4 Cara Mengubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

mengubah huruf di Excel

Jika kamu ingin mengubah huruf di Excel menjadi huruf besar semua, maka kamu bisa menggunakan 4 cara ini. Dengan begitu, kamu tidak perlu melakukan cara manual lagi untuk mengubah huruf yang ada di teks. 

Lantas, apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah huruf pada teks? Bagaimana cara mengubah huruf kecil menjadi huruf besar? Yuk lakukan cara berikut ini untuk mengubah seluruh huruf yang ada pada excel menjadi huruf besar semua. 

Pakai Word

mengubah huruf di Excel pakai word

Ketika ingin mengubah huruf di Excel, kamu bisa menggunakan fitur Change Case yang ada di aplikasi Word. Secara umum, fitur ini mampu mengubah huruf-huruf dalam teks secara cepat dan mudah. 

Sayangnya,  fitur ini tidak tersedia dalam format excel. Namun, kamu bisa memanfaatkan fitur ini dengan cara menyalin data dari teks excel ke teks word lebih dulu. Langkah-langkah untuk mengimplementasikan cara ini adalah dengan mengaktifkan mode salin pada CTRL + C. 

Lalu, buka program word kamu dengan cara menekan tombol CTRL + V. Setelah itu, sorot teks-teks tersebut di Word dan pilih menu Change Case di tab Home pada Word. Selesai memilih menu Change Case, akan muncul beberapa pilihan menu dropdown. 

Lalu pilih Uppercase untuk mengubah huruf-huruf pada teks menjadi besar. Dengan begitu, seluruh huruf pada teks akan kembali ke menu Excel. Buka lagi excel tempat kamu menyalin teks dengan menekan tombol CTRL + V. 

Mengubah Huruf di Excel dengan Font

Ubah teks pakai font

Apabila kamu ingin mengubah huruf di Excel menggunakan cara yang lain, maka kamu harus mengubah teksnya ke bentuk font yang besar. Cara mengubah huruf ini cukup gampang dan bisa langsung kamu praktekkan dengan cara seperti berikut: 

  • Sorotlah sel-sel berisi teks yang ingin kamu ubah hurufnya menjadi huruf besar. 
  • Lalu, klik dropdown jenis font di tab Home dan pilih jenis font dengan huruf besar semua. 
  • Setelah itu, huruf yang kamu pilih akan berubah menjadi besar semua. 
Baca Juga:  Cara Menghapus dan Sembunyikan Tag yang Ada di Getcontact

Pakai Rumus UPPER

Rumus Upper

Cara mengubah huruf di Excel selanjutnya adalah dengan memakai rumus UPPER. Rumus ini merupakan salah satu rumus dasar penggunaan excel. Kamu bisa memanfaatkan rumus ini untuk mengubah seluruh huruf kecil menjadi huruf besar. 

Meskipun cara ini melibatkan penggunaan rumus, tapi rumusnya tidak terlalu sulit dan cukup simple. Jika kamu penasaran ingin menggunakan rumusnya, maka kamu bisa mengaplikasikan rumus berikut ini= UPPER(teks). 

Rumus UPPER hanya membutuhkan satu kali input untuk mengubah seluruh huruf menjadi huruf besar. Masukkan teks pada rumus tersebut, lalu klik enter. Dengan begitu, teks akan langsung berubah menjadi huruf besar semua. 

Cara Mudah dan Praktis Membuat Chart (Grafik) di Excel

Mengubah Huruf di Excel Pakai Flash Fill

mengubah huruf di Excel pakai font

Kalau kamu tidak mau mengubah huruf dengan memakai rumus, maka gunakan saja cara yang satu ini. Kamu bisa mengubah semua huruf kecil menjadi huruf besar dengan mengaktifkan fitur Flash Fill. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia dalam excel versi 2013 saja. 

Fitur ini merupakan salah satu fitur canggih yang berguna untuk mengisi cell range menurut pola yang terdeteksi dari input sebelumnya. Dengan fitur Flash Fill, kamu bisa mendeteksi pola dan mengubahnya menjadi huruf besar semua. 

Lalu, tekan tombol CTRL + E untuk mendeteksi pola input secara otomatis. Semua huruf yang ada di teks pun akan selesai berubah menjadi huruf besar. Cara ini bisa membuat seluruh huruf kecil yang ada di excel berubah menjadi besar secara efektif. 

Baca Juga :

Baca Juga:  Cara Bermain Sudoku Untuk Pemula : Kenali Aturan Permainannya !

***