7 Tools Meningkatkan SEO Youtube Untuk Pemula

Epic99.com – Tools untuk meningkatkan SEO Youtube. Youtuber menjadi salah satu pekerjaan yang paling di inginkan oleh banyak orang. Hal tersebut di karenakan penghasilannya yang cukup fantastis untuk sekelas Youtuber Profesional. Namun jika kamu ingin menjadi profesional Youtuber, tentunya ada banyak hal yang harus di siapkan.

Salah satunya adalah tools SEO Youtube yang tentunya bermanfaat untuk kemajuan channel yang sedang atau ingin kamu bangun.

Di mana dengan menggunakan beberapa tools SEO Youtube nantinya dapat mengoptimalkan performa konten sehingga mendapat peluang untuk menempati rangking teratas.

Terutama bagi kamu yang masih pemula, berikut ini beberapa tools SEO Youtube yang bisa kamu gunakkn untuk mendongkrak channel dan menjadi Youtuber profesional.

1.  Google Trend

1.  Google Trend

Tools yang satu ini bermanfaat untuk kamu bisa melakukan riset mengenai tren dari topik konten yang ingin kamu buat. Sesuai dengan namanya, Google Trend mengenai berbagai topik yang sedang hangat di bicarakan.

Selain itu Google Trned juga bisa membandingkan antara topik satu dengan yang lainnya sehingga kamu bisa memilih mana yang paling cocok.

Penggunaan tools yang satu ini terbilang mudah dan simple di mana kamu hanya perlu untuk masuk ke website Google Trend dan mengetikkan topik yang ingin kamu cari. Google Trends menjadi salah satu tools SEO yang bisa kamu gunakan secara gratis.

2. YouTube Analytic 

2. YouTube Analytic 

Tools dasar yang wajib kamu kuasai adalah Youtube Analytic. Di mana tools yang satu ini sangat bermanfaat untuk mengetahui mengenai kelemahan dan kelebihan channel Youtube yang kamu miliki.

Tidak hanya itu saja, bahkan kamu juga bisa mengetahui jumlah pengunjung yang baru serta pengunjung lama yang masih tetap bertahan.

Baca Juga:  Cara Memanfaatkan Google Keyword Planner untuk Konten Blog

Kelebihan lainnya dari Google Analytic ini adalah di mana kamu bisa mangetahui rata – rata durasi tontonan, video mana yang paling banyak disukai dan ditonton, mengetahui jumlah subscribers, viewers, hingga pengunjung yang membagikan video yang kamu miliki.

Google Analytic bisa kamu gunakan secara gratis.

3. Keyword Planner dari Google Ads

3. Keyword Planner dari Google Ads

Google Ads menyediakan berbagai fitur menarik yang memudahkan kamu dalam optimasi SEO Youtube. Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah Google Planner yang membantu kamu dalam menganalisis ide yang berpotensi besar serta keyword yang sekiranya cocok dengan video yang kamu buat.

Selain itu kamu bisa menggunakan tools yang satu ini dengan mudah hanya dengan mengetik kata kunci yang sekiranya ingin kamu ketahui kualitasnya.

4. RankTracker

tools meningkatkan seo youtube RankTracker

Menjadi salah satu tools yang bisa kamu gunakan untuk melakukan riset kata kunci bahkan sebelum kamu memilih topik dan judul yang tepat. RankTracker nantinya akan menyajika beberapa matrik mulai dari volume pencarian, hingga perkiraan kunjungan.

5. VidlQ 

tools meningkatkan seo youtube VidlQ 

Tools lainnya yang bisa membantu kamu untuk menaikan rengking konten di Youtube adalah VidlQ. Di mana VidlQ sendiri merupakan ekstensi Chrome yang memudahkan kamu dalam mengoptimalkan konten dan meningkatkan peringkat.

Selain itu dengan menggunakan VidlQ juga kamu akan mengetahui tingkat keterlibatan audiens, view perjam, durasi tampilan, hingga persentasi mengenai kemungkinan konten yang kamu buat masuk ke dalam perangkingan.

Meskipun kamu harus membayar sekitar 7,5 hingga 30 dollar setiap bulannya untuk berlangganan, namun kualitas yang di berikan oleh tools yang satu ini memang sangat berpengaruh untuk meningkatkan kualitas video yang kamu miliki.

6. Morning Fame

tools meningkatkan seo youtube Morning Fame

Tools lainnya yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan SEO Youtube adalah Morning Fame. Dimana nantinya kamu bisa melakukan penelitian terhadap kata kunci dan juga analisisnya. Morning Fame sendiri biasanya melakukan penelitian kata kunci dalam 4 langkah.

Baca Juga:  Cara Mudah Mengatasi Virus Pada Android : Dijamin Ampuh !

Selain itu cara penggunaannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan URL video Youtube dengan topik yang sama dengan kamu namun memiliki lebih banyak follower dan subscriber. Nantinya tools ini akan mengetahui kata kunci yang digunakan oleh video tersebut.

7. TubeBuddy 

tools meningkatkan seo youtube TubeBuddy 

Serupa dengan VidlQ yang merupakan ekstensi Chrome. TubeBuddy memudahkan kamu dalam mengecek SEO Chanel Youtube yang sedang kamu bangun. Didalamnya terdapat berbagai fitur menarik yang bisa kamu gunakan seperti tag explorer, export, backup, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu tools ini tersedia dalam versi gratis yang bisa kamu gunakan. Namun jika kamu ingin merasakan lebih banyak fitur yang bermanfaat, kamu bisa mulai berlangganan sekitar 9 hingga 49 dollar perbulannya.

Nah itulah beberapa tools untuk meningkatkan SEO Youtube yang bisa kamu gunakan. Dengan menggunakan Tools pendukung, kamu bisa lebih mudah mencapai peringkat atas dengan video yang kamu buat.***