Cara menggunakan WA blast

Jika kamu bingung cara menggunakan WA Blast, kamu bisa menyimak informasi pada ulasan kali ini. WA Blast merupakan salah satu fitur andalan dari Whatsapp yang wajib kamu miliki ketika merintis bisnis. Fitur ini akan membantu memudahkan kamu untuk mengirim pesan secara bersamaan ke banyak pelanggan. 

Cara penggunaannya juga nggak ribet dan bisa kamu lakukan dalam sekali percobaan. Namun, agar semakin memudahkan kamu dalam menjalankan fiturnya, kamu bisa gunakan panduan cara berikut ini. 

Download aplikasi WA Blast

Daftarkan Nomor Whatsapp Kamu ke Qontak

Cara menggunakan wa blast via qontak

Tentukan nomor Whatsapp yang mau kamu gunakan untuk mengirim pesan secara bersamaan. Nantinya, nomor yang sudah kamu daftarkan tersebut akan menjadi kontak bisnis. Nah, nomor yang mau kamu daftarkan ini bisa menggunakan nomor baru atau nomor lama. 

Pastikan bahwa nomor telepon yang mau kamu daftarkan masih aktif. Sebab, nomor yang terlanjur kamu daftarkan di Whatsapp Bisnis nggak bisa kamu ubah lagi. Dengan memilih nomor yang masih aktif, kamu nggak perlu mengaktifkan lagi prosesnya dan bisa langsung kamu gunakan. 

Kemudian, daftarkan nomor tersebut ke mitra resmi Whatsapp seperti Mekari Qontak. Sebab, untuk bisa menjalankan fungsi fitur WA blast, kamu harus memiliki Whatsapp Business API dulu. 

Nantinya, BSP Mekari Qontak akan menjadi perantara untuk mendaftarkan nomor kontakmu ke pihak Meta. Setelah itu, barulah prosesnya akan berlanjut ke tahap verifikasi Whatsapp Business API. 

Verifikasi Pengelola Bisnis Facebook untuk Menggunakan WA Blast

Wa blast via facebook business

Cara menggunakan WA Blast selanjutnya adalah dengan melakukan verifikasi nomor kontak yang sudah terdaftar di Qontak. Secara umum, Mekari Qontak akan memproses pendaftaran kamu dengan mengecek kembali bisnis yang kamu miliki. 

Baca Juga:  9 Rekomendasi Wallet Ethereum Terbaik Dan Aman 2022

Apakah bisnis yang kamu jalankan termasuk sah atau nggak sah. Mulai dari produk atau jasa yang kamu jual apakah termasuk ilegal atau bukan, semuanya akan melalui proses pengecekan. Jika bisnismu lolos, maka kamu bisa melanjutkan ke tahap verifikasi. 

Meski proses verifikasinya bisa terbantu oleh pihak ketiga, namun kamu tetap bisa melakukannya secara mandiri. Beberapa berkas dokumen yang kamu perlukan untuk memperlancar tahapan ini adalah:

  • Alamat situs web bisnis kamu. 
  • Nama perusahaan atau nama bisnis kamu. 
  • Domain email yang masih aktif. 
  • NPWP bisnis. 

Kirimkan Pesan Menggunakan WA Blast

Broadcast menggunakan wa blas

Setelah kamu menyelesaikan proses verifikasi, maka artinya kamu sudah mendapatkan API Whatsapp Business. Tandanya adalah kamu akan mendapatkan centang hijau di akun WA kamu. Nah, dengan begitu kamu bisa menggunakan fitur blast di Whatsapp kamu. 

Download Fouad WhatsApp Mod APK Terbaru dengan Fitur Terlengkap

Setelah akun Whatsapp kamu berhasil terverifikasi, maka kamu akan lebih mudah untuk mengirim pesan broadcasting tanpa harus simpan kontak. Cara menggunakan WA Blast yang gampang bisa mengikuti panduan berikut ini. 

  • Siapkan dulu daftar kontak yang mau kamu kirimi pesan broadcasting via blast. Unggah daftar kontak yang telah kamu list ke sistem Mekari Qontak dengan format excel. 
  • Kirim template pesan broadcasting ke sistem Mekari Qontak. Tapi sebelumnya kamu harus membuat templatenya terlebih dahulu. Template tersebut harus selesai kamu buat dalam jangka waktu 24 jam. 

Template yang kamu gunakan boleh berupa gambar, video, dokumen, atau tulisan. Asalkan kamu harus memastikan bahwa isi pesannya aman dan nggak mengandung kata-kata hard selling seperti promo, diskon, atau iming-iming buy 1 get 1.  

  • Kirim pesan broadcasting dengan fitur blast, dan pesan akan terkirim secara bersamaan tanpa perlu menyimpan kontaknya.