7 Cara Merawat Mobil Listrik : Ini Yang Harus Diperhatikan !

Epic99.com – Cara merawat mobil listrik. Seiring berjalannya waktu, kemunculan mobil listrik nampaknya semakin populer. Selain itu, jenis mobil listrik juga terus mengalami perubahan yang bisa menjadi pilihan bagi calon pembeli. Beberapa jenis mobil listrik yang sangat populer yakni BEV, HEV, PHEV, dan juga FCEV.

Oleh karenanya perawatan mobil listrik juga harus di perhatikan untuk menjaga performa mesin agar terus maksimal. Kamu juga tidak perlu khawatir karena perawatan mobil listrik ini terbilang lebih mudah di bandingkan mobil yang menggunakan mesin BBM.

Mobil listrik sendiri menggunakan 3 komponen utama yakni motor listrik, baterai, dan juga sistem penggerak. Selain itu di tambah dengan perangkat lunak dukungan yang berfungsi untuk mengatur kinerja mesin. Berbeda dengan mobil yang menggunakan BBM, di mana banyak sekali komponen yang di gunakan sebagai penggerak mesin.


Untuk kamu yang tertarik dengan kehadiran mobil listrik di tengah perkembangan teknologi. Berikut ini beberapa cara yang harus di perhatikan dalam melakukan perawatan mobil listrik.

1. Baca dan pahami buku panduan yang ada

1. Baca dan pahami buku panduan yang ada

Hal paling mendasar yang tidak boleh terlupa dalam melakukan perawatan mobil listrik adalah dengan membaca dan memahami buku panduan. Hal tersebut di karenakan semua tutorial, tips, dan panduan perawatan akan tertulis lengkap di buku manual yang kamu miliki.

2. Menggunakan mode slow charging

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk perawatan mobil listrik adalah dengan menggunakan slow charging. Pemilihan mode slow charging tentunya akan mempengaruhi kondisi dan juga usia baterai yang lebih baik di bandingkan dengan fast charging.

2. Menggunakan mode slow charging

Meskipun akan membutuhkan waktu yang lebih lama hingga baterai terisi penuh, namun cara tersebut bisa di katakan lebih aman dan membuat baterai menjadi lebih awet. Namun kamu boleh saja menggunakan mode fast charging hanya jika di lakukan di fasilitas pengisian umum.

Baca Juga:  Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen dengan Mudah dan Aman

3. Rutin memeriksa kampas rem

3. Rutin memeriksa kampas rem

Hal terpenting yang harus kamu lakukan untuk perawatan mobil listrik adalah dengan memperhatikan aspek keselamatannya. Pastikan kamu rutin memeriksa kampas rem dan lakukan pergantian jika memang di butuhkan. Tidak ketinggalan juga untuk memeriksa kualitas minyak rem yang kamu gunakan.

4. Jaga suhu kerja radiator

cara merawat mobil listrik Jaga suhu kerja radiator

Seperti halnya mobil dengan mesin pembakaran internal. Mobil listrik juga nyatanya memiliki radiator dengan fungsi yang sama yakni sebagai komponen pendingin. Dengan begitu, pastikan kamu bisa terus menjaga suhu kerja radiator untuk performa mesin yang maksimal.

Selain itu, untuk kamu ketahui bahwa pergantian coolant radiator sebaiknya di lakukan hanya setiap 60ribu km saja. Tentunya jarak tersebut sangat jauh untuk sekedar di gunakan dalam kota.

5. Perhatikan pelumas pada speed reducer

Hal lainnya yang juga harus kamu perhatikan adalah speed reducer. Di mana speed reducer sendiri berfungsi penyalur tenaga mesin ke roda dengan menggunakan gir. Untuk kamu ketahui, seperti halnya mobil dengan mesin pembakaran internal, speed reducer juga membutuhkan pelumas untuk membantu memaksimalkan kinerjanya.

Selain itu biasanya pelumas yang di butuhkan juga tidak terlalu banyak yakni sekitar 1 liter saja. Bahkan kamu juga tidak perlu melakukan pergantian secara berkala, gantilah hanya jika kamu rasa mobil listrik sudah melakukan perjalanan yang jauh dan berat.

6. Servis rutin di bengkel resmi

cara merawat mobil listrik Servis rutin di bengkel resmi

Perawatan mobil listrik lainnya yang harus di perhatikan adalah dengan mengunjungi bengkel resmi untuk melakukan servis rutin. Terlebih karena mobil listrik juga masih sangat awam di Indonesia sehingga kamu tidak bisa sembarangan membawanya ke bengkel biasa.

Pastikan untuk terus melakukan servis rutin dengan memeriksa komponen penting dari mobil listrik setidaknya setiap 15ribu km.

Baca Juga:  3 Cara Reset Akun Mi yang Terkunci karena Lupa Sandi

7. Jangan biarkan baterai kosong

cara merawat mobil listrik Jangan biarkan baterai kosong

Jika kamu sudah tidak menggunakan mobil listrik untuk melakukan perjalanan, sebaiknya untuk tetap di lakukan pengisian daya pada kendaraan. Hal tersebut di karenakan mobil listrik sendiri tidak di sarankan untuk diam dengan keadaan baterai yang kosong. Pengisian daya harus tetap di lakukan agar baterai terus mendapatkan sirkulasi dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Nah itulah beberapa cara yang harus kamu perhatikan dalam merawat mobil listrik dengan baik. Meskipun terkesan simpel, namun pastikan kamu tidak menyepelekan anjuran yang ada untuk membuat mobil listrik tetap memiliki performa yang maksimal.