Epic99.com – 6 Rekomendasi layanan Dynamic DNS gratis terbaik 2022. Dynamic DNS merupakan sebuah metode untuk bisa memperbarui IP pada hostname secara otomatis. Lalu apa pengertian DDNS? dan apa kegunaannya? Epic99 akan membahasnya secara lengkap pada artikel di bawah ini.

Apa itu DDNS?

Dynamics DNS merupakan metode untuk memperbarui IP address secara otomatis di Domain Name System. Sehingga dengan menggunakan DDNS, maka kamu tidak perlu lagu untuk melakukan perubahan secara manual pada DNS terutama ketika terjadi perubahan IP pada koneksi yang sedang di gunakan.

Selain itu, DDNS sendiri biasanya di gunakan pada pperangkat dengan koneksi yang berubah – ubah. Hal tersebut di gunakan untuk melakukan koneksi ke server yang hanya bisa di akses menggunakan IP static.

Kegunaan DDNS

Dynamic DNS atau yang biasa di singkat dengan sebutan DDNS bermanfaat untuk memetakan nama domain ke alamat IP. hal tersebut memungkinkan kamu untuk memiliki satu alamat web yang merujuk ke alamat web IP yang berubah.

Selain itu DDNS juga memungkinkan kamu untuk bisa terhubung dari jarak dekat ke PC. Manfaat lainnya yakni kamu bisa mengatur server web rumah karena alamat IP yang tidak selalu sama. Hal tersebut di karenakan DDNS sendiri pada dasarnya memang di rekomendasikan untuk jaringan rumah.


Layanan Dynamic DNS Gratis

1. DuckDNS

1. DuckDNS

Mennjadi salah satu layanan DDNS gratis yang bisa kamu gunakan. DuckDNS di buat dengan menggunakan infrastruktur AWS Amazon. Selain itu situs web yang di gunakan juga sangat mendasar dengan layanan yang sangat sederhana.

Nantinya kamu juga akan menemukan banyak tutorial DuckDNS dari berbagai platform yanag bisa memudahkan kamu dalam penggunaannya.

Baca Juga:  7 Provider Internet Rumahan Terbaik : Kecepatan Koneksi WiFi Stabil !

DuckDNS sendiri memberikan dukungan terhadap Windows, OS X, Linux, DD-WRT, Amazon, bahkan hingga Raspberry Pi single-board.

2. Dynu

2. Dynu

Layanan DDNS yanag memungkinkan domain tingkat atas yang menggunakan domain sendiri dan domain tingkat ketiga yang menggunakan subdomain dynu.com. Di mana domain tingkat atas akan bisa berfungsi di negara manapun.

Nantinya setiap kali alamat IP berubah maka klien akan secara otomatis memperbarui Dynu sehingga tidak akan terjadi hal tidak sinkron dalam sistem yang sedang berjalan.

Selain itu, Dynu sendiri menggunakan otentikasi dua faktor melalui aplikasi TOTP. Namun kamu hanya bisa menggunakan Dynu secara gratis untuk 4 subdomain. Selabihnya kamu bisa berlangganan $9.99 pertahun untuk mendapatkan 500 subdomain dengan berbagai fitur menarik lainnya.

3. Dynv6

3. Dynv6

Menjadi salah satu layanan DDNS terbaik yang bisa kamu gunakan. Dynv6 mengharuskan kamu untuk mendaftar dan mengkonfirmasi email terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Setelahnya maka kamu akan bisa memulai untuk membuat zona sendiri.

Selain itu Dynv6 memberikan dukungan alamat IPv4 dan IPv6. Dynv6 juga memungkinkan kamu untuk bisa memilih di antara 6 domain yang telah tersedia sebelumnya. Kamu juga akan menemukan opsi lainnya untuk menambahkan nama domain yang di delegasikan ke name server.

4. Afraid.org

layanan dynamic dns gratis 4. Afraid.org

Dengan menggunakan Afraid.org, maka kamu akan mendapatkan 5 subdomain gratis Afraid.org. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan domain sendiri hingga jumlah yang terbatas di tambah dengan 20 sub domain untuk masing – masingnya.

Bahkan Afraid.org juga hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk penyiapan akun. Fitur lainnya yang terdapat dalam Afraid.org ini adalah pengalihan URL gratis, pengajuan DNS instan, hingga lebih dari 50ribu domain untuk dipilih.

DDNS yang satu ini juga tersedia akun premium dengan biaya minimal $5 perbulannya. Nantinya kamu akan mendaptkan 50 subdomain tambahan, DNS wildcard yang tidiak terbatas dan beberapa fitur menarik lainnya.

Baca Juga:  6 Perbedaan Spesifik Antara VPN Dan Proxy : Serupa Tapi Tak Sama !

5. No-IP

layanan dynamic dns gratis 5. No-IP

Dengan menggunakan No-IP, nantinya kamu akan mendapatkan 3 subdomain untuk nama domain yang terbatas. Namun subdomain itu tidak akan pernah kadaluarsa apabila kamu selalu melakukan konfirmasi aktifitas setiap 30 hari.

Selain itu, No-IP juga akan memandu kamu melalui konfigurasi melalui asosten konfigurasi peranngkat. Hal tersebut bertujuan agar nama host dapat di perbarui ke alamat IP terbaru. Selain itu juga nantinya No-IP akan menawarkan klien pembaruan dinamis yang akan memeriksa setiap perubahan IP.

6. Securepoint

layanan dynamic dns gratis 6. Securepoint

Untuk bisa menggunakan Securepoint DynDNS secara gratis, maka kamu di haruskan untuk menjadi Reseller Securepoint terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar kamu bisa membuat akun baru.

Nantinya kamu akan bisa membuat hingga 5 host menggunakan Securepoint DDNS. Selain itu kamu juga memiliki opsi hingga 10 domain yang berbeda sebagai baasis untuk alamat DDNS yang kamu gunakan.

Securepoints sendiri menggunakan sistem token pembaruan untuk keamanan serta memberikan dukungan terhadap alamat IPv6. Layanan yang satu ini terbilang cukup sederhana untuk kamu gunakan.

Itulah beberapa rekomendasi layanan dynamic DNS gratis yang bisa kamu gunakan. Pastikan kamu menggunakan layanan DDNS gratis yang sesuai dengan kebutuhanmu.***