Cara Setting DNS dengan Mudah di Android, Anti Lemot !

Cara Setting DNS di Android – Mengubah DNS di Android sebenarnya sangat mudah dan dapat di lakukan oleh siapa saja tanpa pengalaman. Mengubah DNS di Android memungkinkan Anda mengakses situs yang di blokir oleh penyedia layanan internet Anda dan meningkatkan kecepatan akses. Jika Anda perlu melakukannya, artikel ini akan menawarkan instruksi tentang tiga metode terlengkap dan paling sederhana untuk mengatur DNS di Android. Metode ini mencakup penggunaan pengaturan bawaan hingga penggunaan aplikasi pihak ketiga yang dapat meningkatkan pengalaman browsing Anda. Berhati-hatilah.

Pengertian DNS

DNS adalah sistem yang menghubungkan alamat web (URL) dengan alamat IP (Internet Protocol Address). Pada awalnya, orang harus mengetikkan alamat IP mereka sendiri untuk mengakses sebuah website. Namun, DNS memudahkan proses ini dengan menghubungkan nama domain dengan alamat IP, sehingga pengguna hanya perlu mengingat nama domain saja dan tidak perlu mengingat alamat IP. Untuk mengakses Google, misalnya, pengguna hanya perlu mengetikkan google.com di address bar daripada mengetikkan alamat IP secara manual.

Ini adalah penjelasan singkat tentang apa itu DNS. Namun, apa fungsi sebenarnya DNS yang membuat sistem ini sangat penting?

Fungsi DNS

1. Memungkinkan Pengaturan Keamanan dan Privasi

DNS dapat di gunakan untuk mengatur akses ke layanan yang hanya dapat di akses oleh pengguna yang memiliki izin tertentu. Ini juga dapat di gunakan oleh administrator jaringan untuk mengatur akses ke berbagai jenis aplikasi dan layanan.

Selain itu, DNS juga dapat di gunakan untuk mengontrol akses ke layanan melalui jaringan VPN atau jaringan yang di enkripsi, sehingga hanya pengguna yang berada dalam jaringan yang aman yang dapat mengaksesnya.

2. Mensupport Multidomain dan Subdomain

Administrator jaringan dapat mengatur dan mengelola trafik multidomain dan subdomain dengan DNS. Misalnya, mereka dapat mengatur trafik dari nama domain yang berbeda ke website yang sama atau mengarahkan trafik dari subdomain yang berbeda ke alamat IP yang berbeda. Ini membantu administrator jaringan mengelola dan mengatur berbagai domain dan subdomain.

3. Memberikan Nama Domain yang Mudah Diingat untuk Alamat IP

DNS membuat proses ini lebih mudah dengan memberi nama domain yang mudah di ingat untuk alamat IP. Misalnya, alamat IP website Google adalah 172.217.0.142, tetapi dengan DNS, orang dapat mengetikkan domain google.com di address bar tanpa perlu mengingat alamat IP secara manual. Ini membuat akses ke internet lebih mudah dan efektif.

Cara Setting DNS di Android

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan sebagai pengguna Android untuk mengubah DNS perangkat Anda, termasuk:

1. Melalui Pengaturan Ponsel

Untuk mengubah DNS pribadi perangkat Android, Anda juga dapat menggunakan menu setting atau pengaturan. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Pada perangkat Android, buka menu pengaturan atau pengaturan.
  • Cari opsi “Koneksi” atau “Network”, lalu pilih menu “Pengaturan Koneksi Lainnya”.
  • Cari “DNS Pribadi” atau “Private DNS”, lalu pilih “Manual”.
  • Masukkan alamat host DNS yang ingin Anda gunakan. seperti dns.adguard.com.
  • Pertahankan atau simpan modifikasi yang telah dilakukan.

2. Menggunakan aplikasi tambahan

Cara menggunakan aplikasi tambahan untuk mengubah DNS di Android adalah dengan menginstal aplikasi yang mendukung perubahan DNS, seperti Cloudflare‘s 1.1.1.1. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Untuk menemukan aplikasi 1.1.1.1 di Playstore, buka aplikasi tersebut dan installnya pada perangkat Android.
  • Kemudian, buka aplikasi yang telah di instal dan berikan akses izin yang di perlukan.
  • Untuk mengubah DNS, cari tombol “toggle” di halaman utama aplikasi.
  • Setelah di aktifkan, DNS pribadi akan otomatis aktif dan pengguna dapat mengakses situs yang di blokir tanpa harus menggunakan VPN.
  • Aplikasi ini akan memudahkan pengguna untuk mengubah DNS dengan cepat dan mudah dan memungkinkan mereka untuk membuka banyak situs yang di blokir oleh provider.

Baca Juga :

***