5 IDE Terbaik Untuk Bahasa Pemrograman PHP : Pemula Harus Tahu !

Epic99.com – 5 IDE terbaik untuk bahasa pemrograman PHP. Bagi para pengembang web, PHP menjadi salah satu bahasa pemrograman terbaik yang banyak di gunakan. Hal tersebut di karenakan PHP mampu menambah fungsi dengan baik yang bahkan ridak di miliki oleh HTML sekalipun. Tidak hanya itu saja, PHP juga mempu berinteraksi dengan databbase MySQL secara maksimal.

Nah berbicara mengenai pengembang web tentu tidak asing dengan IDE. Berfungsi untuk mempercepat pengembangan aplikasi, IDE nyatanya menjadi hal yang wajib bagi para pengembang. Untuk kamu pengguna bahasa pemrograman PHP, berikut ini beberapa IDE terbaik untuk PHP yang bisa kamu gunakan.

1. PHPStorm

Menjadi salah satu IDE terbaik yang bisa kamu gunakan. PHPStorm memiliki berbagai fitur menarik yang memudahkan kamu dalam melakukan pengembangan web. Selain itu, PHPStorm juga dapat bekerja dengan baik untuk berbagai framework mulai dari Laravel, Yii, CakePHP, dan beberapa yang lainnya.

1. PHPStorm

IDE yang di kembangkan oleh Jetbrains ini memungkinkan kamu untuk melakukan editing secara langsung dalam teknologi frontend seperti CSS, HTML5, Sass, JavaScript, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun PHPStorm tidak memiliki versi gratis sehingga kamu harus membeli lisensinya terlebih dahulu untuk bisa di gunakan.

Kunjungi PHPStorm

2. Netbeans

Merupakan salah satu IDE terbaik yang bisa kamu gunakan. NetBeans memiliki beragam fitur menarik serta memberi dukungan terhadap pengembangan web dengan mempertimbangkan JavaScript, HTML, hingga CSS. Selain itu, NetBeans juga menyediakan template kode serta allat pembuatan kode.

2. Netbeans

Kamu juga nantinya bisa memanfaatkan penyorotan sintaksis dan semantik, dokumentasi pop-up, format dan pelipatan code, penandaan kejadian dan titik keluar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kunjungi NetBeans

Baca Juga:  Mengenal Peran Teknologi Di Era Revolusi Industri 4.0

3. Aptana Studio

Merupakan IDE yang di rilis pada tahun 2014 oleh Aptana Inc. Kamu bisa menggunakan Aptana Studio untuk melakukan pengembangan web dengan PHP. Hal tersebut di karenakan Aptana Studio sendiri menjadi IDE yanag mudah untuk di download dan di pasang. Selain itu kamu juga bisa menggunakan IDE yang satu ini secara gratis.

3. Aptana Studio

Menyediakan banyak fitur menarik yang bisa kamu gunakan seperti anotasi, kesalahan sintaks, format kode, indeks otomatis, bahkan hingga mendukung PHP Debugger. Aptana Studio juga memberikan dukungan untuk berbagai OS mulai dari Windows, Linux, dan juga MacOS.

Kunjungi Aptana Studio

4. Eclipse

IDE terbaik untuk php Eclipse

IDE terbaik lainnya yang bisa kamu gunakan untuk pengembangan web PHP adalah Eclipse PDT. Menjadi IDE PHP yang memiliki preferensi open source secara gratis. Selain itu, Eclipse juga memiliki komunitas yang terbilang besar. Kamu bisa merasakan berbagai fitur menarik yang tersedia mulai dari penyorotan sintaks, pemformatan kode, bantuan kode, refactoring, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kunjungi Eclipse

5. Visual Studio Code

Kamu bisa menggunakan Visual Studio Code untuk pengembangan web PHP. Hal tersebut di karenakan Visual Studio Code sendiri memberikan dukungan untuk berbagai OS mulai dari WIndows, Linux, dan juga MacOS. Tidak hanya itu saka, Visual Studio Code juga memberikan dukungan untuk berbagai bahasa pemrograman seperti Node.js, PHP, C++, C#, Python, dan masih banyak lagi yang lainnya.

IDE terbaik untuk php. Visual Studio Code

Dengan menggunakan Visual Studio Code, nantinya kamu akan bisa mendebug kode dengan braeakpoints yang meluncurkan dan melampirkan aplikasi yang sedang berjalan. Meskipun pada dasarnya Visual Studio Code ini sebenarnya hanya teks editor, namun Visual Studio Code sendiri mampu bersanding dengan IDE lainnya.

Baca Juga:  6 Text Editor Gratis Terbaik untuk Pemrograman

Kunjungi Visual Studio Code

Itulah beberapa IDE terbaik yang bisa kamu gunakan untuk pengembangan web PHP. Di antara yang telah di sebutkan di atas, manakah yang menarik untuk ingin kamu gunakan?***