Cara Mudah dan Praktis Membuat Chart (Grafik) di Excel

Epic99.com – Cara membuat Chart di Excel. Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang memberikan kemudahan untuk kamu menyelesaikan berbagai pekerjaan. Selain itu aplikasi ini juga sudah banyak di gunakan dalam berbagai sektor. Kemudahan dalam penggunaan serta berbagai fitur menarik di dalamnya menjadi alasan pengguna memilihnya.

Tidak hanya mengolah data secara otomatis, bahkan Microsoft Excel juga memungkinkan kamu untuk membuat Chart atau Grafik dengan lebih mudah. Pada artikel kali ini akan di berikan cara untuk membuat grafik. Terlebih jika kamu pemula, cara ini bisa di lakukan oleh siapapun tanpa terkecuali.

Jenis grafik di Excel

Sebelum mengetahui cara membuat grafik dengan mudah di Excel, sebaiknya untuk kamu mengetahui jenis grafiknya terlebih dahulu. Di mana dalam Microsoft Excel, terdapat beberapa jenis grafik yang bisa di gunakan sesuai dengan kebutuhan. Berikut uraiannya !

1. Grafik Kolom

cara membuat chart di excel

Merupakan salah satu jenis grafik yang paling simple. Grafik kolom biasanya terdiri dari kolom dan baris. Di mana nantinya dalam kolom dan baris tersebut akan di isi dengan data. Biasanya grafik kolom di gunakan untuk melihat dan membandingkan kategori data baik dalam bentuk nilai maupun waktu.

2. Grafik Garis

cara membuat chart di excel

Jenis grafik yang satu ini sebenarnya serupa dengan grafik kolom. Memiliki fungsi yang hampir sama dan yang membedakan hanya penyajian datanya saja. Grafik garis sendiri sesuai dengan namanya akan berbentuk garis yang mencapai titik pada waktu, nilai, dan variabel.

3. Grafik Lingkaran

cara membuat chart di excel

Berbentuk lingkaran di mana nilai data akan di bagi sesuai dengan kebutuhan atau data yang ada. Selain itu nantinya nilai yang di berikan akan di sesuaikan dengan item yang ada. Grafik lingkaran juga seringkali menggunakan sistem persentase.

Baca Juga:  3 Cara Menonaktifkan Akun IG untuk Sementara Waktu

4. Grafik Batang

cara membuat chart di excel

Merupakan jenis grafik yang di gunakan untuk menampilkan data perbandingan dari item yang sudah ada. Selain itu biasanya sumbu vertikal akan berisi tentang data perbandingan dan sumbu horizontal akan berisi nilai dari data tersebut.

Cara Membuat Chart di Excel

Untuk membuat grafik sendiri dalam Microsoft Excel terbilang cukup mudah. Membuat grafik tentunya akan membantu kamu dalam menyajikan data sesuai dengan kebutuhan. Oleh karenanya memilih grafik yang tepat adalah langkah yang juga harus di perhatikan.

Berikut ini beberapa langkah mudah membuat grafik atau chart di Excel :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi Microsoft Excel terlebih dahulu.
  • Selanjutnya buatlah data atau bisa mengimpor data yang sudah ada.
  • Pastikan juga kamu sudah memasukkan nama dan kategori di setiap data.
  • Kemudian blok semua tabel yang sudah terisi dengan data.
  • Lalu pilih menu Insert.
  • Nantinya pada pilihan insert akan ada berbagai jenis grafik yang akan di pilih sesuai dengan kebutuhan.
  • Pastikan kamu memilih grafik yang tepat.
  • Jika sudah memilih grafik maka secara otomatis grafik yang sudah di pilih akan muncul di lembar kerja.
  • Terakhir lakukan editing dengan mengubah judul grafik yang sesuai.

Demikian cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuat grafik di Microsoft Excel. Langkah ini terbilang cukup mudah dan bisa di lakukan oleh pemula sekalipun. Selain itu disarankan untuk menyesuaikan grafik dengan kebutuhan agar bisa lebih mudah dimengerti.

Baca Juga :

Baca Juga:  Cara Mudah Cek Akreditasi Kampus dan Program Studi Via Online

***