Epic99.com – Cara penggunaan SPSS untuk pemula. Umumnya pada mahasiswa tingkat akhir terutama untuk jurusan ekonomi, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan SPSS. Di mana SPSS sendiri merupakan software pengolah data yang biasanya di gunakan untuk analisis statistik interaktif atau batch.

Sebagai informasi tambahan, SPSS memiliki kepanjangan yakni Statistical Package for the Sosial Sciences. Kamu juga tidak perlu khawatir karena penggunaan SPSS terbilang cukup mudah di gunakan bahkan software yang satu ini memiliki tampilan yang user friendly.

cara penggunaan spss

Kemudian yang sering menjadi pertanyaan pemula adalah bagaimana cara menggunakan SPSS? Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai tutorialnya secara lengkap dan dasar agar tidak membingungkan pengguna.


Keunggulan SPSS

Sebelum pada inti pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya keunggulan SPSS. Dan mengapa SPSS banyak di gunakan untuk mengolah data dari lapangan?

cara penggunaan spss

Berikut beberapa keunggulan SPSS :

1. Memungkinkan kamu mengolah data dengan berbagai format

Data yang kamu dapatkan akan mudah di olah jika hanya sedikit atau beberapa. Namun jika data yang harus di olah dalam jumlah banyak, tentu ini sedikit merepotkan jika harus di olah secara manual. Oleh karena itu SPSS memungkinkan kamu mengolah data dengan mudah sebanyak apapun.

Tidak hanya seberapa banyak data yang bisa di olah, SPSS juga mampu membaca berbagai format data. Dengan begitu nantinya kamu akan lebih mudah menyelesaikan perhitungan secara cepat bahkan tanpa aplikasi tambahan sekalipun.

2. Hasil yang didapatkan lebih kompleks dan akurat

Di karenakan perhitungan menggunakan mesin atau sistem, tentu hasil yang di dapatkan akan terlihat lebih komplek dan akurat. Selain itu pengolahan data menggunakan SPSS tidak hanya menunjukan data berupa angka saja melainkan juga berupa jenis dan kode.

Baca Juga:  Cara Berbagi File Google Drive Menggunakan Link

Terlebih keakuratan data yang di hasilkan oleh SPSS memperlakukan missing secara tepat. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mengetahui jika terdapat data yang missing atau error.

3. Kemudahan analisa data

Meskipun data yang ingin di olah memiliki jumlah yang besar dan banyak, namun penggunaan SPSS tetap bisa mengolahnya dengan cepat. Tidak main-main, pengolahan data SPSS bahkan bisa di lakukan hanya dengan sekali klik saja. Oleh karena itu data yang berbeda sekalipun bisa menampilkan hasil secara bersamaan.


Cara penggunaan SPSS untuk mengolah data

Nah setelah kamu mengetahui keunggulan SPSS dan mengapa kamu harus menggunakannya. Sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara pengolahan data menggunakan SPSS. Berikut beberapa langkahnya untuk kamu praktekkan :

cara penggunaan spss
  • Pastikan kamu sudah memiliki software SPSS terlebih dahulu.
  • Selanjutnya langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan membuka aplikasi SPSS.
  • Masuk pada halaman utama dan klik Analyze.
  • Klik Descriptive Statistics.
  • Kemudian klik kembali pada Descriptives.
  • Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan memilih variabel yang ingin di lakukan analisis.
  • Lakukan pemindahan variabel mulai dari kolom kiri menuju kolom kanan.
  • Klik Option.
  • Selanjutnya pilih analisis yang akan di lakukan perhitungan.
  • Klik OK.
  • Tunggu beberapa saat hingga hasil analisis keluar pada halaman output.
  • Kamu bisa mengcopy hasil dan memindahkannya pada word.

Demikian beberapa langkah dan tutorial yang bisa kamu praktekkan untuk mengolah data menggunakan SPSS. Dari cara yang sudah di terangkan, kamu bisa mempraktekkannya dengan mudah sesuai dengan langkah yang ada.

Baca Juga :

Baca Juga:  Cara Membuat Avatar 3D yang Sedang Viral di Instagram

***