3 Cara Mengisi Formulir PDF dengan Mudah dan Praktis

Epic99.com – Cara mengisi formulir PDF. Dalam dunia pekerjaan maupun pendidikan, formulir menjadi hal yang sangat umum di temukan. Bagaimana tidak, formulir memungkinkan kamu untuk mengisi informasi yang di butuhkan. Sehingga kamu harus mengisinya dengan benar. Selain itu ada banyak macam formulir untuk kamu ketahui, mulai dari kontak, faktur, deklarasi pajak, CV, pesanan penyisipan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun terkadang yang menjadi permasalahan adalah di saat kamu harus mengisi formulir dalam bentuk digital. Terlebih jika format file dari formulir tersebut adalah PDF, hal itu tentunya akan sangat membingungkan. PDF sendiri merupakan format file portabel yang tidak sembarangan bisa di edit.

Jika saat ini kamu sedang bingung untuk mengisi formulir di file PDF. Pada artikel kali ini akan di berikan informasi mengenai cara mengisi file PDF dengan mudah dan praktis. Berikut ulasannya !


Cara mengisi formulir dengan format PDF

Kemajuan teknologi memeungkinkan kamu untuk bisa mengisi formulir PDF dengan mudah. Selain itu ada banyak cara yang bisa kamu praktekkan baik online maupun offline. Simak beberapa cara di bawah ini untuk mengisi formulir PDF.

1. Menggunakan EasePDF

Kamu bisa mengisi formulir PDF dengan mudah menggunakan EasePDF. Di mana di dalamnya terdapat fitur menarik bahkan hingga lebih dari 20 tools untuk mengedit PDF. EasePDF juga menjadi salah satu web yang populer dan banyak di gunakan. Hanya saja kamu membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk bisa menggunakannya. Hal ini di karenakan Ease PDF bersifat online. Kelebihan lainnya dari EasePDF adalah memungkinkan kamu untuk bisa mengupload file PDF yang ukurannnya lebih besar dari 10 MB. Dengan antarmuka yang jelas, kamu bisa dengan mudah menggunakannya meskipun masih pemula sekalipun. EasePDF bisa di gunakan secara bebas dan gratis.

cara mengisi formulir pdf Menggunakan EasePDF

Cara menggunakan EasePDF :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka situs EasePDF terlebih dahulu melalui browser.
  • Selanjutnya upload file PDF yang ingin berisikan formulir.
  • Selain itu kamu juga bisa mengupload dari cloud drive seperti GoogleDrive, OneDrive, atau bahkan hingga link.
  • Kemudian add text pada baris pertama untuk bisa di seret ke tempat yang di inginkan.
  • Jika proses editing sudah selesai nantinya kamu bisa langsung download file tersebut dengan mudah.
Baca Juga:  Panduan Instalasi Xposed Framework di Android Semua Type

2. Dengan menggunakan aplikasi

Tidak hanya online, kamu bisa mengisi formulir PDF dengan mudah menggunakan aplikasi tambahan. Selain itu sebenarnya banyak aplikasi PDF yang memungkinkan kamu untuk mengedit dengan mudah. Tapi pada artikel kali ini akan di berikan tutorial menggunakan PDF Expert. Di mana aplikasi ini terbilang mudah di gunakan dan memiliki tampilan yang produktif.

2. Dengan menggunakan aplikasi

Cara menggunakan PDF Expert :

  • Pastikan sebelumnya kamu sudah download dan instal aplikasi PDF Expert.
  • Jika sudah, bukalah aplikasi PDF Expert.
  • Selanjutnya buka formulir PDF yang ingin di isi.
  • Kemudian klik pada kolom teks.
  • Isi teks sesuai dengan keinginan dann gerakkan posisinya ke tempat yang di perlukan.
  • Jika sudah, simpan file PDF ke perangkat.

3. Menggunakan PDFescape

Situs lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengisi formulir PDF adallah PDFescape. Di dalamnya terdapat berbagai fungsi dalam mengelola PDF yakni mulai dari mengedit, membuat formulir, mengisi formulir, mengunci forrmulir, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu tidak hanya tersedia dalam versi online, kamu bisa download dan instal PDFescape khusus pengguna Windows.

cara mengisi formulir pdf Menggunakan PDFescape

Cara menggunakan PDFescape :

  • Kunjungi situs PDFescape terlebih dahulu.
  • Lalu upload file PDF yang formulirnya ingin di isi.
  • Namun pada situs ini kamu hanya bisa upload dokumen tidak lebih dari 10MB dan tidak lebih dari 100 halaman.
  • Selanjutnya pilih menu klik Teks.
  • Isi teks dan seret kemanapun tempat yang di inginkan.
  • Kemudian klik tombol hijau untuk simpan dan download jika proses editing selesai.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi formulir PDF dengan mudah dan praktis. Cara diatas terbilang mudah untuk dilakukan meskipun kamu masih pemula.***