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk membantu menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang mudah Anda temukan. Salah satunya aplikasi aplikasi AdBlock. Cukup download aplikasinya di Google Playstore dan jalankan aplikasi tersebut untuk menghilangkan iklan pop-up yang mengganggu.

6. Hapus Aplikasi Bermasalah

Beberapa aplikasi dapat memberikan iklan pop-up yang berlebihan. Menghapus aplikasi bermasalah tersebut bisa dilakukan untuk menghilangkan iklan di HP. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol daya (power) hingga ponsel mati
  2. Kembali tekan dan tahan tombol daya untuk mengaktifkan perangkat.
  3. Ketika logo ponsel sudah menampakkan logo, segera tekan dan tahan tombol volume bawah (volume down).
  4. Perangkat akan otomatis masuk dalam safe mode atau mode aman. Jika berhasil, akan terlihat tulisan “Safe Search” atau “Mode Aman” di bagian bawah layar.
  5. Selanjutnya hapus aplikasi yang menurut anda bermasalah satu per satu.
  6. Setiap kali selesai menghapus aplikasi, nyalakan ulang perangkat seperti biasa. Lihat apakah menghapus aplikasi tersebut menyelesaikan masalah.
  7. Setelah menghapus aplikasi yang menyebabkan masalah, kamu bisa menambahkan kembali aplikasi lain yang telah dihapus
7. Matikan Koneksi Internet dan Wifi

Cara menghilangkan iklan di HP Android yang terakhir adalah dengan mematikan koneksi internet atau Wifi yang sedang anda gunakan. Jika aplikasi yang anda gunakan dapat digunakan tanpa koneksi internet, anda dapat mematikannya. Dengan demikian iklan-iklan yang mengganggu tidak akan muncul.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan iklan di HP Android yang banyak muncul secara tiba-tiba. Semoga berguna dan bermanfaat.