Cara Mudah Mengurutkan Abjad dan Angka di Microsoft Excel

Epic99.com – Cara mengurutkan abjad dan angka di Excel. Siapa yang tidak mengenal aplikasi Microsoft Excel, merupakan aplikasi yang memberikan kemudahan untuk semua pengguna terlebih dalam urusan data. Excel di lengkapi beragam fitur yang memungkinkan pengolahan data dalam jumlah besar sekalipun. Selain itu penggunaanya sudah mencakup beragam sektor mulai dari pedidikan hingga perusahaan.

Dalam penggunaan Excel kamu tidak perlu terlalu khawatir, karena mengurutkan data di dalamnya bisa di lakukan dengan mudah dan cepat. Hanya saja tidak semua pengguna memahami bagaimana cara menggunakannya.

Misalkan data yang di input pertama kali adalah data acak, kamu bisa memanfaatkan salah satu fitur Excel untuk mengurutkannya baik berdasarkan abjad maupun angka. Dengan begitu kamu bisa memiliki data yang lebih rapuh dan memudahkan analisa.

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara mengurutkan data pada Excel, berikut beberapa langkah yang bisa kamu praktekkan !

Cara mengurutkan data di Excel

1. Mengurutkan data Abjad

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka file Microsoft Excel terlebih dahulu.
  • Selanjutnya pilih salah satu cell baik secara vertikal maupun horizontal sesuai dengan keinginan.
  • Kemudian aktifkan “TAB DATA” — “Group Sort & Filter” yang ada pada menu “Ribbon Excel”.
  • Selain itu untuk mengurutkan data dari huruf terbesar atau huruf awal ke huruf terkecil atau huruf akhir, maka kamu bisa pilih ikon “Sort Z>A”.
  • Selanjutnya jika ingin mengurutkan huruf terkecil seperti Abjad ABC ke huruf terbesar seperti Abjad ZYW, maka kamu bisa pilih ikon “Sort A>Z” yang berada di bagian kanan atas.

2. Mengurutkan data Angka

Tidak hanya abjad yang bisa di urutkan dalam Excel, nyatanya kamu juga bisa mengurutkan data angka dengan mudah. Simak beberapa langkah di bawah ini :

  • Langkah pertama setelah membuka file Excel yakni dengan menambahkan satu kolom kosong untuk menyisipkan nomor urut.
  • Selanjutnya pilih salah satu cell baik secara vertikal maupun horizontal secara menyeluruh sesuai dengan keinginan.
  • Lalu pada menu Tab Data, pilihlah Sort Largest to Smallest atau yang biasa disebut Descending.
  • Selain itu kamu juga bisa pilih Sort Smallest to Largest atau Ascending untuk mengurutkan data angka dari yang terbesar hingga terkecil.

Kemudahan penggunaan Excel

Apa saja kemudahan penggunaan Excel? Setelah mengetahui bagaimana cara mudah mengurutkan suatu data, hal lainnya yang harus kamu ketahui adalah kemudahan penggunaan Excel selain 2 fungsi di atas. Excel yang merupakan besutan dari Microsoft ini di lengkapi banyak rumus tertentu yang sebenarnya secara dasar harus di kuasai.

Adapun beberapa kemudahan lain dalam penggunaan Excel yakni :

  • Kalkulasi Matematis dimana kamu bisa melakukan perhitungan data berupa penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan lainnya.
  • Pengolahan database mulai dari mencari nilai rata-rata dalam suatu data, nilai tengah, nilai maksimal, nilai minimal, hingga nilai yang paling sering muncul.
  • Memungkinkan kamu untuk membuat grafik berdasarkan data yang dimiliki.
  • Operasi Tabel dimana Excel memiliki hingga 1.084.576 baris dan 16.384 kolom untuk menyimpan jutaan data didalamnya.
  • Terintegrasi dengan Microsoft Office.

Demikian beberapa cara yang bisa kamu praktekkan mengenai bagaimana cara mengurutkan data dengan mudah di Excel. Cara di atas tentu akan sangat membantu terlebih jika data yang kamu miliki berjumlah ribuan hingga ratusan ribu.

Baca Juga :

***