Cara Melakukan Update data Kartu Keluarga secara Online

Update Kartu Keluarga Online – Dua surat penting yang wajib di miliki seluruh warga negara Indonesia adalah KK KTP. Ada sejumlah alasan warga memperbarui informasi KK atau KTP-nya. Misalnya meninggalnya salah satu anggota keluarga, status perkawinan, kelahiran anggota baru, dan lain-lain. Bagaimana cara update NIK KK online saya? Simak ulasannya di bawah ini. KK merupakan dokumen dasar pengurusan KTP untuk pelayanan masyarakat lainnya seperti yang di ketahui secara luas. Nomor Kependudukan Umum (NIK) untuk KK. Setiap orang Indonesia memiliki kumpulan nomor tertentu yang di sebut NIK.

Setiap warga negara Indonesia yang terdaftar akan mendapatkan NIK yang berguna seumur hidup. Peran NIK adalah menangani tugas-tugas administratif termasuk pengisian lamaran kerja dan pendaftaran kelas.

Nomor NIK sering kali terlihat di KK atau KTP Anda. Setiap ada perubahan, WNI di harapkan selalu memperbaharui surat KKnya. Disdukcapil Kabupaten/Kota telah menawarkan layanan administrasi secara online. Jika sebelumnya Anda harus ke kantor untuk memperbarui kartu keluarga, kini bisa di lakukan secara online.

Cara Update Kartu Keluarga secara Online

Secara umum, terdapat beberapa hal yang memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk memperbarui datanya, antara lain:

  • Ada pula anggota keluarga yang baru lahir atau pindahan.
  • Karena kematian, anggota keluarga menjadi lebih sedikit.

Setiap Disdukcapil di Indonesia menawarkan layanan online untuk memberikan layanan lokal terbaik di kabupaten dan kota. Anda dapat memperbarui data Anda lebih cepat dan mudah dengan cara ini tanpa mendaftar.

Hubungi Hotline Dukcapil Dinas Dalam Negeri di 1500-537 atau kunjungi website dukcapil di masing-masing kabupaten atau kota. Anda dapat menghubungi Dirjen Dukcapil WA Kementerian Dalam Negeri melalui telepon berikut untuk mewujudkannya:

0811-1902-4156
0811-1902-4157
0811-1902-4158

Kemudian sertakan bukti foto KK sebelumnya.

Hanya pada hari kerja dari jam 8 pagi sampai jam 12 malam. apakah layanan online tersedia. Jika Anda menghubungi setelah jam kerja, administrator akan menjawab chat keesokan harinya pada jam kerja biasa.

Selain itu harap di perhatikan bahwa nomor tersebut tidak menerima panggilan; itu hanya bisa membantu warga melalui chat. Oleh karena itu, cek dulu size di chat sebelum kirim. Dukcapil akan menjawab pertanyaan warga dengan menyampaikan kabar terkini melalui SMS atau chat WA.

Cek Perubahan Kartu Keluarga yang sudah Diperbarui

Jika ada perubahan sejak Anda mengajukan perpanjangan NIK KK secara online, sebaiknya Anda meninjaunya kembali. Ada beberapa metode untuk menentukan apakah data di CO telah berubah.

1. Melalui website resmi Dukcapil

Kunjungi halaman web dukcapil. Isi kolom tersebut dengan NIK dan KTP Anda. Setelah mendaftarkan NIK Anda, semua data pribadi Anda akan terlihat.

Kunjungi Website Resmi

2. Melalui Facebook

Kunjungi alamat akun Halo Dukcapil Anda lalu cantumkan permasalahan Anda berdasarkan besarnya. Namun Anda harus memanfaatkan media sosial karena penyebarannya sangat luas.

Demikian beberapa cara update data Kartu Keluarga secara online. Lakukan semua tahapannya dengan seksama. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***