Epic99.com – Penggunaan rumus Vlookup dann Hlookup. Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi penunjang kerja kantoran. Di mana aplikasi yang satu ini bekerja untuk pengolahan data sehingga kamu bisa menganalisis dan menyajikan data dengan lebih mudah meskipun dalam jumlah yang banyak.

Secara umum penggunaan Excel terbilang cukup mudah. Namun kamu harus mengetahui rumus penting yang ada di dalamnya.

Seperti salah satunya adalah Vlookup dan Hlookup yang sering di gunakan dalam dunia kerja. Jika kamu masih pemula dalam penggunaan Micorosoft Excel khususnya pada 2 rumus tersebut, pada artikel kali ini akan di bahas bagaimana cara menggunakannya.

Mengenal rumus Vlookup dan Hlookup

Sebelum masuk dalam topik penggunaan kedua rumus ini. Ada baiknya kamu mengenal lebih dulu sebenarnya apa itu rumus Vlookup dan Hlookup.

rumus vlookup dan hlookup

Memiliki fungsi untuk mencari nilai tertentu yang ada pada kolom maupun sumber data menggunakan sebuah kata kunci. Vlookup dan Hlookup menonjolkan data yang berbentuk Vertikal dan Horizontal.

Selain itu kedua fungsi tersebut memiliki rumus yang sama, hanya saja Vlookup untuk Vertikal dan Hlookup untuk Horizontal. Namun keduanya hanya memungkinkan untuk mencocokkan data numerik saja tidak bisa untuk teks.


Rumus Vlookup dan Hlookup

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, kedua fungsi tersebut baik Vlookup maupun Hlookup memiliki rumus yang sama. Berikut ini untuk kamu ketahui :

rumus vlookup dan hlookup

Rumus Vlookup
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Rumus Hlookup
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,[range_lookup])

Keterangan :

  • V = Vertikal atau menurun ke bawah
  • H = Horizontal atau ke samping
  • Lookup_value = Tertuju pada cell yang biasanya di jadikan kata kunci untuk mencari data.
  • Table_array = Tertuju pada sumber data yang akan di cari berdasarkan lookup value.
  • Col_index_num = Urutan kolom yang akan terlihat hasilnya.
  • Row_index_num = Urutan baris yang akan terlihat hasilnya.
  • Range_lookup = Argumen yang di definisikan dan biasanya bernilai True atau False.
Baca Juga:  Cara Mengisi SPT Tahunan dengan Mudah secara Online

Cara menggunakan fungsi Vlookup dan Hlookup

Untuk menggunakan fungsi, ini kamu akan melakukan input rumus yang hampir sama antara kedua fungsi yang berbeda. Hanya saja yang harus di perhatikan dan menjadi point adalah Vlookup untuk Vertikal dan Hlookup untuk Horizontal.

Kemudian nantinya saat kamu menginput data False atau nilai tepat, maka nilai terpat itu hanya dijadikan sebagai referensi dari lookup yang akan di cari. Sehingga jika tidak ada data yang cocok maka hasilnya akan error.

rumus vlookup dan hlookup

Begitupun sebaliknya saat kamu menginput data True atau nilai perkiraan, maka nilai perkiraan itulah yang akan menjadi referensi. Sehingga jika tidak ada data yang cocok maka hasilnya adalah nilai terdekat yang lebih kecil.

Selain itu menggunakan data True untuk melakukan input rumus Vlookup dan Hlookup juga biasanya akan memberikan hasil berupa warning. Oleh karena itu sebaiknya kamu mengurutkan data terlebih dahulu baik berupa kolom atau baris.


Demikian penjelasan mengenai cara penggunaan fungsi Vlookup dan Hlookup pada excel. Dengan mengetahui penggunaan kedua fungsi tersebut nantinya kamu akan lebih mudah dalam melakukan pengolahan data.

Agar semua data bisa menjalankan fungsinya dengan baik, pastikan kamu sudah melakukan penyusunan data dengan seksama baik berupa baris maupun kolom.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  Cara Mudah Kirim Pesan WA Kosong Secara Otomatis