Tips Menghilangkan Dan Memblokir Iklan Di Android

Epic99.com – Memblokir Iklan Di Android. Seringkali kita merasa terganggu dengan adanya iklan yang muncul di ponsel android. Mungkin hal ini menjadi sangat mengganggu kamu kan? Iklan yang muncul di ponsel android memang umum terjadi. Biasanya iklan tersebut muncul di bagian browser, aplikasi, ataupun game.

Akhir – akhir ini memang sudah banyak pengguna android yang mengeluhkan hal ini. Bayangkan saja sedang seru bermain game tiba – tiba ada iklan pop-up yang muncul, sangat menjengkelkan sekali bukan?

Nah sekarang Epic99 akan kasih jalan keluarnya untuk kamu yang merasa terganggu dengan munculnya iklan pop-up di ponsel android kamu. Akan ada beberapa alternative yang bisa kamu pilih untuk menghapus dan memblokir iklan yang sering muncul di android.

1. Memblokir Iklan Di Android “AdAway”

Kamu bisa menghapus dan memblokir iklan yang ada di ponsel android dengan AdAway. Buat kamu yang belum tahu, AdAway adalah sebuah aplikasi android yang berguna untuk memblokir iklan pada aplikasi yang terpasang di ponsel kamu.

Aplikasi ini memang tidak tersedia di PlayStore di karenakan tidak memperoleh izin dari pihak PlayStorenya. Tapi kamu gak perlu khawatir. AdAway bisa kamu unduh langsung di website resminya.

Namun aplikasi ini hanya bisa berfungsi pada ponsel android yang sudah di root. Jadi jika kamu ingin menggunakan AdAway untuk menghapus iklan di android, pastikan ponsel yang kamu miliki sudah dalam keadaan terroot.

Tutorial Menggunakan AdAway :

  1. Pastikan kamu sudah mendownload aplikasinya disini.
  2. Install dan jalankan AdAway di ponsel android.
  3. Apabila ponsel android kamu sudah dalam keadaan terroot, maka akan secara otomatis aplikasi tersebut update hosts file yang di perlukan. (Namun jika aplikasi kamu tidak dalam keadaan terroot, maka aplikasi ini tidak akan berjalan sama sekali).
  4. Selanjutnya tunggu sampai proses update hosts file selesai.
  5. Jika proses update hosts file telah selesai, selanjutnya kamu pilih ENABLED AD BLOCKING.
  6. Setelah itu ponsel android kamu akan otomatis reboot.
  7. Tunggulah beberapa saat, jika ponsel sudah menunjukkan centang hijau seperti gambar di bawah ini, berarti menandakan bahwa AdAway sudah aktif bekerja untuk memblokir setiap iklan pada aplikasi yang sedang kamu jalankan.

2. Memblokir Iklan Di Android “Magisk Energized”

Selain AdAway, kamu juga bisa menghapus iklan yang selalu muncul di ponsel android kamu menggunakan Magisk. Magisk sendiri merupakan alat untuk mendapatkan root di ponsel android.

Namun sekarang magisk gak cuman sekedar alat root aja lho. Magisk memiliki fitur andalan lain yang salah satunya untuk menghapus dan memblokir iklan yang ada di ponsel android kamu.

Jika tujuan kamu untuk menghapus dan memblokir iklan di android, kamu bisa menggunakan magisk Energized. Nah sebelum itu, kamu bisa mengunduh Energized pro atau kalau kamu mau download versi lengkapnya bisa download file magisk, karena selain kamu akan butuh Energized protection, kamu juga akan butuh module Busybox For Android NDK.

Tutorial Menggunakan Energized :

  1. Sebelum masuk ke tutorial, pastikan juga ponsel androidmu sudah dalam keadaan terroot.
  2. Download Energized pro untuk ponsel android kamu disini.
  3. Atau kamu juga bisa download magisk file untuk bisa sekalian mendownload dan menginstall module Busybox For Android NDK yang dibutuhkan disini.
  4. Install file magisk yang sudah kamu download.
  5. Dalam aplikasi magisk, kamu pilih menu Download dan ketik di pencarian Energized Protection, kemudian download dan install.
  6. Lakukan hal yang sama dengan mendownload Busybox For Android NDK.
  7. Jika kedua module yang di butuhkan sudah terinstall, restart ponsel android kamu.
  8. Selanjutnya masuk lagi ke aplikasi magisk.
  9. Pilih Setting dan aktifkan Systemless Host.
  10. Selanjutnya buka terminal emulator alias termux yang sudah di download.
  11. Pada aplikasi termux, ketiklah code berikut ini satu – persatu.
  12. su (jika muncul pop-up root access, kamu bisa pilih Forever kemudian klik Grant).
  13. energized (Nantinya akan muncul line prompt energized, tunggu sampai muncul Text Your Input).
  14. Jika sudah muncul Text your Input selanjutnya kamu masukkan perintah di bawah ini satu – persatu.
  15. 4
  16. q (untuk keluar dari terminal energized)
  17. exit
  18. exit

Setelah semuanya selesai, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah restart ponsel android kamu. Mulailah menjalankan aplikasi seperti youtube, maka kamu akan melihat hasilnya. Tidak ada iklan yang muncul dalam aplikasi tersebut.

3. Memblokir Iklan Di Android dengan “AdGuard”

AdGuard merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu untuk bisa menghapus iklan di aplikasi, browser, maupun game yang sedang kamu jalankan. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di PlayStore.

Selain bisa menghapus iklan di android, kamu juga bisa mengelola sejauh mana aplikasi memblokir iklan dan pastinya memberikanmu kontrol penuh atas adblocking pada ponsel androidmu. Keren kan??

Tutorial Menggunakan AdGuard :

Sebenarnya menggunakan Adguard ini adalah yang paling mudah, namun aplikasi ini berbayar alias premium. Tapi pastinya sesuai ya dengan kemudahan yang di berikan. Oke langsung saja ke tutorialnya ya.

  1. Download dan install aplikasi adguard versi PlayStore disini.
  2. Buka aplikasi Adguard yang sudah di install.
  3. Kemudian pilih menu Home lalu geser protection ke kanan.
  4. Lalu pilih Setting dan pastikan DNS Filtering dalam keadaan ON.
  5. Pilih DNS Server pada Server Selection, kemudian klik AdGuards DNS.
  6. Selanjutnya kamu masuk lagi ke menu Setting lalu pilih Network dan pastikan https Filtering dalam keadaan ON.
  7. Pada menu Filtering Method, kamu bisa pilih Local VPN.
  8. Dan menu Content Blocking pastikan semuanya dalam keadaan ON.
  9. Aktifkan juga semuanya pada menu Filters.***