Epic99.com – Tools Digital Marketing. Menjadi seorang digital marketer mungkin terdengar mudah. Namun pada kenyataannya banyak hal yang harus di kuasai. Oleh karenanya tidak semua orang bisa sukses menjadi seorang digital marketer. Jika kamu ingin masuk pada bidang ini, tentu ada beberapa tools yang harus di pelajari.

Bahkan tidak hanya di pelajari saja, banyak tools yang memang mempengaruhi kesuksesan seorang digital marketer. Hal ini termasuk pada strategi marketing untuk membuat produk tertuju tepat sasaran.

Untuk membantu strategi marketing yang maksimal, berikut ini beberapa tools yang wajib di gunakan !

1. Ahrefs

Merupakan salah satu tools SEO yang terbilang cukup populer dan banyak di gunakan. Ahrefs di lengkapi banyak fitur yang bermanfaat untuk meningkatkan trafic situs web. Selain itu Ahrefs juga setidaknya memiliki 150 juta keywords database baik untuk pencarian di Amerika Serikat dan lebih dari 150 negara lainnya.

Ahrefs

Keunggulan lainnya yang di miliki oleh Ahrefs adalah analisis kompetitif yang bahkan mampu mendeteksi siapapun yang menautkan link menuju web kompetitor.

Selain itu tools yang satu ini memungkinkan kamu untuk mencari tahu halaman apa saja yang di tempati peringkat teratas oleh kompetitor. Dengan menggunakan Ahrefs nantinya kamu akan bisa memetakan topik dari konten pesaing dan mengidentifikasi kelemahan dari konten yang kamu miliki.

Hannya saja untuk bisa menggunakan Ahrefs, kamu di haruskan untuk berlangganan mulai dari $99 sampai $399 perbulan.

2. Canva

Menjadi salah satu tools yang wajib di gunakan oleh seorang digital marketer. Canva merupakan aplikasi desain dengan berbagai fitur yang lengkap dan menarik. Selain itu Canva juga terbilang cukup mudah di gunakan. Dengan Canva nantinya kamu akan bisa membuat desain menarik menggunakan beberapa media mulai dari gambar, ikon, pola, font , dan masih banyak lagi yang lainnya.

Canva

Kelebihan dari Canva sendiri adalah tersedianya template yang akan membantu kamu dalam membuat design apapun. Kamu juga tidak hanya bisa menggunakannya dalam versi aplikasi mobile melainkan juga dalam versi Web. Platform yang satu ini tersedia dalam versi gratis dan juga berbayar.

Baca Juga:  Kelebihan dan Cara Mudah Download WA GB

3. Google Ads

Tools lainnya yang membantu kamu dalam menjalankan digital marketing adalah Google Ads. Layanan yang di besut oleh Google ini memungkinkan kamu untuk melancarkan SEM atau yang biasa di sebut Search Engine Marketing.

3. Google Ads

Sesuai dengan namanya, kamu bisa memasangkan iklan di Google Ads hingga muncul di hasil pencarian Google. Kelebihan lain dari Google Ads sendiri adalah sudah mendukung akses Google Keyword Planner. Dengan begitu kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari keyword yang sedang populer.

4. Yoast

Jika kamu menggunakan WordPress, tentu sudah tidak asing lagi dengan Yoast. Di mana Yoast sendiri sudah menjadi plugin SEO yang banyak di gunakan di WordPress. Ada banyak keunggulan yang di miliki oleh Yoast yakni salah satu di antaranya adalah memungkinkan konten yang kamu buat menjadi lebih SEO friendly.

tools digital marketing Yoast

Dengan menggunakan Yoast nantinya kamu akan mendapatkan beberapa rekomendasi terbaik mengenai konten berdasarkan focus keyword. Menariknya lagi, Yoast bisa kamu gunakan dalam 2 versi yakni gratis dan berbayar.

5. Google Analitycs

Sesuai dengan namanya, Google Analytics bermanfaat untuk menganalisa setiap konten yang kamu miliki. Selain itu tools yang satu ini juga mudah di gunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Fitur di dalamnya terbilang cukup lengkap dan bisa kamu gunakan berdasarkan kebutuhan.

5. Google Analitycs

Bahkan pada level dasar Google Analytics, kamu akan bisa melihat siapa saja dan dari mana saja pengunjung website kamu. Selain itu kamu juga akan bisa mengetahui mana konten yang paling banyak di kunjungi.

6. Trello

Tidak hanya bisa di gunakan dalam versi berbayar, kamu bisa menggunakan tools yang satu ini secara gratis alias cuma-cuma. Trello menjadi salah satu Tools yang membawa banyak manfaat terutama untuk digital marketing. Bagaimana tidak, Trello sendiri memungkinkan kamu untuk bisa mengatur, melakukan brainstorming, bahkan hingga menyusun project.

tools digital marketing Trello

Namun jika sekiranya bisnis yang kamu jalankan terbilang besar, sebaiknya untuk menggunakannya dalam versi berbayar yakni mulai dari $7 hingga $12 perbulan untuk setiap pengguna.

Baca Juga:  Panduan Lengkap Google Tag Manager untuk Bisnis Pemula

7. Mailchimp

Pernahkah kamu mendapatkan email promosi dari alamat yang tidak di kenal? Bisa jadi mereka menggunakan tools Mailchimp. Lalu apa itu Mailchimp? Merupakan salah satu tools email marketing yang bermanfaat untuk mamantau email campaign.

tools digital marketing Mailchimp

Mailchimp sendiri memungkinkan kamu untuk bisa melacak traffic dari email campaign yang sedang kamu jalankan. Lebih dari itu bahkan kamu juga akan bisa melihat data email mulai dari open rate, bounce rate, jumlah email yang masuk di spam, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kamu bisa menggunakan tools Mailchimp baik secara gratis maupun berbayar. Terlebih lagi Mailchimp sudah terintegrasi dengan platform SaaS (Software as a Service).

Demikian beberapa rekomendasi tools Digital Marketing yang wajib di gunakan sebagai penunjang bisnis. Jika kamu terbilang masih pemula dalam menjadi seorang digital marketer, pastikan untuk mempelajari setiap tools dengan baik dan maksimal.

Baca Juga :

***