Cek Nomor KK Online dengan Mudah Tanpa Harus Antri

Epic99.com – Cek Nomor KK Online. Kartu Keluarga merupakan kartu identitas masyarakat yang tergabung dalam sebuah keluarga. Biasanya kartu keluarga berisikan Ayah sebagai kapala keluarga, Ibu, dan anak-anak yang menjadi anggotanya.

Selain itu Kartu Keluarga sendiri memiliki peranan yang cukup penting di mana biasanya di gunakan untuk mengisi data resmi seperti identitas Bank, Sekolah, dan lainnya. Di dalam kartu keluarga bisanya terdiri dari berbagai identitas mulai dari nama, NIK, tanggal lahir, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kartu Keluarga di lengkapi dengan nomor kartu yang tentu akan berbeda-beda setiap KK. Lalu bagaimana cara mengecek kartu keluarga? Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai cara cek kartu keluarga secara online.

Cara Cek Kartu Keluarga Online

Ada berbagai cara yang bisa di praktekkan untuk cek kartu keluarga secara online. Dengan begitu nantinya kamu tidak perlu lagi repot-repot melakukan antrian. Kamu bisa menggunakan cara yang mana saja sesuai dengan keinginan.

1. Melalui website resmi Dukcapil

Kamu bisa melakukan cek nomor KK dengan mudah melalui situs resmi dari Dukcapil. Simak beberapa langkah di bawah ini :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan masuk ke situs resmi Dukcapil.
  • Selanjutnya masukkan seluruh informasi yang diminta seperti nomor HP, kata sandi, dan kode Captcha.
  • Jika belum memiliki akun, maka kamu bisa mendaftarkan akun terlebih dahulu.
  • Selanjutnya pada dashbor utama, kamu bisa cek nomor KK dengan memasukkan nomor yang tertera pada KK.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem menunjukkan hasilnya secara otomatis.

Situs Dukcapil tidak hanya memungkinkan masyarakat untuk mengecek nomor KK saja. Melalui situs ini nantinya kamu bisa mengecek nomor identitas lainnya seperti NIK KTP. Selain itu situs resmi Dukcapil bisa di akses untuk seluruh wilayah di Indonesia.

2. Melalui aplikasi

Tidak hanya melalui situs resmi, kamu bisa cek nomor KK dengan mudah melalui aplikasi pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil. Hanya saja aplikasi iniakan berbeda-beda tergantung pada daerah masing-masing. Untuk itu kamu harus mengetahui nama dari aplikasi Dukcapil di daerah yang kamu tinggali.

Seperti wilayah Tangerang, tersedia aplikasi dengan nama Sobat Dukcapil Tangerang. Di mana kamu bisa melakukan beragam layanan kependudukan secara lengkap mulai dari akta kelahiran, akta pindah, KTP, KK, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Melalui email

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecek nomor KK secara online adalah melalui email. Silahkan hubungi call center Dukcapil melalui email di callcenter.dukcapil@gmail.com. Dengan begitu nantinya kamu bisa mendapatkan informasi mengenai No. KK dan KTP yang di butuhkan.

Selain itu biasanya akan membutuhkan proses selama 1×24 jam. Oleh karena itu cara ini tidak di sarankan jika kamu membutuhkan data secara mendesak.

4. Cek nomor KK offline

Jika sekiranya tidak puas dengan layanan online, kamu bisa cek nomor KK secara offline dengan mengunjungi kantor Disdukcapil terdekat. Selain itu proses cek nomor KK offline biasanya cukup cepat dan tidak beresiko gangguan pada jaringan. Hanya saja sebaiknya untuk datang diawal waktu agar menghindari antrian panjang. Terlebih lagi jam operasional kantor Dukcapil juga terbatas setiap harinya.

Demikian beberapa cara mudah yang bisa dipraktekkan untuk mengecek nomor KK secara online. Selain itu sebenarnya baik mengecek secara online maupun offline juga ada kelebihan dan kekurangannya. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan apakah menginginkan informasi secara terburu-buru atau tidak.

Baca Juga :

***