Mengenal Peran Teknologi Di Era Revolusi Industri 4.0

Epic99.com – Mengenal peran teknologi di era revolusi industri 4.0. Saat ini era revolusi industri 4.0 menjadi banyak di perbincangkan. Namun bagaimana hubungannya dengan teknologi masih banyak juga yang belum mengerti.

Untuk kamu yang belum tahu, istilah revolusi industri 4.0 pertama kali terdengar pada tahun 2011. Berawal dari pemerintah Jerman yang ingin memajukan bidang industri ke tingkat yang lebih tinggi dengan bantuan teknologi.

Selain itu, menurut laman Forbes, revolusi industri 4.0 sendiri di tandai dengan keberadaan sistem kecerdasan dalam industri yang di gerakkan oleh data melalui teknologi machine learning dan juga AI (Artificial Intelegent).

Bahkan pemerintah Indonesia juga selalu meluncurkan berbagai program revolusi industri 4.0 sebagai bentuk dukungannya demi kemajuan ekonomi dan teknologi.

teknologi revolusi industri 4.0

Mengenal era revolusi industri 4.0

Merupakan sebuah perubahan dari cara manusia dalam pengolahan di bidang produksi dan industri. Tidak langsung muncul pada generasi 4.0, tentunya revolusi industri ini muncul di mulai dari generasi pertama yang hadir pada abad ke 18.

Revolusi industri generasi pertama itu di mulai dengan perkenalan mengenai fasilitas dalam produksi secara mekanis menggunakan tenaga air dan juga uap.

Kemudian seiring berjalannya waktu, tentu saja revolusi industri terus mengalami perkembangan hingga kini sudah muncul revolusi industri generasi ke 4 yang sedang berlangsung.

Selain itu, revolusi industri generasi ke 4 ini pertama kali di munculkan oleh Prof Klaus Schwab dan Ketua Eksekutif World Economic Forum (WEF).

Seperti yang kita rasakan bersama, perkembangan teknologi generasi ke 4 ini terlihat dengan adanya sistem cyber-phisycal pada hampir semua aktifitas manusia yang meliputi mesin dan data.


Bagimana peran teknologi dalam perkembangannya ?

Kemajuan industri saat ini memang harus di akui jika ada hubungannya dengan sistem dan juga teknologi. Selain itu, industri 4.0 secara tidak langsung mengharuskan pelaku industri untuk membiarkan mesin menjadi saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain untuk membuat keputusan.

Baca Juga:  6 Text Editor Gratis Terbaik untuk Pemrograman

Hal itulah yang membuat lingkungan kerja dan industri menjadi lebih efisien dan bisa mengatur manajemen waktu dengan baik dan maksimal. Dalam hal ini perubahan revolusi industri 4.0 ini berdampak besar pada kualitas tenaga kerja dan juga biaya produksi.


Teknologi dalam era revolusi industri 4.0

1. Addictive Manufacturing

Menjadi teknologi pendatang baru dalam industri manufactur. Mungkin kamu akan mengenal nya dalam printer 3D sebagai contoh penerapan teknologi ini.

Sehingga dalam hal ini, gambar digital dapat di wujudkan menjadi benda nyata dengan ukuran dan bentuk yang menyerupai dasainnya.

addictive manufacturing

2. Argument Reality (AR)

Teknologi ini menggabungkan benda maya kedalam sebuah lingkungan nyata. Nantinya teknologi AR ini mampu memproyeksi benda maya tersebut ke dalam waktu yang nyata.

argument reality

3. Artificial Intelegence

Teknologi yang mengusung kecerdasan buatan selayaknya manusia. teknologi AI sendiri memiliki kemampuan untuk mempelajari data yang akan di terima secara pasti.

Sehingga semakin banyak data yang bisa di terima untuk di lakukan analisa, maka AI akan memberikan hasil yang semakin baik terutama dalam hal prediksi.

artificial intelegence

4. Big Data

Menjadi teknologi yang manfaatnya banyak di rasakan oleh masyarakat terutama dalam hal penggunaan internet yang mana bisa mengakses jutaan informasi secara online.

Selain itu, Big Data juga merupakan kumpulan data yang besar dan kompleks. Tentunya data tersebut akan terus bertambah seiring berjalannya waktu yang di hasilkan oleh aktifitas internet yang sering di kunjungi.

teknologi revolusi industri 4.0 big data

5. Cloud Computing

Teknologi komputasi awan yang menjadikan internet sebagai tempat untuk mengelola data dan aplikasi. Selain itu pengguna internet akan di berikan akses untuk bisa mengakses server secara virtual.

teknologi revolusi industri 4.0 cloud computing

6. Cyber Security

Menjadi teknologi yang berupaya untuk memberikan perlindungan dari informasi yang ada dari cyber attack. Biasanya dalam hal ini Cyber Security berupa SSL Certificate, Bit Ninja, dan juga Farewell pada hosting yang bermanfaat untuk melindungii data penggunanya.

teknologi revolusi industri 4.0 cyber security

7. Internet of Things (IoT)

Merupakan sebuah konsep yang membuat objek memiliki kemampuan untuk bisa mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan dari manusia dan juga program komputer.

Baca Juga:  Cara Membuat Website AMP untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Saat ini sudah banyak teknologi yang menerapkan sistem IoT seperti sensor cahaya dan suara.

teknologi revolusi industri 4.0 IoT

8. System Integeration

Menjadi sebuah rangkaian yanag bisa menghubungkan antara berbagai sistem. Nantinya sistem ini akan menggabungkan berbagai sub sistem agar bisa berguna sesuai dengan fungsinya.

teknologi revolusi industri 4.0 system integration

Nah itulah mengenai peran teknologi dalam era industri 4.0. Dari semua teknologi yanag sudah di sebutkan di atas, tentu saja hampir semuanya bisa kita rasakan manfaatnya saat ini.***