Epic99.com – Cara melakukan Instalasi Lineage OS untuk Android. Lineage OS merupakan nama layanan custom dari ROM yang sekaligus menjadi pengganti CyanogenMod. Selain itu, Lineage OS masih tetap menggunakan source code yang di miliki oleh Cyanogen bahkan juga di kelola dengan tim yang sama.

Dalam hal ini, mereka hanya terlihat mengganti nama dan logo saja. Hal ini di karenakan sourcecode beserta orang – orang di dalamnya masih sama dengan CyanogenMod.

Nah, jika kamu merasa kebingungan cara melakukan instalasi ROM Lineage OS, sebenarnya secara umum proses instalasinya masih sama dengan Cyanogen Mod. Di sini Epic99 akan jelaskan prosesnya secara rinci untuk kamu.

1. Apa Itu Lineage OS ?

Untuk kamu yang belum tahu, Lineage OS alias LOS merupakan sistem operasi dengan sumber terbuka yang bebas di gunakan untuk smartphone android. Hanya saja, Lineage baru tersedia untuk perangkat tertentu.

Sistem operasi ini di rilis tepatnya pada tanggal 24 Desember 2016 dan sekaligus menjadi pengganti dari CyanogenMod yang sudah di hentikan penggunaannya.

cara instalasi lineage OS

Lineage OS rilis pertama kali dengan versi 13.0 berbasis android Marshmallow. Hingga kini perilisan terbarunya adalah Lineage OS versi 17.1 yang berbasis android 10.

Selain itu, Lineage OS memiliki dukungan resmi untuk sekitar 130 jenis smartphone yang bisa menggunakan Lineage OS ini. Dengan kategori 29 jenis smartphone untuk pembaruan Lineage OS 17.1 dan 90 smartphone untuk pembaruan Lineage OS 16.0 yang berbasis android Pie.

Hingga kini, Lineage OS sudah memiliki lebih dari 2 juta pengguna aktif di seluruh dunia dalam berbagai perangkat.

2. Cara Instalasi Lineage OS

TWRP for bullhead

Tutorial Instalasi Lineage OS :

  • Sebelum melakukan instalasi Linegae OS pada android, pastikan smartphone kamu sudah dalam kondisi Root.
  • Tidak hanya itu saja, pastikan juga smartphone android kamu sudah terinstall TWRP.
  • Selanjutnya downlooad ROM Lineage OS.
  • Kemudian pilih smartphone kamu yang sesuai.
  • Nantinya kamu akan masuk ke forum di XDA.
  • Jangan lupa juga untuk mendownload GAPPS. Sebenarnya ini hanya optional, apabila kamu nantinya ingin memasang aplikasi dari GooglePlay di open GAPPS.
  • Lalu jika semuanya sudah di download, selanjutnya sambungkan smartphone android dengan komputer dan masuk ke mode ADB.
  • Selanjutnya masuk ke dalam mode recovery TWRP.
  • Jika sudah masuk ke dalam recovery, jangan lupa untuk membersihkan wipe cache dan juga system.
  • Kemudian dalam menu recovery TWRP, klik menu Instal dan pilih ROM Leniage OS yang sudah di download sebelumnya.
  • Tunggu beberapa saat hingga ROM Leniage OS berhasil terinstal.
  • Jika sudah selesai, kembali klik menu instal dengan cara yang sama untuk menginstal Open GAPPS yang sudah di download sebelumnya.
  • Jika keduanya sudah berhasil terinstall, langkah selanjutnya kamu di haruskan untuk melakukan reebot pada smartphone android kamu.
  • Maka nantinya Lineage OS akan secara otmatis melakukan konfigurasi system.
Baca Juga:  Cara Melakukan Instalasi Hackintosh High Sierra di Laptop

Jika berbicara mengenai tampilan, mode dan juga system. Lineage OS sebenarnya masih sangat serupa dengan ROM yang pernah ada yaitu Cyanogen Mod.

3. Keunggulan Lineage OS untuk Android

Jika kita sudah berhasil menginstall nya, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang kelebihan dan kekurangan Lineage OS.

keunggulan lineage os untuk android

Tentunya ada beberapa kelebihan Lineage OS di bandingkan versi ROM sebelumnya yaitu tampilannya yang lebih halus, lebih bisa menghemat daya, dan kerennya lagi dapat mengurangi bug yang membuat smartphone sering lag saat sedang bermain game.

Tidak hanya itu saja, Lineage OS juga di klaim 50% lebih ringan di bandingkan dengan CyanogenMod.

Nah, itulah beberapa penjelasan dan cara melakukan instalasi Lineage OS untuk android. Tentunya kamu akan lebih mendapat keseruan dalam bermain game jika sudah menginstal Lineage OS di smartphone android kamu.***